Tautan-tautan Akses

Obama Kurangi Dana Perang Afghanistan dalam Proposal Anggaran


Tentara Amerika Serikat di Afghanistan. (Foto: Dok)
Tentara Amerika Serikat di Afghanistan. (Foto: Dok)

Presiden Amerika Barack Obama mengurangi pendanaan untuk perang di Afghanistan untuk tahun fiskal 2014.

Kantor berita Reuters mengutip staf Gedung Putih yang tidak disebut namanya, bahwa Presiden AS Barack Obama mengurangi permintaannya untuk dana perang di Afghanistan sebesar 10 persen untuk anggaran fiskal 2014. Laporan itu menyebutkan presiden mengurangi permintaan awalnya dari US$88,5 miliar menjadi $79,4 miliar.

Pihak Gedung Putih, Jumat (17/5), mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan perubahan itu dilakukan dengan memperhitungkan penarikan pasukan yang akan dimulai tahun depan.

Presiden telah menetapkan 2014 sebagai target menarik sebagian besar pasukan tetapi mempertahankan sejumlah tentara di sana guna mendukung pasukan Afghanistan dan melakukan beberapa operasi. Wartawan VOA melaporkan terjadi peningkatan lalu lintas di perbatasan Afghanistan dan Pakistan karena makin banyak truk yang sarat peralatan militer meninggalkan Afghanistan menjelang penarikan pasukan Amerika.

Sementara itu, Departemen Pertahanan sedang mengupayakan persetujuan Kongres mengalihkan anggarannya sekitar 10 miliar dolar guna menutup kenaikan biaya perang di Afghanistan.

Belum jelas tanggapan Kongres atas permintaan itu.
XS
SM
MD
LG