Tautan-tautan Akses

Obama dan PM Jepang akan Bahas Keamanan dan Ekonomi


PM Jepang Shinzo Abe (tengah) saat tiba di pangkalan AU Andrews dekat Washington (21/2).
PM Jepang Shinzo Abe (tengah) saat tiba di pangkalan AU Andrews dekat Washington (21/2).

Presiden AS Barack Obama akan menerima kunjungan PM Jepang Shinzo Abe di Gedung Putih, yang diperkirakan akan membicarakan keamanan regional dan ekonomi.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe diperkirakan akan membicarakan masalah keamanan regional dan ekonomi ketika bertemu hari ini dengan Presiden Amerika Barack Obama di Washington.

Para pejabat Gedung Putih mengatakan pertemuan yang pertama kalinya antara kedua pemimpin akan di mulai di kantor Presiden Obama di Gedung Putih, dimana ketegangan Jepang dengan Tiongkok atas sengketa wilayah dan percobaan nuklir terbaru Korea Utara diperkirakan akan menjadi agenda utamanya.

Pertemuan makan siang itu kemudian akan membahas hubungan ekonomi antara ekonomi nomor satu dan tiga terbesar di dunia itu. Partisipasi Jepang dalam kemitraan Trans-Pasifik – kelompok perdagangan bebas yang dipimpin Amerika – diperkirakan akan dibicarakan.

Abe, yang tiba hari Kamis di Washington, memulai masa jabatan keduanya sebagai perdana menteri bulan Desember. Sebagian isi kampanyenya menjanjikan hubungan yang lebih erat dengan Amerika Serikat ditengah-tengah munculnya ancaman menyangkut sengketa wilayah dengan Tiongkok.

Recommended

XS
SM
MD
LG