Selasa, 30 September 2014 Waktu UTC: 11:50

Berita / Dunia

Getaran Baru Gunung Ontake Cemaskan Warga

Pasukan Bela Diri Jepang (JSDF) dan petuga kepolisian tengah mempersiapkan operasi penyelamatan di dekat puncak gunung Ontake, Jepang Tengah (29/9).

30.09.2014
Tim SAR menemukan lagi lima jenazah hari Senin (29/9), menambah jumlah korban tewas menjadi 36 orang. Mereka hanya dapat membawa 12 jenazah sejak meletusnya gunung tersebut hari Sabtu (27/9), karena kondisi yang berbahaya. Selengkapnya

China Rayakan Hari Besar Baru, Hari Pahlawan

Hari Pahlawan merupakan satu dari tiga hari besar baru yang diciptakan China tahun ini dalam upaya memperbaharui fokus pada Perang Dunia II.

Polisi Australia Tangkap 1 Orang dalam Razia Kontra Terorisme

Hassan El Sabsabi, 23 tahun, tampil sebentar di sebuah pengadilan di Melbourne, dikenakan enam dakwaan telah secara sengaja menyediakan dana bagi sebuah organisasi teroris.

Thailand Hukum Mati Pelaku Perkosaan dan Pembunuhan di Kereta Api

Insiden tersebut menyebabkan jawatan kereta api, kini menyediakan gerbong-gerbong khusus wanita dalam jalur-jalur utama di seluruh Thailand.

Demonstrasi Pro-Demokrasi Hong Kong Ancam Perluas Protes

Kepala eksekutif Hong Kong menyerukan kapada para pemimpin demonstrasi untuk memenuhi janji mereka kepada masyarakat dan segera menghentikan protes, yang katanya telah tidak terkendali.

Ketua Parlemen Niger Akan Ditangkap Atas Dugaan Perdagangan Bayi

Tujuh belas lainnya sudah ditangkap di Niger atas tuduhan berdagang bayi, termasuk Menteri Pertanian Abdou Labo.

Kamboja Bela Perjanjian Pengungsi dengan Australia

Setelah selama ini dibantu, Menteri Luar Negeri Hor Namhong mengatakan sudah waktunya Kamboja berkontribusi dalam masalah pengungsi.

IOM: Jumlah Kematian Migran di Laut, Padang Pasir Capai Rekor

IOM mengatakan 40.000 migran di seluruh dunia diyakini telah meninggal sejak 2000, 22.000 diantaranya sedang mencari hidup yang lebih baik di Eropa.

Polisi Kontra-Terorisme Australia Razia Properti di Melbourne

Australia sedang dalam kewaspadaan tinggi terhadap serangan-serangan dari Muslim teradikalisasi atau militan-militan yang yang kembali dari pertempuran di Timur Tengah.

PM Israel: ISIS dan Hamas Ranting dari Pohon yang Sama

Netanyahu mengkritik negara-negara yang mendukung perlawanan terhadap ISIS karena tidak mendukung Israel melawan Hamas di Gaza.

China Hadapi Dilema Politik Akibat Protes di Hong Kong

Kepemimpinan Beijing yang semakin keras, sepertinya tidak akan setuju dengan reformasi politik di Hong Kong, namun juga tidak ingin ada pertumpahan darah.

Vietnam Bebaskan 2 Tapol Usia Lanjut

Vietnam membebaskan lebih awal dua tahanan politik berusia lanjut menjelang kunjungan Menlu AS ke Hanoi pekan ini.

Spanyol Tunda Referendum Kemerdekaan Catalonia

Mahkamah Konstitusi Spanyol mengatakan menunda rencana referendum di Catalonia dan harus mempertimbangkan dulu apakah referendum itu melanggar konstitusi.

Netanyahu Desak Desak Dunia Cegah Iran Kembangkan Nuklir

Berbicara di PBB hari Senin (29/9), PM Israel Benjamin Netanyahu mendesak masyarakat internasional agar tidak membiarkan Iran mengembangkan kemampuan nuklirnya.

Pengadilan Belgia Dakwa 46 Tersangka Teroris

Jaksa Belgia hari Senin (29/9) telah memulai pengadilan salah satu aksi teroris terbesar yang pernah terjadi di negara itu.

Menlu Suriah Kecam Kebijakan Ganda AS soal Militan Anti-Assad

Menlu Suriah mengecam kebijakan AS soal dukungan terhadap kelompok anti Damaskus, yang dinilainya menciptakan "lahan subur" bagi pertumbuhan ekstremisme di wilayah tersebut.

Obama, Modi akan Bahas Isu Ekonomi AS-India

Kedua pemimpin juga akan membahas kerjasama keamanan regional setelah Amerika mengakhiri peran tempurnya di Afghanistan akhir tahun ini.

Video Kilas VOA 30 September 2014

Pengambilan sumpah Ashraf Ghani sebagai Presiden Afghanistan. Turki meningkatkan pengamanan perbatasan dengan Suriah merespon pertempuran dengan ISIS. PM Spanyol menggugat referendum Katalunia ke Mahkamah Konstitusi. Penggemar film Star Wars melatih 'ksatria Jedi' di Chile.

Jaksa PBB Tuntut Hukuman Maksimal atas Karadzic

Jaksa PBB Alan Tiegar Senin (29/9) berpendapat mantan tokoh Serbia, Radovan Karadzic harus dihukum penjara seumur hidup jika terbukti bersalah melakukan kejahatan perang.

Demonstran Hong Kong Abaikan Seruan Pemerintah

Dalam sebuah pernyataan hari Senin (29/9), pemerintah meminta demonstran agar meninggalkan tempat protes damai.

12 Tewas dalam Bentrokan di Ukraina Timur

Pertempuran antara pasukan pemerintah dan separatis pro-Rusia terus berlangsung meskipun ada gencatan senjata yang dideklarasikan bulan ini.

Pasukan AS akan Tetap Tinggal di Afghanistan

Pasukan AS diperkirakan akan tinggal di Afghanistan melampaui akhir tahun ini, menurut kesepakatan yang akan ditandatangani Presiden baru Ashraf Ghani hari Selasa (30/9).

Pasukan Kurdi, ISIS Bentrok di Perbatasan Suriah-Turki

Pertempuran terus terjadi antara militan Negara Islam atau ISIS dan milisi lokal Kurdi di Suriah utara, hari Senin (29/9).

PM India Narendra Modi Bertemu Presiden Obama di Gedung Putih

Lebih dari 18 ribu warga AS keturunan India memberikan sambutan meriah kepada Perdana Menteri baru itu, saat menyampaikan pidato dari sebuah panggung berputar di Madison Square Garden, Senin (29/9).

AS akan Tingkatkan Perdagangan dengan Polandia

Menteri Perdagangan Amerika Serikat, Penny Pritzker, dalam sebuah pertemuan para pengusaha Polandia dan AS hari Senin (29/9) mengatakan bahwa bisnis antara kedua negara saat ini masih belum mencapai potensinya.

Kecelakaan Kereta Api Bawah Tanah Istanbul, 1 Cedera

Musibah kecelakaan kereta terjadi di jalur metro yang menghubungkan distrik Seyrantepe dan distrik Sanayi, hari Senin (29/9). Para penumpang lainnya berhasil dievakuasi dengan selamat.

Penganut Budha Garis Keras Myanmar dan Sri Lanka Bersatu

Kredibilitas Presiden Mahinda Rajapaksa telah surut di kalangan penduduk Muslim, setelah pemerintahannya mengizinkan Wirathu datang ke Sri Lanka.

Australia Tidak Kirim Tim Dokter ke Afrika Barat untuk Wabah Ebola

Menteri Luar Negeri Julie Bishop mengatakan Departemen Kesehatan dan Departemen Pertahanan Australia tidak mampu mengevakuasi dan membawa pulang para petugas kesehatan Australia.

China Hukum Mati 2 Pria Terkait Pembunuhan Imam

Dua pria dijatuhi hukuman mati dan seorang lagi hukuman seumur hidup karena membunuh seorang imam yang pro pemerintah di kota Kashgar, China barat, Senin (29/9).

Rakyat Ukraina Timur Gulingkan Patung Lenin

Ribuan demonstran bersorak-sorai dan segera mengambil kepingan-kepingan patung yang berserakan itu sebagai kenang-kenangan. Polisi tidak turun tangan.

Presiden Baru Afghanistan Dilantik

Pelantikan pemimpin baru itu merupakan transisi kekuasaan demokratis damai yang pertama di Afghanistan yang dilanda perang saudara itu.

Syrian Observatory: ISIS Diserang di 2 Provinsi

Syrian Observatory yang berbasis di Inggris mengatakan Senin (29/9) serangan itu diarahkan terhadap tempat-tempat jihadis di Aleppo dan Raga.

Jepang, Korea Utara Bicarakan Penculikan Warga Jepang

Korea Utara telah mengakui penculikan warga Jepang pada 1970-an untuk melatih mata-matanya.

Filipina, AS Adakan Latihan Militer di Laut China Selatan

Latihan bilateral Filipina atau “Phiblex” dirancang untuk menguji kesiapan kedua negara bersekutu itu untuk melayani pertolongan darurat apapun.

Parlemen Libya Lantik Pemerintahan Baru

Pemerintahan Thani berbasis di kota Tobruk setelah milisi Islamis dari kota Misrata merebut ibukota Tripoli dan mendirikan pemerintah dan parlemen tandingan.

Dokter yang Terpapar Ebola Diterbangkan ke AS

Direktur bagian penyakit menular Lembaga Kesehatan Nasional (NIH) mengatakan bahwa pada umumnya, terpapar Ebola belum tentu berarti orangnya akan jatuh sakit.

Obama: AS Remehkan Kebangkitan ISIS

Presiden AS Barack Obama mengatakan badan keamanan AS telah meremehkan dan salah hitung atas kekuatan kelompok ekstremis ISIS.

Bentrokan dalam Demonstrasi di Hong Kong, 26 Luka-luka

Gas air mata tidak mencegah belasan ribu demonstran berkumpul untuk menuntut reformasi demokrasi di Hong Kong dari China.

Sedikitnya 31 Tewas akibat Letusan Gunung Ontake di Jepang

Gunung Ontake, 210 km sebelah barat Tokyo, meletus Sabtu (27/9) siang ketika sedikitnya 250 orang sedang melakukan pendakian dalam cuaca yang cerah.

Serangan Bom Sasar Pemberontak Houthi di Yaman, 15 Tewas

Sebuah bom mobil meledak hari Minggu (28/9) di Yaman, di sebuah rumah sakit yang dikelola pemberontak Houthi.

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook