Tautan-tautan Akses

48 Warga Iran yang Dibebaskan Pemberontak Suriah Pulang ke Teheran


48 warga Iran yang dibebaskan pemberontak Suriah tiba di hotel Sheraton di Damaskus hari Kamis (10/1).
48 warga Iran yang dibebaskan pemberontak Suriah tiba di hotel Sheraton di Damaskus hari Kamis (10/1).

Dubes Iran di Damaskus, Mohammad Riza Shibani menyambut 48 warga Iran dengan pelukan dan karangan bunga ketika mereka tiba di hotel di Damaskus.

Empat puluh delapan warga Iran yang tadinya disandera pemberontak Suriah diperkirakan akan terbang pulang ke Iran hari Kamis setelah dibebaskan dalam pertukaran tahanan dengan pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.

Mereka dibebaskan hari Rabu dengan tukaran 2.130 narapidana, umumnya warga Suriah, dalam apa yang tampaknya sebagai pertukaran tahanan terbesar pertama dalam perang saudara hampir dua tahun di Suriah.

Duta Besar Iran untuk Suriah Mohammad Riza Shibani menyambut para bekas tahanan itu dengan pelukan dan karangan bunga ketika mereka tiba di hotel Sheraton di Damaskus.

Pemberontak Suriah mengklaim orang-orang Iran itu terkait pasukan elit Korp Garda Revolusi Islam Iran dan ditangkap selagi melakukan “misi pengintaian.” Teheran telah membantah tuduhan itu, dan mengatakan mereka adalah peziarah yang mengunjungi tempat-tempat suci keagamaan di Suriah.

Juga hari Kamis, Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi bertemu dengan Ketua Liga Arab Nabil Elaraby di Kairo untuk membahas krisis di Suriah. Salehi diperkirakan akan melakukan pembicaraan mengenai situasi itu dengan Presiden Mesir Mohamed Morsi dan Lakhdar Brahimi, utusan PBB-Liga Arab untuk Suriah.
XS
SM
MD
LG