Tautan-tautan Akses

Korea Utara Bersiap Lakukan Percobaan Nuklir dan Misil


Menteri Unifikasi Ryoo Kihl-jae mengukuhkan ada tanda-tanda kegiatan persiapan di tempat percobaan nuklir Punggye-ri di Korea Utara, Senin (8/4).
Menteri Unifikasi Ryoo Kihl-jae mengukuhkan ada tanda-tanda kegiatan persiapan di tempat percobaan nuklir Punggye-ri di Korea Utara, Senin (8/4).

Para pejabat Korea Selatan mengatakan Korea Utara tampaknya tengah bersiap-siap melakukan percobaan nuklir dan misil lagi, meskipun PBB telah memperketat sangsi atas percobaan nuklir bulan Februari lalu.

Para anggota parlemen di rapat komisi Majelis Nasional Korea Selatan hari Senin (8/4) menanyakan Menteri Unifikasi Ryoo Kihl-jae mengenai kegiatan nuklir.

Ryoo mengukuhkan bahwa ada tanda-tanda kegiatan persiapan di tempat percobaan nuklir Punggye-ri, tetapi ia tidak mau menanggapi lebih jauh hal-hal yang berhubungan dengan intelijen.

Kim Jang-soo (kepala penasehat keamanan nasional Presiden Park Geun-hye), hari Minggu (7/4) mengatakan percobaan misil atau provokasi lain mungkin akan dilakukan sebelum atau setelah hari Rabu. Korea Utara telah menyarankan kepada para diplomat asing agar meninggalkan ibukota Pyongyang pada tanggal tersebut.

Menurut Kim Jang-soo, tujuan Korea Utara sesungguhnya adalah memaksa konsesi diplomatik dari Washington dan Seoul. Namun ditambahkannya, apakah nantinya ancaman Pyongyang “hanya retorika” atau tidak, Korea Selatan tetap akan menjaga kesiagaan militernya.

Recommended

XS
SM
MD
LG