Selasa, 22 Juli 2014 Waktu UTC: 11:20

Berita / Dunia

Ribuan Mengungsi di Nigeria karena Ancaman Boko Haram

Warga berkumpul di lokasi ledakan bom mobil di sebuah pasar di pusat kota Maiduguri, Nigeria. (Foto: Dok)

22.07.2014
Seorang juru bicara Badan Pengelolaan Keadaan Darurat Nasional mengatakan kaum sipil melarikan diri dari kota Damboa dan dari desa-desa sekitarnya dalam beberapa hari ini. Selengkapnya

Pembom Bunuh Diri Tewaskan 4 Orang Asing di Kabul

Taliban telah mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, dengan mengatakan 15 “tentara penyerbu” tewas dan banyak kendaraan rusak.

Sekjen PBB, Menlu AS Lanjutkan Pertemuan dengan Pejabat Timur Tengah

Ban dan Kerry masing-masing dijadwalkan untuk mengadakan pembicaraan dengan para pejabat Mesir di Kairo Selasa.

Video Jualan Kue Lebaran di Amerika (2)

Cak Supri dan Ning Nadia masih ngobrol bareng Adiwi Ayundari, pengusaha catering yang sedang sibuk menerima pesanan kue kering menjelang Lebaran. Simak juga liputan dari Virginia tentang iftar lintas agama di ADAMS Center.

Video Jualan Kue Lebaran di Amerika (1)

Cak Supri dan Ning Nadia untuk Warung VOA edisi Ramadan kali ini mengajak Anda mampir ke dapur kue kering milik Adiwi Ayundari di negara bagian Maryland. Adiwi, pengusaha kue kering berbagi rahasia aktivitas dapurnya dalam menyambut Lebaran tahun ini.

Malaysia Airlines Ubah Rute ke Atas Suriah

Ada perubahan dalam rute Malaysia Airlines penerbangan MH4, yang terbang dari Kuala Lumpur ke London, yaitu melintasi Suriah.

Cara Kerja 'Iron Dome' Milik Israel

Menurut ahli, Israel menembakkan sistem yang sangat mahal untuk mencegat ancaman yang sangat murah.

Obama Desak Rusia Buka Akses ke Lokasi Kecelakaan MH17

Presiden Barack Obama hari Senin (21/7) menyerukan Rusia agar menggunakan pengaruhnya atas kelompok separatis pro-Rusia di Ukraina timur.

Para Pemimpin Politik Kamboja akan Berunding

PM Kamboja Hun Sen dan pemimpin oposisi Sam Rainsy sepakat untuk berunding hari Selasa (22/7) untuk meredakan ketegangan politik di sana.

Uni Eropa Perpanjang Penundaan Sanksi Nuklir Iran

Hari Senin (21/7) Uni Eropa memperpanjang penundaan sanksi-sanksi itu hingga 24 November mendatang.

Kedutaan AS Minta Maaf kepada Presiden Ghana

Kedutaan AS meminta maaf setelah seorang stafnya mengecam Presiden Ghana John Mahama dalam sebuah pesan twitter.

Video Ramadan dan Gedung Putih

Acara buka puasa tahunan di Gedung Putih diwarnai seruan boikot, sebagai bentuk protes kebijakan pemerintahan Obama terhadap konflik di Gaza. Selengkapnya ikuti liputan tim VOA dari Washington D.C berikut ini.

Sekjen PBB, Menlu AS Upayakan Gencatan Senjata di Gaza

Sekjen PBB dan Menlu AS menuju ke Kairo dalam upaya baru untuk menengahi gencatan senjata antara Israel dan militan Hamas di Gaza.

Komunitas Agama Compassion di AS Bantu Mualaf Mengenal Islam

Organisasi komunitas agama "Compassion" di AS berperan membantu proses pengenalan dan pemahaman terhadap agama Islam bagi para mualaf.

3 Tewas dalam Pertempuran di Ukraina Timur

Pertempuran pecah hari Senin (21/7) di dekat stasiun kereta api dan bandara di pinggiran kota Donetsk di Ukraina timur.

Bom Bunuh Diri Tewaskan 2 Orang di Afghanistan

Serangan bom bunuh diri menyasar sebuah konvoi polisi di provinsi Helmand, Afghanistan selatan hari Senin (21/7).

Video Kilas VOA 22 Juli 2014

Menlu AS dan Sekjen PBB berkunjung ke Mesir mengupayakan gencatan senjata di Jalur Gaza. Separatis pro-Rusia didesak memberi akses internasional ke lokasi ditembak jatuhnya pesawat MH-17. Konferensi AIDS Internasional di Melbourne, Australia. Lomba balap bekicot internasional di Inggris.

Ukraina Tawarkan Belanda Pimpin Investigasi Pesawat MH17

PM Ukraina Arseniy Yatsenyuk Senin (21/7) menawarkan untuk menyerahkan kepemimpinan penyelidikan jatuhnya pesawat MH17 kepada Belanda,

Video Ramadan di Kampus Amerika (1)

Cak Supri dan Ning Nadia untuk Warung VOA edisi Ramadan kali ini berbincang dengan Nurhaya Muchtar, dosen Indiana University of Pennsylvania seputar suasana Ramadan di Amerika.

Video Makanan dan Jajanan Halal di AS

Makanan halal, makin mudah ditemukan di AS, setidaknya di kota-kota besar. Selain toko dan restoran halal, bahkan telah banyak bermunculan food truck khusus menu halal. Selengkapnya dilaporkan Patsy Widakuswara dan Tim VOA di Washington DC.

Presiden Filipina Kemungkinan Hadapi Upaya Pemakzulan

Keluhan yang diajukan ke DPR Filipina menuduh Aquino melanggar konstitusi dan mengkhianati kepercayaan masyarakat dengan mendanai proyek-proyek di luar anggaran tahunan yang disetujui Kongres.

Presiden China Janjikan Hubungan Kokoh dengan Venezuela

Dalam kunjungan di Venezuela, kedua belah pihak akan menandatangani serangkaian kesepakatan kerja sama keuangan, pembangunan infrastruktur, pertanian dan teknologi tinggi.

Konferensi AIDS Sedunia Berlangsung di Australia

Presiden Masyarakat AIDS Internasional, Francoise Barre-Sinoussi, meminta hadirin untuk mengheningkan cipta pada upacara pembukaan Minggu malam (20/7) untuk menghormati enam delegasi yang berada dalam pesawat MH17.

Video Muslim AS Gunakan Ramadan Perkenalkan Islam

Memasuki minggu terakhir bulan Ramadan, Muslim AS giat menggunakan kesempatan Ramadan untuk menyebarkan syiar Islam sekaligus memperkenalkan wajah Islam yang damai kepada warga Amerika umumnya. Selengkapnya ikuti penjelasan Patsy Widakuswara dan Supri Yono dalam Apa Kabar Amerika berikut ini.

Korban Tewas Palestina di Gaza Capai 508

Upaya-upaya gencatan senjata baru oleh Sekjen PBB Ban Ki-moon dan Menlu AS John Kerry menyusul pertempuran paling mematikan sejak pertempuran muncul pada 8 Juli.

Libya Dilanda Konflik Terparah Sejak 2011

Ribuan orang telah mengungsi, sementara kedua kelompok bersenjata itu saling serang dengan senapan, meriam anti-pesawat dan roket.

PBB: Iran Musnahkan Materi Nuklir Sensitif

Iran memiliki lebih dari 200 kilogram uranium level 20 persen sebelum kesepakatan awal tercapai, yang hampir cukup untuk membuat satu hulu ledak nuklir.

PBB Mungkin Adakan Pemungutan Suara untuk Resolusi Insiden Pesawat Ukraina

Usul resolusi itu menuntut separatis pro-Rusia agar membuka akses ke lokasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines dan kerjasama penuh semua negara di kawasan itu, termasuk Rusia.

DK PBB Minta Gencatan Senjata Segera di Gaza

Dewan Keamanan PBB menegaskan perlunya memperbaiki situasi kemanusiaan di sana, termasuk melindungi warga sipil.

Sentimen Anti-Rusia Merebak di Malaysia

Sebagian besar kemarahan warga Malaysia terhadap Rusia karena para anggota keluarga penumpang yang Muslim tidak dapat melakukan upacara pemakaman secepat mungkin.

Maskapai Malaysia Airlines Diragukan Mampu Bertahan

Maskapai penerbangan pemerintah Malaysia, Malaysia Airlines, diragukan bisa bertahan lebih lama setelah mengalami dua insiden berturut-turut.

Video Iftar Mualaf di Amerika

Organisasi komunitas agama "Compassion" di AS berperan membantu proses pengenalan dan pemahaman terhadap agama Islam bagi para mualaf. Beranggotakan sekitar 30 keluarga di Washington DC, kelompok ini mengadakan acara buka puasa bersama sambil mendengarkan ceramah.

Tunisia Tutup Masjid dan Media Radikal

Selain menutup beberapa masjid radikal, pemerintah Tunisia juga menutup stasiun televisi dan radio liar yang menyerukan jihad.

PM Irak Kecam ISIS yang Sasar Warga Kristen

PM Nouri Al Maliki mengutuk kelompok militan Islam Irak-Suriah (ISIS) yang menarget warga Kristen di wilayah yang dikuasainya.

Nikaragua Peringati 35 Tahun Revolusi Sandinista

Presiden Nikaragua Daniel Ortega merayakan peringatan revolusi yang telah membantunya ke tampuk pimpinan negara itu 35 tahun lalu.

Pemberontak Ukraina Temukan Kotak Hitam Pesawat MH17

Pemberontak pro-Rusia telah menemukan kotak hitam berisi data penerbangan penting dari jet penumpang Malaysia Airlines yang ditembak jatuh di daerah pertanian di Ukraina timur.

Jumlah Korban Tewas di Gaza Meningkat

Palestina melaporkan kenaikan jumlah korban tewas selama serangan darat dan udara Israel terhadap Hamas di Jalur Gaza.

4 Tewas dalam Pertempuran di Bandara Tripoli, Libya

Pertempuran hebat antara milisi Zintan dan pejuang Islamis di sekitar bandara di ibukota Libya Tripoli, menewaskan sedikitnya empat orang hari Minggu (20/7).

Topan Tewaskan 17 orang di China

Angin kencang dan hujan lebat yang menyertai Topan Rammasun terus menimbulkan kerusakan, menewaskan 17 orang di China setelah menewaskan hampir 100 orang di Filipina.

Kerry Tuding Hamas Bersalah atas Berlanjutnya Konflik Gaza dengan Israel

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry menyalahkan Hamas atas berlanjutnya pertempuran di Jalur Gaza, di mana serangan-serangan Israel menewaskan sedikitnya 60 orang Palestina lagi hari Minggu.

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook