Sabtu, 20 September 2014 Waktu UTC: 22:01

TORNADOES RIP THE UNITED STATES - 2003-05-27

Tornado atau angin berpusar yang bergerak dari bumi ke atas mirip cerobong itu belum lama ini kembali menerjang Amerika bagian tengah. Tornado itu datang ratusan. Dalam waktu 7 hari dari tanggal 4 sampai 10 Mei jumlahnya mencapai rekor yaitu 394 yang melantak 19 negarabagian. Sebelumnya yang tebanyak terjadi adalah delapan tahun lalu, 171 tornado dalam tujuh hari.

Tiga puluh tahun lalu, 147 tornado terjadi dalam satu hari menewaskan 302 orang. Tahun 2003 hingga saat ini menewaskan 42 orang. Berkurangnya jumlah korban adalah berkat adanya sistem peringatan dini yang semakin canggih. Presiden Bush mengunjungi dua tempat yang dilanda terparah, kemudian mengumumkan empat negara bagian yaitu Missouri, Kansas, Oklahoma dan Tennessee, sebagai daerah bencana. Istilah ini membuat ke-empatnya berhak mendapat bantuan Pemerintah Federal untuk pembersihan dan pembangunan kembali.

Tornado hampir hanya terjadi di Amerika. Hanya sesekali terjadi di tempat lain. Misalnya, sebuah organisasi bernama Tornado Watch di negarabagian Vermont, Amerika, yakin tiap tahun tornado menyebabkan paling sedikit satu orang tewas di Cina. Sebagian besar tornado di sana adalah pecahan dari angin taufan. Organisasi itu menyebutkan angin taufan bulan Juni tahun 1999 yang menewaskan 13 orang, melukai 51 orang, dan merusak ratusan rumah di Provinsi Guangdong.

Tornado paling banyak terjadi di Amerika bagian tengah. Di daerah-daerah pegunungan seperti Tennessee timur dan Kentucky, angin itu muncul dari balik bukit dan tiba-tiba mengamuk dan menghantam ke daerah rendah. Di daerah rendah padang rumput seperti Oklahoma dan Kansas angin tornado itu berputar-putar menakutkan di sepanjang jalurnya dengan kecepatan tidak sampai 10 kilometer per jam, sering tampak 10 atau 20 menit sebelum menerjang.

Dua tahun lalu, tornado berkekuatan tinggi menerjang kawasan dalam jarak beberapa kilometer dari Markas Besar Voice Of America di Washington, D.C. Angin itu mengangkat mobil berat setinggi gedung tingkat delapan dan menghempaskannya ke sebuah pohon. Satu rekaman video mengenai tornado belum lama ini menunjukkan dalam slow motion atau gerakan pelan lima mobil berputar pada sumbu letaknya. Kebanyakan tornado sebenarnya tidak mengakibatkan banyak kerusakan. Bekas yang ditinggalkanya jarang melebihi luas 100 meter. Sebagian besar tidak berbahaya kecuali kalau ujungnya menyentuh tanah. Dan kebanyakan juga tidak menyentuh tanah lebih dari satu menit pada setiap waktu. Televisi Amerika belum lama menunjukkan gambar mencolok pasangan suami isteri yang selamat dengan bersembunyi di bawah sebuah meja yang terbuat dari kayu pohon ek ketika atap rumah mereka runtuh.

Tornado kehilangan kekuatan untuk membunuh pada umumnya karena Jawatan Prakiraan Cuaca sudah semakin tepat dalam meramalkan kedatangannya. Satelit-satelit di angkasa memotretnya selagi tornado masih membentuk. Di darat, petugas terlatih memantaunya; kalau diketahui tornado bakal terjadi mereka menghubungi Badan Pertahanan Sipil yang membunyikan sirine memberikan isyarat kepada penduduk agar cepat-cepat mencari perlindungan atau tempat aman.

Ruang bawah tanah adalah tempat terbaik untuk berlindung, -- yang merupakan salah satu alasan banyak sekali rumah Amerika yang mempunyai ruang bawah tanah , beda dengan di Asia.

Gempa bumi diukur dengan “Skala Richter” yang terkenal. Tornado diukur dengan “Skala Fujita” , ditentukan dari berbagai ukuran, termasuk video yang diambil oleh para pakar dan pengamat amatir. Empat dari tornado belum lama ini tergolong kuat dengan angin berkecepatan kurang lebih 400 kilometer per jam.

Pengamat amatir sering dipimpin oleh pemberani yang dikenal dengan nama “Pengejar Badai”. Mereka mencari tornado, mengejarnya dengan mobil untuk sedekat mungkin tanpa terperangkap oleh tornado itu.

Tornado punya peran lebih besar dalam imajinasi orang Amerika. Tornado menciptakan Insiden Kansas yang membawa Dorothy ke dunia fantasi dalam film klasik Wizard of Oz, tahun 1939, yang dibintangi oleh Judy Garland.

Di Asia banyak taufan tetapi hampir tidak ada tornado. Anehnya, Amerika mengalami kebalikannya, banyak tornado, tetapi tidak ada taufan, yang khusus di Amerika mereka sebut hurricane, atau cyclone. Badai sama cuma lain nama.

oleh: Purwati Soeprapto

Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda