Minggu, 07 Februari 2016 Waktu: 08:17

    Berita / Dunia

    Gempa 6,4 SR Guncang Taiwan Selatan, Sedikitnya 11 Tewas

    Regu penyelamat berupaya menyelamatkan para korban di sebuah gedung perkantoran yang ambruk saat gempa mengguncang kota Tainan, Taiwan selatan (6/2).

    06.02.2016
    Geological Survey Amerika mengatakan pusat gempa yang berkekuatan 6,4 SR itu kira-kira 40 kilometer sebelah barat daya Tainan, sebuah kota yang berpenduduk hampir dua juta orang. Selengkapnya

    Pasukan Afghanistan dan Pesawat Tak-Berawak AS Tewaskan 28 ISIS

    Kepala daerah Achin mengatakan 16 militan ISIS tewas ketika misil yang ditembakkan oleh pesawat tak berawak Amerika mengenai sebuah kendaraan dan pertemuan kelompok itu di daerah Achin dan Batikot provinsi Nangarhar.

    AS, China Sependapat Percobaan Misil Korut Provokatif

    Korea Utara baru-baru ini mengumumkan rencana peluncuran roket, setelah apa yang disebut Pyongyang percobaan yang berhasil bom hydrogen bulan Januari.

    AS, China, Afghanistan, dan Pakistan Bahas Proses Perdamaian Afghanistan-Taliban

    Kelompok Koordinasi Quadrilateral telah mengadakan pertemuan dua kali sebelumnya di Islamabad dan Kabul, tetapi tidak ada perkembangan yang berarti dilaporkan dalam pertemuan tersebut.

    Virus Hidup Zika Ditemukan dalam Sampel Ludah dan Air Seni

    Organisasi Kesehatan Dunia menganjurkan kepada para pejabat agar jangan menerima sumbangan darah dari orang yang baru-baru ini pulang dari negara-negara yang ketularan virus Zika.

    Kerry: Beberapa Hari ke Depan Tentukan Nasib Perdamaian Suriah

    Menlu AS John Kerry mengatakan beberapa hari ke depan akan menentukan nasib pemberlakuan gencatan senjata dan rencana transisi politik di Suriah.

    Twitter Tutup 125.000 Akun Terkait Terorisme

    Sebagian besar pemilik dari akun yang ditutup itu berafiliasi atau mendukung kelompok teror ISIS.

    Gempa Landa Taiwan, Sedikitnya 5 Tewas

    Gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang Taiwan di dekat kota Tainan yang berpenduduk hampir 2 juta orang Sabtu (6/2) dinihari.

    Sampel Virus Zika Ditemukan dalam Sampel Ludah dan Kencing

    Pejabat kesehatan Brazil mengatakan, mereka menemukan sampel virus Zika dalam sampel ludah dan kencing.

    Paus Fransiskus, Patriark Kirill Bertemu Pekan Depan

    Paus Fransiskus, kepala Gereja Katolik Roma, minggu depan bertemu dengan Patriark Kirill, kepala Gereja Ortodoks Rusia. Ini merupakan pertemuan pertama dalam sejarah antara pemimpin kedua gereja itu.

    Kewirausahaan dan Keamanan Isu Utama KTT ASEAN-AS

    Presiden Joko Widodo akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-AS di California, Amerika Serikat, pertengahan Februari 2016 ini.

    Zimbabwe Deklarasikan Bencana Kekurangan Pangan

    Menteri Pekerjaan Umum Saviour Kasukuwere menyatakan indikasi awal menunjukkan 2,44 juta orang mengalami krisis pangan, termasuk semua (60) distrik pedesaan Zimbabwe.

    Oposisi Pantai Gading: Presiden Lindungi Para Pendukung dari Penuntutan ICC 

    Pendahulu Ouattara, Laurent Gbagbo dan mantan menteri pemudanya Charles Ble Goude, saat ini sedang diadili ICC atas peran mereka dalam kekerasan pasca-pemilu 2010 yang menghancurkan negara itu

    Restoran-restoran Australia Tawarkan Pelatihan bagi Pengungsi Suriah

    Industri restoran Australia menawarkan diri untuk membantu melatih para pengungsi Suriah. Tahun lalu, Pemerintah di Canberra mengatakan akan menerima 12.000 orang yang melarikan diri untuk menghindari konflik di Suriah.

    Pangkalan PBB di Mali Utara Diserang Sekawanan Orang Tak Dikenal

    Para saksi mendengar setidaknya satu ledakan diikuti oleh tembakan dekat misi stabilisasi PBB yang disebut MINUSMA.

    China Kukuhkan Penangkapan 3 Penjual Buku Hong Kong Yang Hilang

    Dalam surat balasan kepada polisi Hong Kong, penguasa China daratan menyatakan bahwa Lui Por, Cheung Chi Ping dan Lam Wing Kee diduga terlibat dalam kasus Gui Minhai.

    Panel PBB: Julian Assange Ditahan Sewenang-wenang Sejak 2012

    Pendiri WikiLeaks Julian Assange mengatakan ia berencana meninggalkan kedutaan Ekuador di London di mana ia telah berlindung selama hampir empat tahun, namun polisi Inggris mengatakan mereka tetap berkewajiban untuk menangkapnya.

    Mutilasi Kelamin Perempuan Lebih Meluas dari Perkiraan

    Laporan mengatakan, sedikitnya 200 juta anak perempuan dan wanita yang hidup saat ini telah mengalami pemotongan ritual, terutama di tiga negara: Mesir, Ethiopia, dan Indonesia.

    WHO: Orang yang Terpapar Zika Jangan Sumbang Darah

    WHO menasehati petugasnya untuk tidak menerima sumbangan darah dari orang yang baru saja kembali dari wilayah dengan wabah Zika.

    Karnaval Perempuan di Koln Berlangsung Tanpa Insiden

    Pemerintah kota Koln di Jerman mengatakan, pembukaan Karnaval Perempuan berlangsung secara damai sejauh ini.

    Inovasi Surya Sediakan Energi Bersih dan Murah bagi Warga Kenya

    Di Kenya, sebuah perusahaan bernama M-Kopa Solar menyediakan energi bersih bagi lebih dari 300.000 rumah di seluruh Afrika Timur dengan memungkinkan konsumen membayar lewat ponsel.

    Puing Kapal Kuno Ditemukan, Tak Ada Jejak Pesawat MH370

    Sebuah perusahaan Amerika, Phoenix International, akan bergabung dalam pencarian pesawat MH370 minggu depan.

    Obama Dukung Persetujuan Perdamaian Kolombia

    Presiden AS Barack Obama melakukan pembicaraan dengan Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos di Gedung Putih hari Kamis (4/2).

    Jumlah Militan ISIS di Irak dan Suriah Menyusut

    Kelompok teror ISIS kini punya kekuatan di Irak dan Suriah sekitar 19 sampai 25 ribu, turun dari jumlah semula 20 sampai 32 ribu militan.

    Kehadiran Militer AS di Filipina Disambut dengan Reaksi Beragam

    Sebagian orang Filipina yang akan terkena dampak langsung dari keputusan Mahkamah Agung membuka jalan bagi pasukan Amerika singgah di sana, sekarang memberi reaksi beragam.

    Spanyol Temukan Kasus Virus Zika Pertama di Eropa

    Spanyol mengukuhkan Kamis (4/2), seorang perempuan hamil didiagnosa terjangkit virus Zika, kasus pertama di Eropa.

    Tunisia Cabut Jam Malam

    Tunisia mengatakan akan mencabut jam malam yang diberlakukan di seluruh negara itu bulan lalu di tengah kerusuhan sosial terburuk sejak revolusi tahun 2011 di negara tersebut.

    Dua Warga Israel Divonis karena Membunuh Remaja Palestina

    Sebuah pengadilan Israel telah memvonis dua warga Israel, yang satunya dengan hukuman penjara seumur hidup dan yang lainnya dengan penjara 21 tahun, karena membunuh seorang remaja Palestina tahun 2014, kejahatan yang memicu Perang Gaza akhir tahun itu.

    Rezim Assad Alami Kemajuan di Suriah Utara

    Perang saudara Suriah tampaknya telah memasuki babak baru yang berbahaya bagi pemberontak yang berjuang untuk menyingkirkan Presiden Bashar al-Assad.

    Kepala Dinas Intelijen Pakistan dan Afghanistan Adakan Pembicaraan

    Kepala dinas mata-mata Afghanistan mengunjungi Pakistan hari Kamis (4/2) untuk melakukan pembicaraan bilateral dengan sejawatnya dari Pakistan mengenai upaya membangun sikap saling percaya agar dapat berbagi data intelijen dan kerjasama kontraterorisme yang efektif.

    Para Pemimpin Janjikan Bantuan Miliaran Dolar untuk Pengungsi Suriah

    Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry telah menjanjikan hampir 1 miliar dolar bantuan baru Amerika untuk pengungsi Suriah pada suatu konferensi donor internasional.

    Pihak Berwenang Jerman Lakukan Penangkapan Jelang Karnaval

    Berbagai laporan menyebutkan kedua tersangka ditangkap hari Kamis (4/2) di ibukota, Berlin, dan di sebuah rumah pengungsi di kota Attendorn, di bagian barat Jerman.

    Para Menteri Kesehatan Amerika Selatan Dukung Penyuluhan Virus Zika

    Ke-14 pejabat Amerika Selatan mengadakan pertemuan darurat di Montevideo, Uruguay, hari Rabu (3/2). Di antaranya adalah pejabat dari Brazil, yang paling parah terimbas virus tersebut.

    Menteri Perdagangan 12 Negara Tandatangani Kemitraan Trans Pasifik

    Sebagian penentang menyatakan TPP akan merugikan lapangan kerja Amerika dan menyebabkan produk-produk asing membanjiri Amerika.

    Provokasi Nuklir Korut Paksa Kawasan Tentukan Pilihan Sulit

    Pyongyang bersikeras bahwa rencana peluncuran roket itu merupakan bagian dari program antariksanya yang damai.

    Assange Bersedia Serahkan Diri Jika Diputuskan Bersalah oleh PBB

    Julian Assange selama ini tinggal di Kedutaan Besar Ekuador di London sejak 2012 untuk menghindari ekstradisi ke Swedia, di mana ia dicari untuk ditanyai mengenai tuduhan pemerkosaan.

    Mortir ISIS Tewaskan Penasihat Rusia di Suriah

    Seorang penasihat militer Rusia di Suriah dilaporkan tewas oleh tembakan mortir ISIS, merupakan tentara ketiga Rusia yang tewas di sana.

    Pentagon Akui Kirim Ratusan Pasukan Tambahan ke Irak

    Pentagon mengakui, pasukan Amerika yang bertugas di Irak, ratusan lebih banyak dari sebelumnya diumumkannya, demikian kata pejabat AS, Rabu (3/2).

    AS Masih Pertimbangkan Respon terhadap Korut

    Kongres AS menjatuhkan sanksi tambahan terhadap Korea Utara setelah negara itu mengatakan melakukan ujicoba bom hidrogen yang sukses bulan lalu.

    PBB Putuskan Tunda Perundingan Suriah di Jenewa

    PBB hari Rabu (3/2) menghentikan pembicaraan perdamaian yang diliputi perpecahan di Jenewa sampai akhir Februari.

    Ikuti Kami