Tautan-tautan Akses

Kongres AS Tangguhkan Sementara Pagu Utang


Senat Amerika meluluskan rancangan pencabutan sementara pagu utang, Kamis (31/1).
Senat Amerika meluluskan rancangan pencabutan sementara pagu utang, Kamis (31/1).

Senat dan DPR Amerika mencabut sementara pagu utang – yakni batas berapa besar uang yang dapat dipinjam pemerintah federal untuk membayar kewajiban hutangnya.

Senat meluluskan rancangan hari Kamis dengan suara 64 lawan 34. DPR menyetujuinya pekan lalu dan Presiden Barack Obama telah mengatakan akan menandatanganinya.

Rancangan itu menangguhkan setiap tindakan dalam Kongres untuk menaikkan pagu hutang, yang sekarang berjumlah $ 16,4 triliun, dan rancangan itu memastikan Amerika tidak akan gagal membayar angsuran hutangnya bulan ini, yang tadinya merupakan satu kemungkinan. Rancangan itu akan mengizinkan pemerintah untuk terus dapat meminjam uang untuk membayar gaji, pensiun dan bunga obligasi sampai pertengahan Mei.

Rancangan pagu atau plafon hutang itu menetapkan batas-waktu tanggal 15 April untuk membuat anggaran untuk tahun keuangan yang sedang berjalan, yang berakhir bulan September. Kalau persyaratan itu tidak dipenuhi, rancangan undang-undang tersebut akan menghentikan pembayaran gaji bagi semua anggota Kongres
XS
SM
MD
LG