Tautan-tautan Akses

Perusahaan Keamanan AS Sepakat Bayar Denda 7,5 Juta Dolar


Blackwater adalah perusahaan keamanan swasta terbesar yang digunakan pemerintah Amerika di Irak (foto: dok).
Blackwater adalah perusahaan keamanan swasta terbesar yang digunakan pemerintah Amerika di Irak (foto: dok).

Perusahaan yang dulu bernama Blackwater Worldwide sepakat membayar denda untuk menyelesaikan dakwaan penyelundupan senjata dan pelanggaran-pelanggaran lainnya.

Perusahaan keamanan yang dulu dikenal sebagai “Blackwater Worldwide” bersedia membayar denda 7,5 juta dollar untuk menyelesaikan beberapa dakwaan penyelundupan senjata dan berbagai tindakan kejahatan lain yang diajukan Departemen Kehakiman Amerika setelah penyelidikan federal selama lima tahun.

Menurut beberapa dokumen yang diungkapkan hari Selasa, perusahaan yang sekarang bernama “Academi LLC” itu didakwa melakukan 17 pelanggaran – termasuk penyediaan telfon satelit dan jasa pertahanan untuk Sudan, serta mengekspor amunisi ke Iran dan Afghanistan tanpa ijin pemerintah Amerika.

Sudan telah dikenakan sanksi oleh Amerika sejak tahun 1997 karena mendukung terorisme dan melakukan pelanggaran HAM.

“Blackwater” yang mengubah nama menjadi “Xe Services LLC” pada tahun 2010 mencapai persetujuan dengan Departemen Luar Negeri Amerika untuk membayar denda 42 juta dollar karena dakwaan serupa.

“Blackwater” adalah perusahaan keamanan swasta terbesar yang digunakan pemerintah Amerika di Irak, tetapi ditarik mundur dari Irak bulan Mei 2009 setelah Departemen Luar Negeri Amerika tidak memperpanjang kontraknya.

XS
SM
MD
LG