Tautan-tautan Akses

IMF Resmi Akui Pemerintah Somalia


Dana Moneter Internasional (IMF) mengakui pemerintah Somalia, setelah pemutusan hubungan selama 22 tahun (Foto: ilustrasi).
Dana Moneter Internasional (IMF) mengakui pemerintah Somalia, setelah pemutusan hubungan selama 22 tahun (Foto: ilustrasi).

Dana Moneter International (IMF) secara resmi mengakui pemerintah Somalia, setelah pemutusan hubungan selama 22 tahun.

Pengakuan itu membuka jalan bagi negara-negara donor dan bank-bank pembangunan lainnya untuk kembali mengadakan hubungan dengan Somalia.

Dalam pernyataannya hari Jumat (12/4), IMF mengatakan keputusan itu sesuai dengan dukungan dan pengakuan luas internasional terhadap pemerintah Somalia.

Namun IMF menambahkan bahwa Somalia tidak berhak mendapat bantuan keuangan baru, hingga negara itu membayar kembali pinjaman hutang sebelumnya terhadap IMF senilai lebih dari 350 juta dolar.

Banyak negara telah menjalin kembali hubungan dengan pemerintah Somalia sejak terpilihnya Presiden Hassan Sheikh Mohamud tahun lalu.

Amerika yang secara resmi mengakui pemerintah baru Somalia bulan Januari lalu, dan mengatakan negara itu telah membuat kemajuan dalam menstabilkan negaranya dan mengalahkan militan Islam Al-Shabab.
XS
SM
MD
LG