Tautan-tautan Akses

Sutradara Jepang Legendaris Dapat Penghargaan dari Hollywood


Pembuat film asal Jepang paling terkenal, Akira Kurosawa, yang disebut kaisar sinema Jepang. Ia meninggal pada 1998 dalam usia 88 tahun. (Foto: Dok)
Pembuat film asal Jepang paling terkenal, Akira Kurosawa, yang disebut kaisar sinema Jepang. Ia meninggal pada 1998 dalam usia 88 tahun. (Foto: Dok)

Akira Kurosawa dan tiga koleganya mendapat penghargaan Jean Renoir Award 2013 dari Writers Guild of Amerikca (WGA).

Pembuat film Jepang legendaris Akira Kurosawa dan tiga koleganya akan mendapat penghargaan dari asosiasi penulis Amerika Writers Guild of America (WGA) bulan depan karena karya-karya yang “memberikan rasa keluhuran.”

WGA cabang barat, yang mewakili penulis televisi, film, radio dan pemrograman Internet di pantai barat Amerika, mengatakan bahwa almarhum Kurosawa dan para kolaboratornya Ryuzo Kikushima, Hideo Oguni dan Shinobu Hashimoto, akan menerima Penghargaan Jean Renoir 2013 untuk Pencapaian Penulisan Naskah pada 17 Februari di Los Angeles.

Hashimoto, 94, adalah satu-satunya yang masih hidup dari tim tersebut. Ia sepertinya tidak akan menghadiri upacara tersebut.

Penghargaan tersebut diberikan setiap tahun untuk penulis di luar Amerika yang telah menaikkan standar untuk penulis Amerika, ujar wakil presiden WGA Barat Howard Rodman.

"Empat pria ini telah bekerja sama dan bertanggung jawab menghasilkan banyak sekali karya adiluhur – film-film yang mencerminkan budaya Jepang, yang memberikan kita rasa keluhuran (sublim),” ujar Rodman dalam pernyataan tertulis.

Kurosawa, yang menerima piala Oscar kehormatan pada 1990 dan meninggal dunia pada 1998, mencapai sukses dengan banyak film yang ia tulis bersama Kikushima, Hashimoto dan Oguni.

Dengan Kikushima, keduanya menulis film-film klasik seperti "Stray Dog" (1949) dan "Yojimbo" (1961). Hashimoto bekerja sama dengan Kurosawa dalam film legendaris pada 1950 yaitu "Rashomon." Oguni, Hashimoto dan Kurosawa kemudian berkolaborasi pada 1952 lewat "Ikiru" dan pada 1954 dengan"Seven Samurai." Keempatnya menulis film-film seperti "Throne of Blood" (1957) dan "The Hidden Fortress” (1958).

Kikushima wafat pada 1989 sementara Oguni meninggal pada 1996.

Penerima penghargaan sebelumnya termasuk penulis naskah asal Italia Suso D'Amico pada 2009 dan Tonino Guerra pada 2011. (Reuters)
XS
SM
MD
LG