Kamis, 27 Nopember 2014 Waktu UTC: 13:07

Berita / Iptek / Sains

Perawatan Baru di Australia dapat Selamatkan Tentara Terluka

Tentara yang terluka dievakuasi di Luhansk, Ukraina Timur.

27.11.2014
Pada 10 tahun terakhir, sekitar 5.000 tentara sekutu tewas di medan perang dan 87 persen terjadi dalam 30 menit pertama sebelum mereka bahkan dapat pergi ke pusat pengobatan. Selengkapnya

Video Inkubator Tiup Berbiaya Rendah Bisa Selamatkan Banyak Bayi Prematur

Sekitar satu juta bayi di seluruh dunia meninggal setiap tahun karena komplikasi akibat kelahiran prematur. Meski banyak yang bisa diselamatkan dengan inkubator, namun harganya mahal dan kadang tak tersedia di negara berkembang. Seorang mahasiswa Inggris merancang inkubator tiup berbiaya rendah.

'Text Neck' Masalah yang Dirasakan Pengguna Smartphone

Penelitian terbaru menunjukkan posisi menunduk akibat berkonsentrasi pada smartphone atau iPad bisa menambah beban kepala yang harus ditanggung oleh tulang punggung.

Pesawat Antariksa Eropa Philae Kirimkan Data Komet Berlapis Es

Ratusan juta kilometer dari bumi, pesawat antariksa Eropa hari Rabu membuat sejarah dengan berhasil mendarat di permukaan komet yang berlapis es, berdebu dan sedang melaju kencang, aksi berani pertama yang dirancang untuk menjawab pertanyaan besar tentang alam semesta.

Ilmuwan Kembangkan Vaksin Ebola Tanpa Suntik

The vaccine is administered through the nose, protecting the primates via the respiratory tract

Galeri Foto Pesawat Antariksa Eropa Mendarat di Komet

Badan Ruang Angkasa Eropa ESA berhasil mendaratkan sebuah robot untuk menyelidiki sebuah komet berkecepatan tinggi yang meluncur dan berjarak 500 juta kilometer dari bumi.

Studi: Ekstrak Kakao Tingkatkan Daya Ingat Orang Tua

Ternyata ada peningkatan daya ingat pada mereka yang mengkonsumsi minuman berkadar flavanol tinggi yang terdapat pada biji kakao.

Vaksin Ebola Masuki Uji Coba Tahap Baru Awal 2015

Kendati periset bergerak cepat agar vaksin percobaan Ebola lolos proses pengesahan agar bisa digunakan di pusat wabah Afrika Barat, sejumlah percobaan klinis dilakukan dengan laju yang lebih terukur.

Ilmuwan Temukan Perkampungan Purbakala Tertinggi di Dunia

Perkampungan itu terletak pada 4,5 kilometer di atas permukaan laut di Andes, bagian selatan Peru, yang dihuni sedikitnya 12 ribu tahun yang lalu.

China Luncurkan Pesawat Tak Berawak untuk Orbiti Bulan

Program delapan hari itu dimaksudkan untuk mencoba teknologi yang akan digunakan dalam misi yang direncanakan pada 2017 untuk mengumpulkan sampel dari permukaan bulan.

Komet Akan Dekati Mars, Peristiwa Sekali dalam Sejuta Tahun

Komet Siding Spring akan mendekati Mars dari bawah dan melesat tepat di depan planet itu Minggu sore waktu timur.

Galeri Foto Mikroba Pemakan Gas Metana di Laut Dalam

Sebuah studi baru menemukan bahwa mikroba-mikroba di dalam bebatuan di laut dalam memakan metana, gas rumah kaca yang dahsyat dan lebih mematikan daripada karbon dioksida.

Galeri Foto Kabel Serat Optik Antartika Ukur Pencairan Es

Kabel serat optik seperti yang digunakan untuk membawa siaran televisi dan sambungan Internet ke rumah-rumah dipasang di Antartika untuk mengukur tingkat pencairan es.

Ilmuwan AS Laporkan Terobosan dalam Penelitian Alzheimer

Terobosan ini akan membantu mengurangi waktu dan biaya pengembangan obat untuk penyakit Alzheimer.

Ilmuwan Simpan Jaringan Tubuh dalam Keping Silikon

Keping-keping ini diciptakan sebagai bagian Program Keping Jaringan untuk Pemeriksaan Obat-Obatan untuk mengevaluasi keamanan senyawa-senyawa obat.

Lukisan Gua di Sulawesi Setua Seni Prasejarah di Eropa

Selusin gambar stensil tangan berwarna merah dan dua gambar binatang yang mendetil yang digambarkan sebagai babirusa itu berusia antara 35.000 sampai 40.000 tahun.

Ratusan Santri Sukoharjo Ikut Amati 'Bulan Darah'

Fenomena alam, Gerhana Bulan Merah atau 'Bulan Darah', tampak di Solo dan sekitarnya Rabu (8/10). Ratusan santri dengan menggunakan teropong mengamati fenomena tersebut dengan takjub dan menjadi sumber pengetahuan.

Warga Amerika Utara dan Asia Saksikan ‘Bulan Darah’

Orang-orang yang berada di Amerika Utara dan Selatan serta di sebagian besar Asia Timur hari Rabu (8/10) mendapat kesempatan menyaksikan gerhana bulan total langka yang dikenal sebagai bulan darah.

Galeri Foto 'Blood Moon' Tampak Jelas di Amerika Utara, Asia

Penggemar astronomi di Amerika Utara dan Selatan serta di sebagian besar Asia Timur pada Rabu (8/10) mendapat kesempatan menyaksikan gerhana bulan total langka yang dikenal sebagai bulan darah.

Ilmuwan AS dan Jerman Raih Hadiah Nobel Kimia

Royal Swedish Academy of Sciences menyebutkan karya inovatif ilmuwan Jerman Stefan Hell dan dua ilmuwan Amerika Eric Betzig dan William Moerner, telah membawa mikroskop ke tingkat dimensi nano.

Ikuti Kami