Rabu, 01 April 2015 Waktu: 03:45

Berita / Iptek / Sains

Inggris Akan Izinkan Bayi Tabung dari DNA 3 Orang

Materi genetis manusia di laboratorium.

04.02.2015
Teknik ini dikenal sebagai fertilisasi in-vitro 'tiga orangtua' karena bayi-bayi yang dilahirkan akan mendapatkan DNA mereka dari seorang ibu, seorang ayah dan dari donor perempuan. Selengkapnya

Studi: Vaksin Ebola Tak Seampuh yang Diharapkan

Studi itu menemukan bahwa respon-respon imunitas yang lebih rendah beberapa kali lipat pada manusia dibandingkan dengan yang terlihat dalam penelitian-penelitian terhadap monyet.

5 Misi Antariksa Baru NASA Amati Bumi

Instrumen-instrumen yang naik ke orbit dalam setahun terakhir fokus pada sistem-sistem pendukung kehidupan yang vital di Bumi dan respon mereka terhadap suhu planet yang memanas.

Ahli Astronomi Temukan Bintang Tertua yang Pernah Diketahui

Bintang itu mengorbiti lima planet, dengan ukuran yang dapat dibandingkan dengan Merkurius dan Venus, namun para ilmuwan mengatakan bintang itu terlalu dekat mataharinya untuk dapat ditinggali.

Genom Ikan Paus Kepala Busur Berisi Rahasia Umur Panjang

Para ahli sedang menyelidiki mengapa ikan paus jenis ini dapat hidup sampai 200 tahun dan terlindung dari penyakit terkait kanker seperti kanker.

Wahana Antariksa Inggris Yang Lama Hilang Ditemukan di Mars

Badan Antariksa Eropa mengatakan roket wahana antariksa buatan Inggris yang menghilang di Mars lebih dari satu dekade lalu telah ditemukan.

Meningkatkan Minat Anak Perempuan pada Sains Lewat Mainan

Dilaporkan hanya ada 25 persen perempuan yang mempelajari sains. Salah satu cara untuk menumbuhkan ketertarikan anak perempuan pada sains adalah lewat mainan.

Fusi Nuklir Diharap Bisa Sediakan Energi Murah Masa Depan

Ilmuwan di Amerika dan Eropa sedang bereksperimen dengan dua jenis reaktor fusi nuklir yang diharapkan bisa menyediakan energi yang murah dan berlimpah dan akhirnya melepaskan ketergantungan dunia pada bahan bakar fosil.

Ilmuwan Kanada Berhasil Uji Coba Partikel Penghasil Listrik

CQD (colloidal quantum dots) dapat menghasilkan sel surya yang ringan dan fleksibel yang dapat dililitkan ke benda-benda besar, termasuk yang permukaannya tidak teratur.

Ilmuwan Jepang Mundur dari Penelitian karena Manipulasi

Ilmuwan perempuan Jepang, Haruko Obokata (31 tahun), mengundurkan diri dari tempatnya bekerja, setelah diduga melakukan manipulasi dalam penelitian sel induk, meski ia belum mengakuinya.

Penjelajah NASA Temukan Senyawa Organik, Gas Metana di Mars

Studi-studi tambahan diperlukan untuk menentukan apakah senyawa-senyawa organik dan/atau gas metana yang diproduksi dalam kehidupan sebelumnya atau sekarang di Mars.

Dinosaurus Amerika Terakhir Dihidupkan Kembali di Museum Smithsonian

Museum Sejarah Alam Smithsonian mempertunjukkan Ruang Fosil Nasional baru yang akan menampilkan pameran "The Last American Dinosaurs: Discovering a Lost World" yang recananya dibuka untuk umum pada tahun 2019.

Galeri Foto Uji Coba Pesawat Antariksa Orion Berhasil Gemilang

Sebuah pesawat ruang angkasa baru yang dimaksudkan untuk membawa para astronot Amerika kembali ke bulan dan tempat-tempat yang lebih jauh lagi telah kembali dari uji terbang, mencebur di Samudera Pasifik di lepas pantai Baja, California.

Uji Coba Pesawat Ruang Angkasa AS Berhasil

Sebuah pesawat ruang angkasa baru yang dimaksudkan untuk membawa para astronot Amerika kembali ke bulan dan tempat-tempat yang lebih jauh lagi telah kembali dari uji terbang, mencebur di Samudera Pasifik di lepas pantai Baja California.

Pesawat Ruang Angkasa Baru Amerika Uji Terbang

Sebuah pesawat ruang angkasa baru yang dimaksudkan untuk membawa para astronot Amerika kembali ke bulan telah diluncurkan dalam suatu uji terbang.

'Semut Trotoar' Bernafsu Makan Tinggi

"Semut Trotoar" bisa digunakan untuk menghemat uang milyaran dollar yang dihabiskan untuk membersihkan sampah di perkotaan karena mereka suka memakan sampah makanan yang tersebar di perkotaan.

Badan PBB: 2014 Termasuk Tahun Terpanas dalam Sejarah

Suhu rata-rata global pada Januari sampai Oktober 2014 adalah 0,57 Celsius di atas rata-rata, sama dengan rekor tahun terpanas 2010.

Pesawat Antariksa NASA Hadapi Uji Terbang Penting

Pesawat luar angkasa AS yang dirancang untuk menerbangkan astronot keluar orbit Bumi pertama kalinya sejak program bulan Apollo era 1960an dijadwalkan meluncur Kamis (4/12) dalam uji terbang yang lama ditunggu.

Penelitian: Mutasi HIV Lemahkan Virus Tersebut

HIV, virus yang menyebabkan AIDS, seringkali bermutasi dan memungkinkan HIV mengakali sistem kekebalan tubuh dan menginfeksi sekitar 80 juta orang selama 35 tahun terakhir. Namun, para ilmuwan mengatakan evolusi HIV yang begitu cepat justru bisa mengurangi kemampuannya menimbulkan AIDS.

Perawatan Baru di Australia dapat Selamatkan Tentara Terluka

Pada 10 tahun terakhir, sekitar 5.000 tentara sekutu tewas di medan perang dan 87 persen terjadi dalam 30 menit pertama sebelum mereka bahkan dapat pergi ke pusat pengobatan.

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook