Kamis, 18 September 2014 Waktu UTC: 15:39

Berita / Dunia

Cendekiawan China Ajukan Pembelaan Diri dalam Sidang

Ilham Tohti, cendekiawan dari etnis minoritas Uighur di China akan membela dirinya sendiri dalam persidangan hari keduanya di kawasan Xinjiang, China, 18 September 2014 (Foto: dok).

18.09.2014
Cendekiawan China Ilham Tohti diperkirakan akan membela dirinya sendiri hari Kamis (18/9) dari tuduhan separatisme, pada hari ke-dua peradilannya di kawasan Xinjiang yang bergolak. Selengkapnya

Konfik di Perbatasan China dan India Terus Berlanjut

Sengketa wilayah yang telah berlangsung lama mengancam akan membayangi kunjungan Xi Jinping di India, yang sebelumnya diperkirakan akan berfokus pada perluasan hubungan ekonomi antara kedua negara kuat Asia itu.

Presiden Ukraina Temui Presiden Obama di Washington

Presiden Ukraina Petro Poroshenko, diperkirakan akan menekan para pejabat Amerika untuk memberikan bantuan militer langsung, di luar 70 juta dolar yang dijanjikan Washington akhir bulan lalu.

Kongres AS Siap Sahkan Rencana untuk Persenjatai Pemberontak Suriah

Hasil voting di DPR Amerika hari Rabu (17/9) menunjukkan 273 suara mendukung berbanding 156 menolak rencana mempersenjatai dan melatih pemberontak moderat di Suriah.

Skotlandia Selenggarakan Referendum Kemerdekaan dari Inggris

Beberapa jajak pendapat umum belakangan ini menunjukkan referendum akan berlangsung ketat, dengan bertambahnya dukungan bagi gerakan pro-kemerdekaan menjadi lebih dari 48 persen dalam beberapa pekan belakangan.

Pemantau Internasional: Pemilu di Fiji Kredibel

Kelompok pemantau multinasional, yang mencakup para pengamat dari 13 negara dan Uni Eropa, menyatakan hasil pemilu hari Rabu (17/9) akan mencerminkan secara luas kehendak rakyat Fiji.

Warga Kolombia Mengaku Bersalah Bunuh Petugas Anti Narkoba AS

Andres Garcia, warga negara Colombia telah menyatakan diri bersalah terlibat dalam pembunuhan petugas Badan Pemberantasan Narkoba (DEA) Amerika James "Terry" Watson di Bogota, tahun lalu.

PBB Akan Terpaksa Kurangi Pangan untuk Pengungsi Suriah

Kekurangan dana bantuan akan berarti lebih banyak warga Suriah yang akan kelaparan pada musim dingin ini dan juga akan kekurangan bahan pokok lain.

Iran Kritik Obama Karena Tak Kirim Pasukan Darat ke Irak

Presiden Hassan Rouhani mempertanyakan apakah mungkin mengalahkan teroris tanpa pengorbanan dan penderitaan.

Laporan Komisi Senat AS Beberkan Kegiatan Peretasan China

Laporan tersebut, yang didasarkan pada penyelidikan satu tahun, menyebut sedikitnya 20 pembobolan yang dinamakan “advanced persistent threat”.

Kontingen Korea Utara untuk Asian Games Disambut Meriah

Upacara penyambutan diadakan di Incheon Kamis (18/9) bagi para anggota kontingen Korea Utara yang berjumlah 273 orang itu.

Pertumbuhan Kekayaan Milyarder Asia Paling Pesat

Meski Asia ada di belakang Eropa dan Amerika Utara dalam hal jumlah total milyarder, namun mereka dari wilayah ini mencatat pertumbuhan kekayaan paling pesat.

Perbudakan Modern Banyak Ditemui di Industri Elektronik Malaysia

Kondisi "kerja paksa" banyak terjadi dalam sektor bernilai US$75 miliar yang merupakan andalan negara yang banyak mengandalkan ekspor tersebut.

Ekonomi Rusia Terhuyung Akibat Sanksi Baru Barat

Sebuah gelombang baru sanksi-sanksi dari Barat menghantam ekonomi Rusia dengan keras.

Australia Gagalkan Rencana Teror, Tahan 15 Orang

Polisi menangkap orang-orang yang diduga militan yang akan menculik warga Australia, membungkusnya dalam bendera ISIS dan memenggalnya.

Australia Hadapi Masalah Sampah di Laut

Studi menunjukkan bahwa sampah yang paling umum ditemukan di lautan adalah plastik akibat pembuangan sampah sembarangan dan ilegal.

Pekerja Medis Perancis Terjangkit Ebola

Pekerja medis perempuan Perancis itu adalah petugas medis asing terbaru yang terjangkit ketika merawat para pasien Ebola di Liberia.

PM Ukraina: Rusia Tak akan Biarkan Ukraina Damai

PM Arseniy Yatsenyuk hari Rabu (17/9) meminta militer Ukraina agar tetap siaga meskipun tercapai gencatan senjata di Ukraina timur.

Presiden India Rampungkan Lawatan ke Vietnam

Presiden India Pranab Mukherjee merampungkan lawatan kenegaraan selama empat hari ke Vietnam hari Rabu (17/9).

Bahan Bangunan ke Gaza Diperkirakan akan Meningkat 4 Kali

Perjanjian rekonstruksi Jalur Gaza yang hancur akibat perang akan segera dilaksanakan dalam beberapa bulan mendatang.

Sudan Selatan Batalkan Perintah Usir Pekerja Asing

Pemerintah Sudan Selatan mengatakan Rabu (17/9), mereka tidak akan mengusir pekerja asing, kontras dengan pernyataan mereka sehari sebelumnya.

Kerry: Tentara AS Tak akan Bertempur di Irak

Menlu AS John Kerry mengatakan tentara Amerika di Irak tidak akan ikut bertempur dalam perjuangan melawan militan ISIS.

Video Gerakan Anti Perang Amerika Mulai Protes Strategi ISIS Obama

Meski tidak akan mengirimkan pasukan ke Irak, strategi Presiden Obama menghadapi ISIS tetap mengundang kontroversi. Sejumlah anggota Kongres dan aktivis anti perang di Amerika hari ini mengadakan konferensi pers, menolak keterlibatan militer Amerika di Irak dan Suriah dalam bentuk apapun.

Serangan atas Sekolah Guru Nigeria, 15 Tewas

Serangan atas sebuah institut pendidikan guru di Nigeria utara menewaskan paling tidak 15 orang hari Rabu (17/9).

Militer AS Jabarkan Rencana Lawan ISIS kepada Obama

Para pemimpin militer AS memberi keterangan kepada Presiden Barack Obama tentang "rincian operasional" mereka melawan militan Negara Islam atau ISIS.

India, China Tandatangani 3 Kesepakatan Perdagangan

India dan China menandatangani tiga kesepakatan perdagangan Rabu (17/9), yang bertujuan untuk meningkatkan investasi China di negara bagian Gujarat, India.

Jajak Pendapat: Referendum Kemerdekaan Skotlandia Gagal

Hasil survei menunjukkan sebanyak 52 persen warga Skotlandia diperkirakan akan menolak upaya memisahkan diri dari pemerintah Inggris.

Cendekiawan Uighur Tolak Tuduhan Separatisme

Seorang akademisi terkemuka etnis Uighur, China, telah menolak tuduhan-tuduhan pada pembukaan sidang kasus separatisme, hari Rabu (17/9).

Galeri Foto China Adili Cendekiawan Uighur Atas Tuduhan Separatisme

Ilham Tohti ditangkap bulan Januari dan kemudian dituduh mendorong terorisme dan separatisme dalam kuliah, tulisan, dan pernyataannya kepada media asing di China.

Pertempuran di Ukraina Timur Tewaskan 2 Warga Sipil

Korban warga sipil di Donetsk, Ukraina Timur, terus bertambah, meskipun telah tercapai kesepakatan gencatan senjata.

Presiden China Awali Kunjungan Kenegaraan Pertama ke India

Presiden China Xi Jinping tiba di Ahmedabad, Gujarat, negara bagian di bagian barat India, yang merupakan kota kampung halaman Perdana Menteri India Narendra Modi, hari Rabu (17/9).

Pengadilan Bangladesh Ubah Hukuman Mati Tokoh Islamis

Vonis yang dijatuhkan tahun lalu terhadap Delwar Hossain Sayedee, seorang tokoh partai Jamaat-e-Islami, memicu protes dan kerusuhan berminggu-minggu yang menewaskan lebih dari 100 orang.

China Adili Cendekiawan Uighur Atas Tuduhan Separatisme

Ilham Tohti ditangkap bulan Januari dan kemudian dituduh mendorong terorisme dan separatisme dalam kuliah, tulisan, dan pernyataannya kepada media asing di China.

Obama akan Terima Penjelasan Soal Rencana Operasi Militer Hadapi ISIS

Presiden Obama akan bertemu dengan Jenderal Lloyd Austin, kepala Komando Sentral AS, untuk membicarakan upaya untuk membangun koalisi internasional dalam melawan kelompok Negara Islam (ISIS).

Aktivis: China Bukan Negara yang Diatur Hukum

Aktivis mengatakan pemerintah Beijing mengklaim mengusahakan kestabilan di negara itu untuk mempertahankan kediktatoran Partai Komunis.”

Ukraina Perkuat Hubungan dengan Eropa Barat

Ukraina meratifikasi persetujuan dengan Uni Eropa untuk menurunkan bea impor antara Ukraina dan Barat dan mengharuskan Ukraina memenuhi standard peraturan Eropa.

PBB: Israel, Palestina Capai Persetujuan Pembangunan Kembali

Koordinator Proses Perdamaian Timur Tengah mengatakan mekanisme pembangunan kembali yang baru adalah langkah penting dalam memberi harapan bagi rakyat Gaza.

Ban Ki-moon: PBB Pimpin Usaha Berantas Ebola

Ban dan Direktur WHO Margaret Chan akan memberi garis besar rencana internasional Kamis dalam rapat darurat Dewan Keamanan PBB.

Moskow Berusaha Tenangkan Rakyat Setelah Nilai Rubel Anjlok

Mata uang nasional Rusia itu anjlok karena para penanam modal khawatir akan dampak sanksi Barat yang bertujuan menghukum Moskow atas peranannya dalam krisis Ukraina.

Rakyat Fiji Ikuti Pemilu Pertama Sejak 2006

Banyak pemilih mengatakan mereka gembira dapat memilih dalam pemilu yang menurut pemerintah akan dapat membantu memulihkan demokrasi di Fiji.

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook