Kamis, 03 September 2015 Waktu: 04:45

Berita / Dunia

Ribuan Migran Terlantar di Stasiun Kereta Budapest, Hungaria

Para migran dari Suriah dan Afghanistan menuntut agar mereka bisa melakukan perjalanan ke Jerman dalam protes di luar stasiun kereta di Budapest, Hungaria Rabu (2/9).

02.09.2015
Pihak berwenang di Hungaria tidak lagi mengizinkan para migran untuk melakukan perjalanan ke Austria dan Jerman tanpa memiliki visa dari Uni Eropa. Selengkapnya

Mantan Pemimpin Pemberontak Kongo Mengaku Tak Bersalah di ICC

Bosco Ntaganda mengaku tidak bersalah pada hari pertama pengadilan di Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) di Den Haag, hari Rabu (2/9).

Thailand Kukuhkan Sidik Jari Tersangka Pemboman Kuil Erawan

Tim forensik kepolisian Thailand memastikan bahwa sidik jari seorang pria yang ditangkap sama dengan sidik jari yang ditemukan pada sebuah botol yang berisi bahan peledak.

18 Pekerja Kurdi Diculik di Baghdad

Orang-orang bersenjata berseragam militer menculik para pekerja perusahaan konstruksi Nurol Insaat, pukul tiga pagi waktu setempat setelah membobol pintu-pintu dan merebut senjata dari para penjaga.

Kereta Eurostar Hentikan Layanan Beberapa Jam

Kereta-kereta itu dihentikan menjelang masuk Eurotunnel, terowongan yang sering disebut juga Chunnel, setelah para pejabat Eropa mengingatkan bahwa sejumlah migran kemungkinan berada dalam terowongan itu.

HRW: Pemberontak Houthi dan Pasukan Pro-Hadi Aniaya Tahanan di Aden

HRW mengatakan pasukan pro-Hadi menahan 255 pemberontak Houthi di berbagai fasilitas di Aden, dan telah mengeksekusi sedikitnya tujuh tahanan sejak Maret.

ICC Adili Mantan Pemimpin Pemberontak Kongo

Bosco Ntaganda menjadi buronan selama tujuh tahun sejak dakwaan terhadap dirinya diajukan secara resmi pada 2006. Ia menyerahkan diri di Kedubes AS di Kigali, Rwanda, pada tahun 2013.

China Pinjamkan $5 Milyar pada Venezuela

Presiden Nicolas Maduro mengatakan Venezuela telah menerima uang tersebut dari China, yang akan dibayar kembali dalam bentuk pengiriman minyak.

Korea Utara Bantah Minta Maaf kepada Korea Selatan

Pyongyang menyangkal ucapan penyesalan baru-baru ini adalah permintaan maaf atas ledakan ranjau yang melukai dua tentara Korea Selatan.

2 Tersangka Pemboman di Bangkok Diinterogasi

Kedua tersangka sedang diinterogasi oleh militer dan belum dikenakan tuduhan.

Pemimpin Demo Mahasiswa Hong Kong Akan Diadili

Wong mengaku tidak bersalah atas tuduhan menghasut dan berpartisipasi dalam kumpulan ilegal di pengadilan hari Rabu (2/9).

PM Malaysia Terus Lawan Seruan untuk Mundur

Protes-protes pada akhir pekan lalu, yang menyerukan pengunduran diri Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, dihadiri sampai 200 ribu orang di Kuala Lumpur.

Lawan Penggusuran, Petani Vietnam Disambut Bak Pahlawan

Petani Vuon dan sebagian anggota keluarganya dihukum penjara pada tahun 2013 atas tuduhan percobaan membunuh tim penggusuran tanah negara.

Seorang Tentara Turki Tewas, Satu Lagi Hilang dalam Perang Lawan ISIS

Turki setuju untuk mengambil peran lebih aktif dalam menggempur kelompok radikal ISIS sejak bulan Juli lalu.

IOM: Lebih dari 350.000 Migran Lintasi Laut Tengah Tahun Ini

Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) mengatakan, lebih dari 350.000 migran telah melakukan perjalanan berbahaya melintasi Laut Tengah tahun ini.

Hungaria Tutup Stasiun KA, Hentikan Arus Migran

Pemerintah Hungaria menutup stasiun kereta api utama di Budapest hari Selasa (1/9), sehingga menyebabkan ratusan migran terlantar.

China Perketat Aturan Iklan Rokok

Di negara yang 300 juta penduduknya perokok, penegakan peraturan baru ini bertujuan untuk mengekang kebiasaan dan mengurangi risiko kesehatan akibat asap rokok.

Azerbaijan Vonis Wartawan Kasus Korupsi Hukuman Penjara 7,5 Tahun

Peraih penghargaan wartawan investigasi, Khadijah Ismayilova menolak persidangan yang ia katakan sebagai 'penipuan' yang dimaksudkan untuk membungkamnya.

Militan Al-Shabab Serang Pangkalan AMISOM, 19 Tentara Tewas

Militan al-Shabab mengatakan mereka membunuh 'puluhan' tentara dalam serangan pada pangkalan militer di Jannaale, sekitar 120 kilometer selatan ibukota, Mogadishu.

Malala: Perempuan Perlu Tampil ke Depan

Malala Yousafzai mengatakan bahwa dunia akan menjadi tempat yang lebih baik jika ada lebih banyak pemimpin perempuan.

PBB Kukuhkan Peledakan Bangunan Kuno Bersejarah oleh ISIS di Suriah

Sebuah badan PBB mempublikasi gambar-gambar tempat ibadah Bel yang dipotret tanggal 27 Agustus dan tempat yang sama dipotret hari Senin – sehari setelah para pengamat Suriah mengatakan tempat ibadah kuno itu telah dihancurkan.

2 Wartawan Inggris dan Penerjemah Mereka Ditahan di Turki

Sumber-sumber keamanan mengatakan wartawan Jake Hanrahan dan juru kamera Philip Pendlebury ditangkap hari Jumat karena mengirim laporan tanpa surat izin dari pemerintah.

Ledakan Terjadi Lagi di China, 1 Tewas

Kasus terbaru menyusul beberapa ledakan maut di gudang ini telah menimbulkan pertanyaan mengenai peraturan keselamatan yang memadai.

Diserang Al-Shabab di Somalia, Pasukan Uni Afrika Tetap Bertahan

Situs pro-Shabab mengklaim puluhan tentara AMISOM tewas, tetapi belum ada pengukuhan korban.

Pengadilan Thailand Bebaskan 2 Wartawan dari Tuduhan Pencemaran Nama Baik

Dua wartawan dibebaskan dari tuduhan mencemarkan nama baik para pejabat angkatan laut Thailand dengan mengaitkan mereka dengan kejahatan perdagangan manusia.

Badan Keamanan Kolombia Sadap Komunikasi di Dalam Negeri

Sebuah organisasi advokasi berbasis di London mempertanyakan jangkauan teknologi penyadapan seperti yang digunakan polisi dan badan-badan keamanan negara Kolombia.

3 Warga Mozambik Dinyatakan Bersalah Cemarkan Nama Baik di Facebook

Seorang hakim di Mozambik menetapkan dua wartawan dan seorang akademisi bersalah melakukan pencemaran nama baik di Facebook.

Pengadilan Turki Tuduh 2 Wartawan Inggris Bantu Organisasi Teroris

Sebuah pengadilan Turki telah menuduh dua wartawan Vice News dan asisten mereka “membantu organisasi teroris''.

Presiden Ukraina Kecam Demonstrasi Rusuh Anti UU Otonomi

Presiden Ukraina Petro Poroshenko Senin (31/8) malam mengatakan protes di luar parlemen di Kyiv yang berakhir dengan kekerasan adalah "tindakan anti-Ukraina".

Presiden Myanmar Setujui UU yang Dianggap Anti-Muslim

Rancangan undang-undang ini menerapkan hukuman bagi orang-orang yang punya lebih dari satu istri atau hidup dengan pasangan yang bukan suami atau istrinya.

China Tangkap Penyebar Desas-Desus Penyimpangan Bursa Saham

Pihak berwajib di China menangkap hampir 200 orang hari Sabtu dan Minggu (30/8) terkait penyebaran desas-desus online tentang penyimpangan bursa saham.

Jerman Serukan Negara-negara Eropa Berbagi Tampung Migran

Kanselir Jerman Angela Merkel menyerukan negara-negara lain di Eropa agar berbuat lebih banyak guna berbagi beban dalam menampung ribuan migran.

Capres Terkuat Argentina Bantah Dirinya 'Boneka' Cristina Fernandez

Calon presiden terkuat Argentina, Daniel Scioli menolak klaim bahwa ia tidak akan lepas dari pengaruh presiden yang akan ia gantikan, Cristina Fernandez.

Petugas Keamanan Ukraina Tewas dalam Demo Rusuh di Kyiv

Protes menentang otonomi lebih besar bagi kawasan pemberontak di Ukraina timur di luar parlemen Ukraina di Kyiv itu berubah menjadi rusuh hari Senin (31/8).

Pemerintah AS Siapkan Sanksi atas Peretasan oleh China

Pemerintah AS dilaporkan sedang mempersiapkan sanksi terhadap individu dan perusahaan China yang memperoleh keuntungan dari pencurian rahasia dagang lewat peretasan.

Presiden Sudan Berkunjung ke China

Presiden Omar al-Bashir memulai kunjungan empat hari ke China Senin atas undangan pemerintah China untuk menghadiri perayaan kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II.

Thailand Buru 2 Tersangka Baru Terkait Bom Bangkok

Sebuah foto wanita mengenakan jilbab, yang diidentifikasi sebagai Wanna Suansan, dan sketsa tersangka pria yang tidak disebutkan namanya, tampil dalam siaran khusus di semua saluran televisi Thailand pada siang hari.

PM Malaysia Bersumpah Tidak Akan Mundur dari Jabatan

Perdana Menteri Najib Razak telah bersumpah tidak akan mundur dari jabatannya dan menegur para demonstran karena "berpikiran dangkal dan semangat nasionalnya buruk."

2 Mata-mata Dihukum 10 Tahun Penjara di Iran

Seorang juru bicara pengadilan mengatakan kedua mata-mata itu berasal dari Amerika dan Israel.

Angin Topan di Kanada, Ribuan Warga Terkena Listrik Padam

Angin topan memporak-porandakan British Columbia barat daya, Kanada, merobohkan pohon-pohon dan tiang listrik sehingga membuat lebih dari 500 ribu orang hidup tanpa listrik.

Ikuti Kami