Tautan-tautan Akses

Ribuan Warga Palestina di Gaza Membanjiri Kota Rafah di Perbatasan Mesir


Ribuan warga Palestina di Gaza membanjiri kota Rafah di perbatasan Mesir, setelah orang-orang bersenjata meledakkan sejumlah bahan peledak tadi malam dan menghancurkan sebagian besar dinding besi di sepanjang perbatasan itu.

Warga Palestina mulai memasuki Mesir pagi tadi untuk membeli makanan, bahan bakar dan suplai lainnya yang kini sulit didapat karena blokade Israel terhadap Jalur Gaza.

Para pengawal perbatasan Mesir dan polisi dari kelompok Hamas yang berkuasa di Gaza tidak mengambil tindakan.

Presiden Mesir Hosni Mubarak mengatakan, ia mengizinkan warga Palestina memasuki Mesir dengan alasan kemanusiaan – untuk membeli makanan dan kembali ke tempat asalnya.

Jurubicara Kementerian LN Israel (Arye Mekel) mengatakan Israel prihatin dengan kekacauan di perbatasan Gaza-Mesir, yang dapat memungkinkan terjadinya infiltrasi senjata dan teroris.

Israel memberlakukan blokade di Gaza Jumat pekan lalu, dengan mengatakan hal itu bertujuan untuk menekan militan agar berhenti menembakkan roket ke Israel.

Selasa kemarin, Israel melonggarkan beberapa larangan dan mengizinkan transfer bahan bakar dan minyak goreng ke wilayah yang dikuasai Hamas.

XS
SM
MD
LG