Senin, 26 Januari 2015 Waktu: 21:25

Berita / Iptek / Sains

Genom Ikan Paus Kepala Busur Berisi Rahasia Umur Panjang

Ikan paus kepala busur. (Loke Film dan Adam Schmedes/Cell Reports 2015)

18.01.2015
Para ahli sedang menyelidiki mengapa ikan paus jenis ini dapat hidup sampai 200 tahun dan terlindung dari penyakit terkait kanker seperti kanker. Selengkapnya

Wahana Antariksa Inggris Yang Lama Hilang Ditemukan di Mars

Badan Antariksa Eropa mengatakan roket wahana antariksa buatan Inggris yang menghilang di Mars lebih dari satu dekade lalu telah ditemukan.

Meningkatkan Minat Anak Perempuan pada Sains Lewat Mainan

Dilaporkan hanya ada 25 persen perempuan yang mempelajari sains. Salah satu cara untuk menumbuhkan ketertarikan anak perempuan pada sains adalah lewat mainan.

Fusi Nuklir Diharap Bisa Sediakan Energi Murah Masa Depan

Ilmuwan di Amerika dan Eropa sedang bereksperimen dengan dua jenis reaktor fusi nuklir yang diharapkan bisa menyediakan energi yang murah dan berlimpah dan akhirnya melepaskan ketergantungan dunia pada bahan bakar fosil.

Ilmuwan Kanada Berhasil Uji Coba Partikel Penghasil Listrik

CQD (colloidal quantum dots) dapat menghasilkan sel surya yang ringan dan fleksibel yang dapat dililitkan ke benda-benda besar, termasuk yang permukaannya tidak teratur.

Ilmuwan Jepang Mundur dari Penelitian karena Manipulasi

Ilmuwan perempuan Jepang, Haruko Obokata (31 tahun), mengundurkan diri dari tempatnya bekerja, setelah diduga melakukan manipulasi dalam penelitian sel induk, meski ia belum mengakuinya.

Penjelajah NASA Temukan Senyawa Organik, Gas Metana di Mars

Studi-studi tambahan diperlukan untuk menentukan apakah senyawa-senyawa organik dan/atau gas metana yang diproduksi dalam kehidupan sebelumnya atau sekarang di Mars.

Dinosaurus Amerika Terakhir Dihidupkan Kembali di Museum Smithsonian

Museum Sejarah Alam Smithsonian mempertunjukkan Ruang Fosil Nasional baru yang akan menampilkan pameran "The Last American Dinosaurs: Discovering a Lost World" yang recananya dibuka untuk umum pada tahun 2019.

Galeri Foto Uji Coba Pesawat Antariksa Orion Berhasil Gemilang

Sebuah pesawat ruang angkasa baru yang dimaksudkan untuk membawa para astronot Amerika kembali ke bulan dan tempat-tempat yang lebih jauh lagi telah kembali dari uji terbang, mencebur di Samudera Pasifik di lepas pantai Baja, California.

Uji Coba Pesawat Ruang Angkasa AS Berhasil

Sebuah pesawat ruang angkasa baru yang dimaksudkan untuk membawa para astronot Amerika kembali ke bulan dan tempat-tempat yang lebih jauh lagi telah kembali dari uji terbang, mencebur di Samudera Pasifik di lepas pantai Baja California.

Pesawat Ruang Angkasa Baru Amerika Uji Terbang

Sebuah pesawat ruang angkasa baru yang dimaksudkan untuk membawa para astronot Amerika kembali ke bulan telah diluncurkan dalam suatu uji terbang.

'Semut Trotoar' Bernafsu Makan Tinggi

"Semut Trotoar" bisa digunakan untuk menghemat uang milyaran dollar yang dihabiskan untuk membersihkan sampah di perkotaan karena mereka suka memakan sampah makanan yang tersebar di perkotaan.

Badan PBB: 2014 Termasuk Tahun Terpanas dalam Sejarah

Suhu rata-rata global pada Januari sampai Oktober 2014 adalah 0,57 Celsius di atas rata-rata, sama dengan rekor tahun terpanas 2010.

Pesawat Antariksa NASA Hadapi Uji Terbang Penting

Pesawat luar angkasa AS yang dirancang untuk menerbangkan astronot keluar orbit Bumi pertama kalinya sejak program bulan Apollo era 1960an dijadwalkan meluncur Kamis (4/12) dalam uji terbang yang lama ditunggu.

Penelitian: Mutasi HIV Lemahkan Virus Tersebut

HIV, virus yang menyebabkan AIDS, seringkali bermutasi dan memungkinkan HIV mengakali sistem kekebalan tubuh dan menginfeksi sekitar 80 juta orang selama 35 tahun terakhir. Namun, para ilmuwan mengatakan evolusi HIV yang begitu cepat justru bisa mengurangi kemampuannya menimbulkan AIDS.

Perawatan Baru di Australia dapat Selamatkan Tentara Terluka

Pada 10 tahun terakhir, sekitar 5.000 tentara sekutu tewas di medan perang dan 87 persen terjadi dalam 30 menit pertama sebelum mereka bahkan dapat pergi ke pusat pengobatan.

Video Inkubator Tiup Berbiaya Rendah Bisa Selamatkan Banyak Bayi Prematur

Sekitar satu juta bayi di seluruh dunia meninggal setiap tahun karena komplikasi akibat kelahiran prematur. Meski banyak yang bisa diselamatkan dengan inkubator, namun harganya mahal dan kadang tak tersedia di negara berkembang. Seorang mahasiswa Inggris merancang inkubator tiup berbiaya rendah.

'Text Neck' Masalah yang Dirasakan Pengguna Smartphone

Penelitian terbaru menunjukkan posisi menunduk akibat berkonsentrasi pada smartphone atau iPad bisa menambah beban kepala yang harus ditanggung oleh tulang punggung.

Pesawat Antariksa Eropa Philae Kirimkan Data Komet Berlapis Es

Ratusan juta kilometer dari bumi, pesawat antariksa Eropa hari Rabu membuat sejarah dengan berhasil mendarat di permukaan komet yang berlapis es, berdebu dan sedang melaju kencang, aksi berani pertama yang dirancang untuk menjawab pertanyaan besar tentang alam semesta.

Ilmuwan Kembangkan Vaksin Ebola Tanpa Suntik