Tautan-tautan Akses

Dewan Keamanan PBB Buka Sidang Darurat Soal Gaza


Dewan keamanan PBB telah membuka sidang darurat mengenai keadaan kemanusiaan di Jalur Gaza, sementara Israel melonggarkan blokadenya di daerah itu yang diberlakukan dalam menanggapi tembakan roket militan ke negara Yahudi itu.

Dewan keamanan PBB kini menegosiasikan rancangan pernyataan yang akan mengimbau Israel untuk menjamin “akses tanpa ganjalan bagi bantuan kemanusiaan untuk Bangsa Palestina.” Negara-negara Islam dan Arab meminta diadakannya sidang itu hari Selasa.

Sebelumnya, Israel untuk sementara melonggarkan blokadenya di Jalur Gaza untuk membolehkan pengiriman bahan bakar minyak dan minyak goreng ke daerah yang dikuasai Hamas itu.

Menurut pejabat-pejabat Israel, BBM itu bisa menggerakkan aliran listrik selama sepekan. Kekurangan BBM memaksa Gaza menutup pembangkit listriknya yang terbesar di Gaza, hari Minggu, mengakibatkan ratusan ribu orang tanpa listrik.

Menteri Luar Negeri Amerika Condoleeza Rice hari Selasa mengatakan pemerintahan Bush berbicara dengan pejabat-pejabat Israel mengenai pentingnya untuk tidak membolehkan krisis kemanusian berkembang di Gaza.

XS
SM
MD
LG