Tautan-tautan Akses

Bush: Ekonomi Asia dan Pemerintah Sedang Pimpin Ekonomi Global keluar dari Kelesuan


Mantan Presiden Amerika George W. Bush mengatakan ekonomi negara-negara Asia dan pemerintah mereka sedang memimpin ekonomi global keluar dari kelesuan.

Berbicara di Seoul hari Rabu, Bush mengatakan walaupun terjadi krisis keuangan global, ekonomi banyak negara Asia, Tiongkok, Korea Selatan, Singapura, Hong Kong, Taiwan, Jepang dan Thailand, bertumbuh dengan baik karena apa yang disebutnya kebijakan stimulus yang pintar oleh pemerintah mereka.

Bush mengatakan ia yakin ekonomi negara-negara Asia akan menjadi motor yang kuat untuk pertumbuhan di masa depan, tetapi mengingatkan agar menjauhi proteksionisme.

Mantan pemimpin Amerika itu mengatakan bahwa sekalipun ada beberapa yang ingin memasang tembok dan hambatan terhadap perdagangan pada masa kesulitan, jalan terbaik menuju pertumbuhan dan menanggulangi kemiskinan adalah perdagangan bebas.

Laporan baru-baru ini oleh Dana Moneter Internasional mengatakan ekonomi negara-negara Asia yang baru bangkit sedang melancarkan pemulihan yang cepat dari kemerosotan ekonomi paling buruk di dunia dalam puluhan tahun.

XS
SM
MD
LG