Selasa, 31 Mei 2016 Waktu: 07:05

    Berita / Dunia

    Kesempatan Taliban Ikut Perundingan Damai Memudar

    Para anggota kelompok Taliban Afghanistan (foto: dok).

    31.05.2016
    Kematian pemimpin Taliban dalam serangan udara pesawat tanpa awak AS tampaknya tidak akan banyak membantu proses perundingan perdamaian di Afghanistan. Selengkapnya

    ISIS Ledakkan Sejumlah Bom di Baghdad, 20 Tewas

    Militan ISIS Senin (30/5) menyerang Baghdad dengan dua bom dan bom ketiga menghantam bagian utara ibukota itu menewaskan sedikitnya 20 orang.

    Mahasiswi Roma Tewas Dibakar Mantan Pacar

    Seorang mahasiswi universitas Roma tewas akibat dibakar oleh mantan pacarnya setelah ia memutuskan mengakhiri hubungan mereka.

    Polisi Meksiko Selamatkan Pemain Sepakbola yang Diculik

    Polisi Meksiko telah berhasil menyelamatkan pemain sepakbola Alan Pulido, yang diculik Sabtu (28/5) malam.

    Taliban Afghanistan Tewaskan 30 Tentara

    Kelompok Taliban Afghanistan telah meningkatkan serangan sejak mengangkat Mullah Hibatullah Akhundzada sebagai pemimpin baru.

    Beijing: Kapal yang Ditahan Indonesia Beroperasi Secara Legal

    Menurut AFP, Achmad Taufiqoerrochman, komandan Armada Barat Indonesia, mengatakan kapal China tersebut , Gui Bei Yu, dicurigai telah melakukan penangkapan ikan secara illegal karena ditemukannya hasil tangkapan di dalam kapal itu.

    Reformasi Pendidikan China Picu Protes Warga

    Para orang tua melancarkan aksi unjuk rasa di enam kota provinsi Jiangsu, serta kota-kota Wuhan, Xitzhou, Yancheng, Taizhou, Changsha dan Lianyungang.

    Mantan Presiden Chad akan Divonis Hari Ini di Senegal

    Mantan diktator Chad, Hissene Habre diadili atas tuduhan kejahatan perang, penyiksaan dan kejahatan terhadap kemanusiaan oleh mahkamah khusus yang dinamakan Mahkamah Luar Biasa Afrika.

    Pasukan Irak Serbu Fallujah dari Berbagai Penjuru

    Sementara pertempuran mulai, ada keprihatinan yang meningkat mengenai penderitaan kaum sipil yang terperangkap di dalam kota yang dikuasai ISIS itu.

    Bom Hantam Beberapa Lokasi di Irak, 20 Tewas

    Teroris ISIS telah mengaku bertanggung jawab atas dua serangan, tidak lama setelah bom itu meledak, dan sementara serangan Irak di kota Fallujah yang dikuasai ISIS sedang berlangsung, tidak jauh di sebelah barat Baghdad.

    Foto Wartawan Jepang yang Hilang di Suriah Muncul di Internet

    Jumpei Yasuda diyakini telah ditangkap oleh cabang al-Qaida, Front Nusra, setelah ia menyeberang masuk ke Suriah dari Turki bulan Juni tahun lalu, media Jepang melaporkan.

    Insinyur China Jadi Target Serangan Bom Pinggir Jalan di Pakistan

    Serangan terhadap warga China jarang di Pakistan, tetapi pihak berwenang mengatakan langkah keamanan yang lebih ketat yang diberlakukan dalam beberapa tahun ini bagi warga asing di negara itu telah mengurangi jumlah kekerasan.

    India Melaju dengan Ambisi Luar Angkasa

    Meskipun tergolong pendatang baru dalam persaingan ke luar angkasa, program antariksa New Delhi telah melakukan terobosan teknologi signifikan dan memiliki reputasi baik terkait efektivitas biaya.

    Dukungan Pemerintah Malaysia Atas Hukum Syariah Picu Kemarahan

    Para kritik yakin Najib Razak menggunakan hukum syariah atau hudud untuk mendapatkan dukungan pemilih Muslim Melayu dan menangkis serangan atas kepemimpinannya.

    China Janji Tingkatkan Hubungan Pertahanan dengan Indonesia

    Menteri Pertahanan China Chang Wanquan mengatakan ia berharap kedua negara akan "memperdalam pertukaran dan kerjasama pragmatis" dan mendorong hubungan militer.

    Perundingan Damai Gagal, Juru Runding Oposisi Suriah Mundur

    Dua pekan pembicaraan damai di Jenewa, berakhir tanpa dicapainya kesepakatan, karena pertempuran berkobar lagi di dekat perbatasan Suriah.

    PBB Peringati Hari Internasional Penjaga Perdamaian

    Selain menjaga perdamaian, Blue Helmets juga menangani masalah ranjau darat dan sisa-sisa sisa perang yang berpotensi membunuh atau mencederai ribuan warga sipil.

    Pertempuran di Yaman Tewaskan 48 Orang

    Pertempuran dua hari antara pasukan pemerintah Yaman dan pemberontak Houthi telah menewaskan sedikitnya 48 orang.

    Warga Brazil Rayakan Parade Hak Kaum Gay

    Para pendukung hak kaum gay di Brazil mendorong DPR mengeluarkan UU yang memungkinkan warga Brazil mengidentifikasi diri menurut jenis kelamin pilihan mereka.

    Iran Perintahkan Situs Media Sosial Simpan Data di Dalam Negeri

    Pemerintah Iran memerintahkan media sosial asing untuk mentransfer data para penggunanya yang warga Iran untuk disimpan di dalam negeri.

    Polisi Israel Desak Tuntutan atas Istri Netanyahu

    Tuntutan pidana diserukan terhadap istri PM Israel Benjamin Netanyahu, Sara Netanyahu, atas dugaan penyalahgunaan dana publik.

    Dilma Rousseff: Pemakzulan Dirinya untuk Cegah Penyelidikan Korupsi

    Dilma Rousseff,  mengatakan bocoran rekaman radio menunjukkan bahwa upaya penggulingannya ditujukan untuk menghentikan penyelidikan korupsi yang sedang bergulir

    Paus Fransiskus Tak Berniat Tinggalkan Jabatan Paus

    Paus Fransiskus mengatakan tidak berniat meninggalkan kepausan, seperti yang dilakukan pendahulunya Paus Benedictus XVI.

    Bintang Sepakbola Meksiko Diculik di Perbatasan

    Bintang sepakbola Meksiko, Alan Pulido diculik di negara bagian Tamaulipas di bagian utara, yang berbatasan dengan Amerika.

    Keluarga Sopir Taksi Pakistan yang Tewas Gugat Pejabat AS

    Keluarga seorang sopir taksi, yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak Amerika pekan lalu terhadap pemimpin Taliban Afghanistan, telah dengan resmi mengadukan para pejabat Amerika yang tidak disebut namanya kepada kepolisian.

    Pasukan Keamanan Irak Kepung Fallujah

    Fallujah, satu basis Sunni, telah dikuasai ISIS lebih lama daripada kota lain di Irak, dan laskarnya diyakini telah sangat bercokol kuat di kota tersebut.

    WHO: Afrika Barat Lebih Mampu Tanggulangi Wabah Masa Depan

    Ebola telah membunuh lebih dari 11 ribu orang dalam 3 negara Afrika Barat yang paling berat dilanda wabah itu sebelum waktunya WHO menyatakan penularan virus Ebola sudah berakhir menjelang akhir tahun lalu.

    Ratusan Migran Tenggelam di Laut Tengah

    Meskipun cuaca hangat dan laut tenang, lebih dari 700 migran tenggelam pekan lalu dalam upaya menyeberangi Laut Tengah, sementara ribuan lainnya telah diselamatkan Pasukan Penjaga Pantai Italia.

    Media Iran: Warga Iran Tidak Dapat Naik Haji Tahun Ini

    Media pemerintah Iran mengatakan hari Minggu (29/5) bahwa warga Iran tidak akan dapat menunaikan ibadah haji tahun ini karena Iran tidak dapat mencapai persetujuan dengan Arab Saudi.

    Ketua Konservatif Moderat Parlemen Iran Terpilih Kembali

    Ketua parlemen yang konservatif moderat Iran terpilih kembali hari Minggu (29/5) walaupun kaum reformis telah mencapai kemajuan dalam pemilu yang diadakan bulan Februari lalu.

    Brazil Buru Para Pelaku Pemerkosaan Beramai-ramai 

    Para pelakunya mengejutkan negara itu dengan mengunggah ke internet video korban yang sedang dalam keadaan tanpa busana dan tidak sadarkan diri.

    WHO: Tak Perlu Batalkan Olimpiade Karena Zika 

    WHO mengatakan bahwa mengubah atau membatalkan Olimpiade tidak akan mempengaruhi penyebaran virus Zika “secara signifikan.”

    AS Hentikan Pengiriman Bom Rumpun ke Arab Saudi

    Bom rumpun seringkali tidak langsung meledak ketika dijatuhkan, sehingga baru meledak dan melukai warga sipil beberapa bulan atau tahun kemudian.

    ISIS Lancarkan Serangan Besar-besaran di Suriah Utara

    Bertambahnya wilayah yang direbut ISIS di sekitar Marea dan Azaz telah memerangkap lebih dari 160.000 warga sipil antara wilayah tersebut dan perbatasan Turki.

    Korea Utara Terkait Serangan Dunia Maya Atas Beberapa Bank Asia

    Ini mungkin pertama kalinya sebuah negara menggunakan kode berbahaya untuk mencuri uang dari negara lain.

    PBB: Suriah Hambat Bantuan Kemanusiaan

    Wakil sekretaris jenderal PBB untuk masalah kemanusiaan, Stephen O’Brien mengatakan kepada Dewan Keamanan hari Jumat, ada 592.700 orang yang hidup dalam pengepungan, sebagian besar dikepung oleh pasukan Suriah.

    Serangan Udara AS dan Artileri Turki Tewaskan 104 Militan ISIS

    Kantor berita Anadolu, Sabtu (28/5) melaporkan bahwa serangan yang terjadi Jumat malam tersebut, merupakan pembalasan atas serangan roket yang ditembakkan dari wilayah yang dikuasai ISIS terhadap provinsi perbatasan Turki, Kilis.

    Perdana Menteri Pakistan Jalani Bedah Jatung Selasa Depan

    Nawaz Sharif akan menjalani operasi jantung yang kedua kalinga dalam lima tahun di London, Selasa (31/5).

    Pemberontak Kolombia Bebaskan 3 Wartawan

    Wartawan warga Spanyol-Kolombia Salud Hernandez-Mora diculik Sabtu lalu di Catatumbo, Kolombia timur-laut, oleh anggota Laskar Pembebasan Nasional atau ELN.

    Mantan Pejabat Militer Israel Keluarkan Rencana Proses Perdamaian

    Rencana itu diumumkan menyusul sepekan pergolakan politik di Israel yang berakhir dengan pengangkatan menteri pertahanan baru yang lantang skeptis terhadap proses perdamaian dengan Palestina.

    Ikuti Kami