Tautan-tautan Akses

Menhan AS Ungkap Manfaat Pengalihan Strategi Washington ke Asia Pasifik


Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta (kiri) dan Menteri Pertahanan Kamboja Tea Banh (kanan) di Siem Reap (Kamboja) (16/11).
Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta (kiri) dan Menteri Pertahanan Kamboja Tea Banh (kanan) di Siem Reap (Kamboja) (16/11).

Menteri Pertahanan AS Leon Panetta menemui para menteri pertahanan dari 10 negara Asia Tenggara di Siem Reap, Jumat (16/11) untuk memberikan gambaran tentang manfaat pengalihan strategi Washington ke kawasan Asia-Pasifik.

Menteri Pertahanan AS Leon Panetta mengunjungi Kamboja untuk melangsungkan pembicaraan yang ditujukan untuk memperluas aliansi militer di Asia Tenggara, menjelang lawatan Presiden Barack Obama untuk mengikuti sebuah KTT di kawasan itu.

Panetta, yang bertemu para sejawatnya dari 10 negara Asia Tenggara di Siem Reap, Jumat, menggambarkan manfaat pengalihan strategi Washington baru-baru ini ke kawasan Asia-Pasifik.

Panetta, dalam kunjungan Asianya yang ketiga sejak Juni tahun ini mengumumkan Pentagon sedang meningkatkan ukuran dan frekuensi latihan militer dengan sejawat-sejawatnya di kawasan tersebut.

Ia menegaskan kepada para pemimpin Kamboja dan tokoh-tokoh regional penting lainnya akan pentingnya menghormati HAM, menghormati aturan hukum, dan menciptakan sistem politik yang lebih lengkap.

Kunjungan Panetta berlangsung satu hari sebelum Obama berangkat untuk mengikuti KTT ASEAN dan Asia Timur di ibukota Kamboja. Lawatan Obama juga akan menyangkut kunjungan singkat ke Thailand dan Burma.

Recommended

XS
SM
MD
LG