Kamis, 24 Juli 2014 Waktu UTC: 21:40

Berita / Iptek / Sains

Manusia Pertama Kali Berjalan di Permukaan Bulan 45 Tahun Lalu

Astronot Edwin E. Aldrin Jr. berjalan di permukaan bumi pada 20 Juli 1969. (Foto: NASA)

20.07.2014
Tanggal 20 Juli, 45 tahun lalu, untuk pertama kali manusia berjalan di permukaan bulan. Selengkapnya

NASA: Penemuan Kehidupan Ekstraterestrial dalam Jangkauan

Menyusul Teleskop Antariksa Kepler, serangkaian alat akan diluncurkan untuk memungkinkan para ilmuwan mencari kehidupan di luar Bumi.

Pecandu Narkoba dan Pecandu Seks Memiliki Respon Otak yang Mirip

Peneliti di Universitas Cambridge di Inggris mendapati bahwa aktivitas otak pecandu seks mirip dengan aktivitas otak pecandu narkoba.

Tim Peneliti AS Selesaikan 31 Hari di Bawah Laut

Satu tim peneliti Amerika hari Rabu (2/7) muncul setelah 31 hari tinggal dalam laboratorium bawah laut di lepas pantai Florida.

Ledakan Bayi di Masa Lalu, Isyarat Masa Depan

Ledakan bayi besar yang mulai 1500 tahun yang lalu di barat daya Amerika dan berakhir sekitar tahun 1.300 A.D. bisa memberikan wawasan tentang kelebihan populasi di jaman modern ini, menurut hasil penelitian.

Uji Terbang Pesawat Pendarat Baru NASA Berhasil

Badan Antariksa Nasional Amerika NASA menyatakan, uji terbang yang dilakukan atas pesawat pendarat baru planet Mars telah berhasil baik meskipun payungnya tidak membuka sepenuhnya.

Bunga Bangkai Kembar Mekar di Florida

Di Florida, bunga yang mekar lebih awal dari jadwal itu dikunjungi hampir 2.000 pengunjung, atau empat kali lipat jumlah biasa.

Ilmuwan Penemu Bahan Anti-Peluru Meninggal Dunia

Stephanie Kwolek membuat terobosan ketika mengembangkan campuran kristal cair yang dapat dipintal menjadi serat yang sangat kuat, jauh lebih kuat dari baja.

Fosil Manusia Purba Ungkap Informasi Baru soal Evolusi

Para ilmuwan menemukan fosil yang meliputi tujuh belas tengkorak dari gua Sima de los Huesos (Pit of Bones) di Spanyol utara.

Galeri Foto Evolusi Neanderthal

Koleksi terbesar fosil purba spesies hominin yang pernah ditemukan dari satu lokasi penggalian memberikan lebih banyak kejelasan mengenai asal dan evolusi Neanderthal atau manusia purba.

Video Tim Robot AS Siap Bertanding Sepakbola

Demam Piala Dunia akan berlangsung hingga bulan depan bersamaan dengan digelarnya Robocup yakni perlombaan robot dari seluruh dunia. Sejumlah robot dari sebuah universitas di AS sedang dilatih untuk melakukan pertandingan sepakbola melawan tim robot mancanegara.

Ilmuwan Temukan Spesies-spesies Baru Tahun Ini

Lembaga Penjelajahan Spesies (IISE) berharap dapat meningkatkan perhatian masyarakat mengenai kekayaan dan keberagaman planet yang kita diami.

Klub 125, Klub Sains yang Dukung Kreativitas Warga

Pasangan suami isteri George Boyce dan isterinya Eva Fallon telah mewujudkan impian mereka. Tahun lalu, pasangan itu mendirikan GreenSTEMs, organisasi nirlaba yang mengedepankan sains dan kreativitas. Mereka menyulap bekas toko dry-clean di Greenbelt, Maryland menjadi sebuah klub masyarakat.

Astronot Baru Berbagi Kisah Kehidupan Antariksa di Twitter

Reid Wiseman termasuk dalam enam pria yang tinggal di stasiun antariksa internasional, sebuah laboratorium riset senilai US$100 miliar yang terbang 418 kilometer di atas Bumi.

Program Antariksa AS Diminta Fokus pada Mars

Laporan Dewan Riset Nasional AS, yang ditugasi oleh NASA, merekomendasikan pendekatan batu loncatan ke arah Mars.

Ilmuwan Temukan Planet 'Godzila Bumi'

Planet Kepler-10c memiliki bobot 17 kali Bumi, dengan diameter 2,3 kali lebih besar dan berjarak 560 tahun cahaya dari Bumi.

Perusahaan Swasta Beri NASA Pilihan Lebih Murah Kirim Manusia ke Antariksa

Perusahaan swasta Space Exploration Teknologi, atau SpaceX, telah memperlihatkan pesawat antariksa baru yang bisa memberi NASA cara lebih murah dan fleksibel untuk mengirim manusia ke antariksa.

Studi: Tanaman, Hewan Hadapi Laju Kepunahan Tercepat

Para peneliti mengatakan, penghancuran habitat adalah penyebab utama kepunahan, selain spesies yang invasif dan perubahan iklim.

Kendaraan Penjelajah Baru Akan Selidiki Bagian Dalam Mars

Kendaraan baru NASA diharapkan dapat mendapatkan ide seperti apa rupa Bumi dalam sejarah awalnya.

Galeri Foto Teleskop Antariksa Hubble

Teleskop Antariksa Hubble telah mengubah cara kita melihat alam semesta. Selama hampir setengah abad, alat ini telah mengirim segudang data dan gambar dari luar angkasa.

Ikuti Kami