Minggu, 01 Mei 2016 Waktu: 22:30

    Berita / Iptek / Sains

    Dinosaurus Mulai Punah sebelum Hujan Meteor Besar-besaran

    Dinosaurus diperkirakan pernah mendominasi Bumi kita kira-kira selama 150 juta tahun (foto; dok).

    20.04.2016
    Studi terbaru mengklaim dinosaurus sudah mulai menghadapi kepunahan jutaan tahun sebelum bencana meteor terjadi. Selengkapnya

    Kulit Elektronik Kelak Sediakan Data Biometrik

    Peneliti Jepang sedang menguji "kulit elektronik," disebut e-skin, yang kelak bisa digunakan untuk melacak data biomedis.

    Hidup Cepat, Mati Muda: Kunci Lolos dari Kepunahan

    Bumi dilaporkan sedang mengalami kepunahan massal keenam, yakni ketika makhluk darat dan laut menghilang pada tingkat hingga 1.000 kali lebih cepat dari yang dianggap normal.

    Stephen Hawking Dukung Proyek untuk Temukan Kehidupan di Antariksa

    Ilmuwan astrofisika terkenal Stephen Hawking dan CEO Facebook Mark Zuckerberg serta Yuri Milner bekerjasama untuk memburu kehidupan di antariksa.

    NASA Tetapkan 'Keadaan Darurat’ Untuk Selidiki Kepler

    Kontak terakhir NASA dengan pesawat pendeteksi planet yang mulai usang itu adalah sepekan lalu.

    Vaksin Baru Dapat Bantu Lenyapkan Polio

    Organisme dalam vaksin tersebut direkayasa secara genetika supaya dapat tumbuh baik pada suhu 30 derajat Celsius tapi tidak sama sekali pada 37 derajat, suhu manusia normal.

    Indonesia Bertekad Jaga Keamanan Nuklir

    Indonesia tidak lagi menggunakan uranium yang diperkaya dalam produk-produk yang dihasilkannya.

    Studi: Fosil 'Hobbit' Indonesia Lebih Tua dari Perkiraan

    Investigasi-investigasi terbaru mengindikasikan bahwa mereka punah jauh lebih awal, sekitar 50.000 tahun yang lalu, bahkan sebelum Neanderthal punah.

    Astronom Temukan Gunung Tinggi di Bulan Saturnus

    Bulan Titan terbukti merupakan struktur yang paling menarik di sistem tata surya, lengkap dengan apa yang diyakini merupakan lautan air di bawah lapiran esnya.

    Video Muhammad Arief Budiman: Ilmuwan Senior di Perusahaan Bio Teknologi di St. Louis

    Arief telah bekerja di Orion Genomics sejak lulus program pasca doctoral dari Clemson University Genomics Institute tahun 1999.

    Ilmuwan Pecahkan Misteri Monster Tully

    Selama ini para ilmuwan bingung tidak hanya dengan penampakannnya, tapi juga dengan kategori makhluk laut ini -- moluska, ikan, atau sesuatu yang lain sama sekali?

    Hari Ini Perayaan Hari Pi atau ‘22/7’

    14 Maret 2016 adalah perayaan ke-28 Hari Pi untuk menghormati angka dua puluh dua per tujuh (22/7) atau sekitar 3,14.

    Studi: Membaca Lewat Tablet Berdampak Buruk pada Kualitas Tidur

    Dibandingkan dengan membaca lewat buku biasa, studi menemukan orang yang membaca iPad sebelum tidur memiliki kualitas tidur yang berbeda. Pancaran sinar biru dari tablet yang masuk ke mata, mungkin berpengaruh buruk terhadap kualitas tidur.

    Video Nining Sutardjo, Analisis Benih di Universitas Kentucky, Lexington

    Nining Sutardjo adalah satu-satunya analis benih asal Indonesia yang sudah 23 tahun bekerja pada departemen yang mengatur peredaran benih tanaman di negara bagian Kentucky.

    Kembar dengan Ayah Berbeda Ditemukan di Vietnam

    Ini adalah kasus pertama yang diketahui terjadi di Vietnam dan hanya ada tujuh kasus serupa yang dilaporkan terjadi di dunia sejak tahun 2011.

    Setahun di Pesawat Antariksa Internasional, Tinggi Badan Astronot Bertambah

    Astronot sering menjadi lebih tinggi di antariksa karena sendi tulang belakang manusia sedikit berimpit akibat gravitasi di Bumi.

    Analisis Gempa Bumi Mentawai Menurut Pakar

    Gempa bumi yang terjadi di Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (2/3) kemarin cukup membuat masyarakat panik. Dengan kekuatan 7,8 Skala Richter (SR), sumber gempa di bawah laut, sehingga berpotensi tsunami. Namun peringatan tersebut dicabut karena pusatnya jauh daratan dan kedalamannya yang kecil.

    Pentagon Tantang Peretas Terobos Situs Webnya

    Markas besar militer Amerika, Pentagon, hari Rabu mengundang peretas, warga AS yang lolos pemeriksaan kelakuan baik, untuk menyerang situs webnya sebagai tes bagi keamanan dunia mayanya. Proyek percontohan ‘Hack Pentagon’ itu adalah yang pertama oleh pemerintah federal.

    Perseteruan Apple dan FBI Berlanjut di Sidang Dengar Kongres AS

    Perusahaan teknologi Apple dan FBI saling berhadapan dalam sidang dengar Kongres hari Selasa (1/3) terkait perintah dari pemerintah kepada Apple untuk membantu membuka sandi iPhone yang digunakan oleh dua teroris yang membunuh 14 orang dalam serangan di San Bernardino – California pada 2 Desember 2015 lalu. Apple mengatakan permintaan itu akan menjadi preseden berbahaya.

    Ikuti Kami