Kamis, 24 April 2014 Waktu UTC: 11:15

Berita / Iptek / Sains

Planet Baru Seukuran Bumi Ditemukan

Interpretasi atas planet Kepler-186f.

UKURAN HURUF - +
18.04.2014
Planet yang baru ditemukan tampak bisa menampung kehidupan, menurut sekelompok astronom internasional. Selengkapnya

Pendakian Gunung Everest Kuak Mekanisme Diabetes

Dalam lingkungan yang tingkat oksigennya rendah, angka insulin pendaki mulai meningkat, menandakan bahwa tubuh mereka resisten terhadap insulin.

Saturnus Diduga Miliki Bulan Baru

Pesawat NASA Cassini, dalam orbitnya sekitar Saturnus, mengirim sebuah foto tonjolan yang mengilap di pinggiran salah satu cincin terluar planet tersebut.

Bunga Karang Beracun Ditemukan di Dasar Perairan Dalam San Diego

Para ilmuwan, menggunakan robot selam yang bisa diatur dari jarak jauh, telah menemukan spesies baru bunga karang beracun di perairan dalam San Diego.

Studi: Kudapan Dapat Bantu Cegah Pasangan Bertengkar

Gula darah yang rendah dapat membuat pasangan mudah marah, sehingga cokelat atau permen dapat mencegah kemarahan saat membahas sesuatu yang sensitif.

Obat Kanker Payudara Bisa Lawan Infeksi Terkait HIV

Para peneliti mengatakan obat itu bisa membantu sebagai senjata untuk melawan infeksi jamur yang membunuh lebih banyak pasien HIV/AIDS dibanding penyakit tuberkulosis (TB).

NASA: Manusia Mendarat di Mars Tahun 2030an

Ketua NASA bidang eksplorasi manusia di luar angkasa membeberkan rencana jangka panjang untuk menempatkan manusia di Mars pada tahun 2030an.

Ilmuwan Temukan Cara Percepat Metabolisme Tubuh

Penelitian di AS menunjukkan bahwa pengubahan proses terkait kemampuan sel untuk membakar energi dapat membantu meningkatkan metabolisme dan memerangi obesitas dan diabetes.

Tes Darah Sederhana Dapat Deteksi Kanker Secara Dini

Tes tersebut, disebut CAPP-Seq, adalah penyempurnaan dari pendekatan-pendekatan yang sudah ada untuk mengukur tingkat DNA tumor dalam aliran darah pasien.

Studi Kaitkan Obesitas dengan Kemampuan Cerna Karbohidrat

Mereka yang memiliki jumlah gen yang memproduksi enzim air liur memiliki peluang lebih besar untuk mengidap obesitas.

Lautan di Bawah Permukaan Es Ditemukan di Bulan Enceladus, Saturnus

Para ilmuwan telah menemukan lautan luas di bawah permukaan es di bulan kecil Saturnus, Enceladus.

Galeri Foto Perburuan Dinosaurus

Sebuah tim penelitian Inggris telah menggunakan pencitraan tiga dimensi (3-D) untuk merekonstruksi seluruh jalur jejak dinosaurus yang sudah menjadi fosil dan paling terkenal.

NASA Putuskan Hubungan dengan Rusia Kecuali untuk Stasiun Antariksa

Para pegawai NASA dilarang saling berhubungan dan saling berkunjung dengan mitra di Rusia karena tindakan Rusia di Ukraina.

Tak Hanya Planet, Asteroid Pun Miliki Cincin

Tim ilmuwan menemukan sebuah asteroid, yang berjarak sekitar 2 miliar kilometer dari Bumi, yang dikelilingi oleh dua cincin yang diyakini terbuat dari es.

Kosmonot Rusia dan Astronot AS Berangkat ke Antariksa

Oleg Artemyev, Alexander Skvortsov dan Steve Swanson akan menghabiskan enam bulan ke depan dalam stasiun itu, melakukan serangkaian eksperimen ilmiah.

Studi: Manusia Dapat Deteksi 1 Triliun Jenis Aroma

Daya penciuman manusia dianggap sebaik anjing, hanya saja letak hidung anjing saat berjalan jauh lebih dekat dengan tanah, tempat adanya bau-bau yang menarik.

Galeri Foto Para Ilmuwan Mendengar Gema 'Big Bang' Awal

Para ilmuwan mengatakan mereka telah menemukan bukti-bukti “dinamit” yang menghasilkan ledakan dahsyat atau yang biasa dikenal dengan Big Bang.

Fosil T. Rex Mini Ditemukan di Arktik

Makhluk prasejarah tersebut, yang hidup di Arktik sekitar 70 juta tahun lalu, pada periode Cretaceous, berukuran setengah sepupunya yang ditakuti.

Penemuan Isyaratkan Kerak Bumi Mungkin Mengandung Banyak Air

Sebuah kristal kecil yang terperangkap dalam sebuah berlian kasar, yang terlempar dari 400 kilometer di bawah permukaan bumi, mengisyaratkan bahwa mungkin ada banyak air jauh di dalam bumi.

Penelitian: Gajah bisa Bedakan Bahasa dan Suara Manusia

Ketika manusia berbicara, gajah-gajah Afrika mendengarkan, dan memperhatikan.

Ikuti Kami