Senin, 02 Mei 2016 Waktu: 12:55

    Berita / Dunia

    Presiden Berterimakasih Kepada Pemerintah Filipina Atas Pembebasan 10 WNI

    Presiden Joko Widodo di Istana Bogor saat mengumumkan pembebasan 10 WNI yang menjadi sandera di Filipina (1/5). (VOA/Andylala Waluyo)

    02.05.2016
    Sepuluh warga negara Indonesia (WNI) yang disandera kelompok militan Abu Sayyaf asal Filipina telah dibebaskan. Selengkapnya

    Cegah Terulangnya Kebocoran, Pemerintah Panama Bentuk Komite Pakar Independen

    Pemerintah Panama membentuk komite pakar independen yang akan menyampaikan rekomendasi kepada Presiden Panama. Komite pakar ini terdiri dari ekonom pemenang Nobel Joseph Stiglitz, mantan presiden Panama Nicolas Ardito Barletta dan mantan administrator Panama Canal Alberto Aleman Zubieta.

    Parlemen Irak Ambruk, Anggota Parlemen Lari dari Baghdad

    Bagdad hari Minggu diambang kekacauan politik. Kota itu dalam keadaan darurat, demonstran menduduki daerah-daerah yang sebelumnya merupakan zona internasional yang aman, anggota-anggota parlemen melarikan diri dan militer dalam siaga tinggi.

    Presiden Korsel Berkunjung ke Iran

    Presiden Korea Selatan mengatakan kunjungan 3-hari itu bahwa dia akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani mengenai Semenanjung Korea dan cara-cara meningkatkan hubungan bilateral.

    Serikat Buruh Mesir Dihambat Mengadakan Pertemuan di Kairo

    Kamal Abbas, dari Pusat Pelayanan Serikat Buruh dan Pekerja, mengatakan kira-kira 650 pekerja berada di tengah kota itu hari Minggu mencari lokasi lain untuk mengadakan konferensi mereka setelah polisi menghambat mereka memasuki gedung sindikat wartawan.

    Militan al-Shabab Rebut Kembali Kota di Somalia, 22 Tentara Tewas

    Kota Shabelle Tengah, Somalia kembali jatuh ke tangan militan al-Shahab. Serangan Minggu pagi tersebut menewaskan 22 tentara Somalia sementara 10 lainnya hilang.

    Karyawan Perusahaan Binladin Group Saudi Bakar 7 Bus Perusahaan

    Tujuh bus perusahaan Bin Ladin Group dibakar sebagai akibat dari protes karyawan perusahaan atas kabar bakal dirumahkannya sejumlah besar karyawan. Pemadam kebakaran telah memadamkan api tersebut tanpa menimbulkan korban cedera.

    10 Sandera Warga Indonesia di Filipina Telah Dibebaskan

    10 WN Indonesia yang disandera militan Abu Sayyaf telah dibebaskan. Para warga Indonesia itu tampak sehat wal afiat ketika mereka diturunkan Minggu sore di depan rumah gubernur provinsi Sulu di kota Jolo.

    Presiden Venezuela Naikkan 30 Persen Upah Minimum

    Di tengah inflasi yang merajalela dan kemacetan ekonomi, Presiden Venezuela Nicolas Maduro memerintahkan kenaikan upah minimum negara itu sebesar 30 persen. Namun upah per bulan yang sesungguhnya jauh di bawah jumlah itu berdasarkan kurs di pasar gelap yang menentukan harga barang di Venezuela.

    Menlu AS Berangkat ke Jenewa Hari Ini untuk Membicarakan Suriah

    Departemen Luar Negeri AS menyatakan bahwa Menlu John Kerry akan membicarakan usaha pengehentian pertempuran di Suriah. Juru bicara Deplu AS menyatakan prioritas utama adalah pengakhiran kekerasan di Aleppo dan gencatan senjata yang bertahan lama di seluruh Suriah.

    Bom Mobil Meledak di Luar Markas Besar Kepolisian di Turki, 2 Tewas

    Dua orang polisi tewas serta minimum 22 orang lainnya terluka di luar markas besar kepolisian kota Gaziantep, Turki tenggara. Sembilan orang dari yang luka dalam ledakan hari Minggu itu adalah polisi.

    ISIS Klaim Bunuh Orang Hindu di Bangladesh

    Seorang penjahit beragama Hindu tewas terbunuh di Bangladesh. Kelompok SITE yang berbasis di AS menyatakan ISIS membunuh penjahit tersebut karena telah menghina Nabi.

    Serangan Udara di Aleppo Tewaskan 5 Orang

    Lebih dari 80 LSM internasional dan Suriah menandatangani pernyataan yang mendesak Obama dan Putin merespon seruan PBB dan mencoba menghentikan pertumpahan darah.

    Kenya Bakar Timbunan Gading Untuk Akhiri Pembantaian Gajah

    Pembakaran di taman nasional di luar Nairobi itu disebut-sebut sebagai pemusnahan gading terbesar di Afrika Timur, dan apinya diperkirakan akan menyala selama beberapa hari.

    Bangunan di Kenya Ambruk, Sedikitnya 12 Tewas

    Banjir menyebabkan bangunan enam lantai ambruk, menewaskan sedikitnya 12 orang dan memerangkap sejumlah orang.

    Banyak Migran Hilang di Lepas Pantai Libya

    Organisasi Internasional untuk Migrasi mengatakan 84 orang masih hilang beberapa jam setelah sebuah kapal kargo Italia menyelamatkan 26 orang dari perahu naas itu.

    Demonstran Serbu Parlemen Irak, Dirikan Tenda di Zona Hijau

    Komando Operasi Baghdad menyatakan “keadaan darurat” di ibukota tidak lama setelah penyerbuan itu terjadi.

    China Ajukan Syarat Perbaikan Hubungan dengan Jepang

    Menlu China memberitahu mitranya dari Jepang bahwa hubungan harus didasarkan pada “penghormatan pada sejarah, pematuhan janji, dan berdasarkan kerjasama bukan konfrontasi.”

    Pemilu di Ukraina Timur Hanya Mungkin Jika Kedaulatan Pulih

    Menurut pandangan pemerintah Ukraina, pemilihan umum dalam keadaaan sekarang akan mengesahkan pihak yang menduduki daerah Ukraina.

    Singa-Singa Sirkus di Peru, Kolombia Dibebaskan ke Afrika

    Singa-singa itu diperlakukan secara kejam, tidak mendapat cukup makanan dan menghadapi penyakit, bahkan ada yang kehilangan matanya.

    Pembunuhan dengan Golok Tebarkan Ketakutan di Bangladesh

    Polisi Bangladesh mengatakan bahwa seorang pria Hindu tewas dibunuh dengan golok tengah hari Sabtu (30/4) di Bangladesh, menyusul beberapa serangan serupa di negara Asia Selatan yang mayoritas Muslim itu.

    Kapal-Kapal Angkatan Laut AS Ditolak Berlabuh di Hong Kong

    China mengirim pernyataan kepada Reuters yang mengatakan kunjungan kapal-kapal dan pesawat militer Amerika ke Hong Kong selama ini disetujui berdasarkan kasus-per-kasus sesuai dengan prinsip kedaulatan dan keadaan tertentu.”

    AS dan Rusia Rundingkan Gencatan Senjata di 2 Daerah Suriah

    Para pejabat Amerika mengatakan hari Jumat (29/4) perpanjangan gencatan senjata di kedua daerah itu akan mulai berlaku tengah malam waktu Damaskus.

    Kaum Reformis dan Moderat Unggul dalam Pemilu Babak Kedua Iran

    Ini akan menandai pergeseran dramatis dalam politik Iran, dimana kaum fundamentalis lebih sedikit jumlahnya daripada rekan mereka kaum moderat untuk pertama kalinya sejak 2004.

    Rumah Susun Bertingkat 7 Roboh di Kenya

    Tim SAR di ibukota Kenya, Nairobi, mencari orang-orang yang selamat setelah banjir menyebabkan rubuhnya rumah susun bertingkat tujuh, yang menewaskan sedikitnya tujuh orang dan menjerat sejumlah orang di dalamnya.

    Pembom Bunuh Diri di Irak, 17 Tewas

    Para pejabat kepolisian dekat tempat kejadian mengatakan serangan bom itu diarahkan terhadap peziarah yang sedang berjalan menuju tempat suci Kadhimiyah, Baghdad.

    Kelompok Penyensor Rusia Minta Bantuan China Kendalikan Internet

    Pemimpin keamanan dunia maya dan kebijakan Internet China, Lu Wei, mengatakan kebebasan online bukanlah sebuah hak, melainkan tanggung jawab yang harus dikendalikan karena bisa mengarah ke terorisme.

    AS, Rusia Serukan Gencatan Senjata di Suriah

    Militer Suriah mengatakan, fihaknya berharap memulai sebuah gencatan senjata di beberapa bagian negara itu, tetapi tidak di Aleppo

    Serangan Udara di Aleppo Terus Berlanjut

    Media pemerintah melaporkan bahwa pemberontak telah menembaki masjid Aleppo di lingkungan Bab al-Faraj, menewaskan sedikitnya 15 orang dan melukai 30 lainnya.

    Polisi di Kazakhstan Tutup Konferensi Pers di Almaty

    Meskipun protes publik jarang terjadi di Kazakhstan, ratusan orang berunjuk rasa di beberapa kota sejak Minggu (24 April), karena khawatir reformasi agraria itu akan memungkinkan orang asing mengambil alih lahan pertanian.

    Pejabat PBB: Tantangan bagi Pertumbuhan, Pembangunan ASEAN 

    Shamshad Akhtar, sekretaris eksekutif Komisi Ekonomi dan Sosial PBB untuk Asia-Pasifik (UNESCAP), mengatakan ASEAN yang sebagian besar bergantung pada pertumbuhan ekspor, telah terimbas perlambatan perdagangan di luar negeri.

    Menlu Inggris Kunjungi Kuba untuk Pertama Kalinya

    Menlu Inggris bertemu dengan para pejabat Kuba, Kamis (28/4) untuk membahas hubungan perdagangan dan pariwisata dengan negara komunis itu, menandai kunjungan pertama sejak 1959.

    Tekad Nuklir Korea Utara Mungkin Uji Komitmen Dunia Terhadap Sanksi-Sanksi

    Pembangkangan dan upaya Korea Utara yang dipercepat untuk mengembangkan senjata nuklir canggih sejauh ini belum tergoyahkan oleh sanksi-sanksi keras baru yang diberlakukan PBB pada bulan Maret.

    Warga AS Keturunan Korea Divonis 10 Tahun Penjara di Korea Utara

    Warga Amerika keturunan Korea divonis 10 tahun kerja paksa di Korea Utara atas tuduhan subversi. Pengadilan Korea Utara menjatuhkan hukuman terhadap Kim Dong-chul, Jumat (29/4).

    Tentara Suriah Berencana Luncurkan Serangan Ofensif di 2 Kubu Militan ISIS

    Gencatan senjata antara pasukan pemerintah dan oposisi Suriah secara resmi mulai berlaku pada tanggal 27 Februari menyusul upaya perdamaian oleh Amerika Serikat dan Rusia. Namun gencatan senjata itu tidak berlaku untuk kelompok teroris.

    AS Kecam Pemboman Rumah Sakit di Suriah

    Serangkaian serangan udara maut di kawasan-kawasan yang dikuasai pemberontak mengisyaratkan hampir runtuhnya gencatan senjata yang ditengahi masyarakat internasional yang dicapai akhir Februari lalu.

    Pangeran Saudi Janjikan Perubahan Sosial di Negaranya

    Bagi dinasti Al Saud, yang selalu bersekutu dengan para ulama berkuasa dari sekte Sunni Wahabi, reformasi itu berisiko mendapat perlawanan dari kelompok konservatif.

    Jumlah Pelanggaran Gencatan Senjata Meningkat di Ukraina Timur

    Pemantau mencatat jumlah pelanggaran gencatan senjata tertinggi sejak Agustus 2015, sementara banyak senjata berat yang tadinya disimpan secara permanen di lokasi penyimpanan, kini hilang.

    Parlemen Austria Sahkan Aturan Suaka yang Ketat

    Austria menerima sekitar 90 ribu permohonan suaka pada 2015, kedua tertinggi di Uni Eropa jika dihitung per kapita.

    China Kembali di Posisi Teratas Daftar Pengawasan Perdagangan AS

    China adalah pasar pembajakan daring terbesar di dunia, menyebabkan kerugian besar bagi pemilik hak cipta Amerika terutama untuk musik, film, buku, majalah, permainan video, perangkat lunak dan lainnya.

    Ikuti Kami