Sabtu, 01 Agustus 2015 Waktu: 12:46

Berita / Iptek / Sains

Teror Gigi: Dinosaurus Seperti T. Rex Punya Gigi Gerigi Unik

Seorang anak laki-laki memperhatian bagian dalam tengkorak replika Tyrannosaurus Rex di Egidio Feruglio Museum di kota Trelew, Argentina, 18 Mei 2014. (Foto: dok.)

29.07.2015
Analisa gigi yang komprehensif membeberkan struktur gerigi unik yang memungkinkan T-Rex mengunyah daging dan tulang mangsanya dengan lebih efisien. Selengkapnya

Studi: Perbaikan Syaraf Mata Dorong Terbentuknya Jaringan Baru Otak

Hasil studi baru mendapati bahwa pemulihan penglihatan dengan memperbaiki jaringan syaraf pada mata, akan menumbuhkan kembali jaringan penglihatan otak.

Nyamuk Gunakan Penciuman dan Penglihatan untuk Lacak Mangsanya

Penelitian baru menunjukkan bagaimana nyamuk sangat lihai menemukan mangsanya.

Miliarder Janjikan $100 Juta untuk Temukan Kehidupan di Luar Angkasa

Pengusaha kaya-raya Rusia Yuri Milner ingin mengetahui apakah ada kehidupan yang cerdas di luar bumi, yang akan diselidiki menggunakan teleskop-teleskop radio terbesar di dunia selama 10 tahun ke depan.

Studi Tawarkan Teori Baru Terbentuknya Bumi

Studi oleh Georgia Insitute of Technology ini mendukung teori bahwa kehidupan dapat dimulai pada dataran kering.

Ilmuwan Terkejut Lihat Pegunungan di Permukaan Pluto

Gambar dari pesawat NASA menunjukkan menunjukkan sejumlah pegunungan baru di Pluto dengan ketinggian hingga 3.500 meter.

Pesawat Antariksa AS Terbang Lintasi Pluto

Sebuah pesawat antariksa tak berawak Amerika menjadi pesawat pertama yang mendekati planet kerdil ini.

Pluto Lebih Besar dari Perkiraan Semula

Radius Pluto seperti diukur oleh pesawat New Horizons ternyata mencapai puluhan kilometer lebih besar dibanding perkiraan sebelumnya.

Pakar Antariksa Amati Foto-foto Pluto

Para pakar sangat gembira melihati foto-foto paling baru yang dikirim dari jarak 4,8 milyar kilometer dari Bumi.

Tim Periset Universitas Colorado Mereka Ulang Kondisi Ruang Antariksa

Di sebuah laboratorium Universitas Colorado, tim periset mereka ulang kondisi di ruang antariksa. Ada mesin yang menghisap udara dari sebuah tabung sehingga mereka bisa mempercepat gerakan debu bagaikan gerakan di antariksa.

AS Uji Coba Vaksin Baru untuk Virus West Nile

Virus itu, yang disebarkan melalui gigitan nyamuk, mengakibatkan hampir 100 orang meninggal di Amerika Serikat tahun lalu, dan menjangkiti lebih dari 2.200 penderita lainnya.

Penelitian: Penembakan Massal, Penembakan yang “Menular”

Menurut penelitian dari Amerika Serikat, laporan media tentang pembunuhan massal dan penembakan di sekolah meningkatkan kejadian peristiwa serupa.

Ilmuwan AS, Kuba Teliti Ikan Hiu Mako

karena Kuba praktis telah terisolasi dari dunia luar selama 50 tahun terakhir, perairan serta terumbu-terumbu karangnya boleh dikatakan belum mengalami perubahan sejak lama.

Video Studi: Ikan Makan dengan Seluruh Tubuhnya

Para ilmuwan mengatakan pemilihan otot renang untuk menghasilkan gerakan makan sebagai sesuatu yang sangat penting bagi keberhasilan evolusi.

Studi: Tak Ada Perbedaan Antara Anak-anak dari Pasangan Sejenis dan Lawan Jenis

Konsensus yang jelas terbentuk bahwa tidak ada perbedaan antara pengasuhan oleh pasangan sesama jenis dan lain jenis dalam hal psikologis, perilaku dan pendidikan dari anak-anak tersebut.

Studi: Periode Ke-6 Kepunahan Massal di Bumi Telah Dimulai

Studi baru-baru ini tersebut menyebut perubahan iklim, polusi dan penebangan hutan termasuk di antara faktor-faktor yang memicu kepunahan massal saat ini.

Ilmuwan Lawan Penyakit dengan Ubi Manis

Para peneliti telah membantu mengurangi masalah kesehatan besar dengan mengajarkan petani menanam ubi manis.

Simpanse di Afrika Ternyata Doyan 'Mabuk'

Simpanse-simpanse di Afrika Selatan mabuk dengan getah fermentasi pohon palem, yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar minuman anggur palem, menurut sebuah penelitian terbaru.

Pesawat Antariksa Swasta Kembangkan Layar Surya

LightSail berhasil mengatasi masalah komunikasi, gangguan software dan masalah baterai sebelum akhirnya mengibarkan empat layar tersebut pada hari Minggu (7/6).

Video Foto baru NASA Soroti Planet Kerdil Ceres

Ceres adalah planet kerdil terdekat dengan matahari, dan kini bisa dilihat melalui video yang baru dirilis NASA.

Ikuti Kami