Rabu, 02 September 2015 Waktu: 13:25

Berita / Iptek / Sains

'Part-Time Scientists' Berlomba Tempatkan Robot Penjelajah di Bulan

02.09.2015
Sebuah lomba untuk meletakkan robot penjelajah yang dibiayai oleh pihak swasta di permukaan bulan diluncurkan tahun 2007. Robot ini diharapkan bisa berkeliling sejauh 500 meter, mengirimkan kembali video dan gambar berdefinisi tinggi ke bumi, dengan biaya yang jauh sedikit dari misi NASA. Selengkapnya

Kadal Purba Ditemukan di Brazil, Diduga Mata Rantai yang Hilang

Ahli paleontologi menemukan fosil kadal berusia 80 juta tahun yang dikaitkan lebih dekat dengan bunglon dan kadal jenggot, daripada iguana yang ditemukan di Amerika.

Video Matt Damon Kerahkan NASA untuk Gambarkan Kehidupan di Mars dalam 'The Martian'

Matt Damon dan sutradara Ridley Scott mendapat bantuan dari NASA untuk dapat memerankan adegan-adegan ekstrem dalam "The Martian" seakurat mungkin.

Video Halaman Buku Bisa untuk Menyaring Air Kotor

Buku 25 halaman dengan tebal 1 milimeter dipasangi partikel nano perak dan terbuat dari kertas filter membunuh mikro-organisme yang berbahaya dan mendekontaminasi air minum yang terpolusi.

Video Perusahaan AS Kembangkan Pelacakan Pesawat Berbasis Antariksa

Sebuah perusahaan berencana mengembangkan pelacak berbasis luar angkasa sehingga 100 persen wilayah Bumi dapat dilacak dan tidak akan ada pesawat yang "hilang" lagi.

Robot yang Menumpang Komet Dekati Matahari

Karena jauhnya jarak, para ilmuwan harus menunggu berminggu-minggu atau berbulan-bulan sebelum ada data yang dikirim kembali ke Bumi.

Teror Gigi: Dinosaurus Seperti T. Rex Punya Gigi Gerigi Unik

Analisa gigi yang komprehensif membeberkan struktur gerigi unik yang memungkinkan T-Rex mengunyah daging dan tulang mangsanya dengan lebih efisien.

Studi: Perbaikan Syaraf Mata Dorong Terbentuknya Jaringan Baru Otak

Hasil studi baru mendapati bahwa pemulihan penglihatan dengan memperbaiki jaringan syaraf pada mata, akan menumbuhkan kembali jaringan penglihatan otak.

Nyamuk Gunakan Penciuman dan Penglihatan untuk Lacak Mangsanya

Penelitian baru menunjukkan bagaimana nyamuk sangat lihai menemukan mangsanya.

Miliarder Janjikan $100 Juta untuk Temukan Kehidupan di Luar Angkasa

Pengusaha kaya-raya Rusia Yuri Milner ingin mengetahui apakah ada kehidupan yang cerdas di luar bumi, yang akan diselidiki menggunakan teleskop-teleskop radio terbesar di dunia selama 10 tahun ke depan.

Studi Tawarkan Teori Baru Terbentuknya Bumi

Studi oleh Georgia Insitute of Technology ini mendukung teori bahwa kehidupan dapat dimulai pada dataran kering.

Ilmuwan Terkejut Lihat Pegunungan di Permukaan Pluto

Gambar dari pesawat NASA menunjukkan menunjukkan sejumlah pegunungan baru di Pluto dengan ketinggian hingga 3.500 meter.

Pesawat Antariksa AS Terbang Lintasi Pluto

Sebuah pesawat antariksa tak berawak Amerika menjadi pesawat pertama yang mendekati planet kerdil ini.

Pluto Lebih Besar dari Perkiraan Semula

Radius Pluto seperti diukur oleh pesawat New Horizons ternyata mencapai puluhan kilometer lebih besar dibanding perkiraan sebelumnya.

Pakar Antariksa Amati Foto-foto Pluto

Para pakar sangat gembira melihati foto-foto paling baru yang dikirim dari jarak 4,8 milyar kilometer dari Bumi.

Tim Periset Universitas Colorado Mereka Ulang Kondisi Ruang Antariksa

Di sebuah laboratorium Universitas Colorado, tim periset mereka ulang kondisi di ruang antariksa. Ada mesin yang menghisap udara dari sebuah tabung sehingga mereka bisa mempercepat gerakan debu bagaikan gerakan di antariksa.

AS Uji Coba Vaksin Baru untuk Virus West Nile

Virus itu, yang disebarkan melalui gigitan nyamuk, mengakibatkan hampir 100 orang meninggal di Amerika Serikat tahun lalu, dan menjangkiti lebih dari 2.200 penderita lainnya.

Penelitian: Penembakan Massal, Penembakan yang “Menular”

Menurut penelitian dari Amerika Serikat, laporan media tentang pembunuhan massal dan penembakan di sekolah meningkatkan kejadian peristiwa serupa.

Ilmuwan AS, Kuba Teliti Ikan Hiu Mako

karena Kuba praktis telah terisolasi dari dunia luar selama 50 tahun terakhir, perairan serta terumbu-terumbu karangnya boleh dikatakan belum mengalami perubahan sejak lama.

Ikuti Kami