Sabtu, 22 Nopember 2014 Waktu UTC: 00:09

Berita / Iptek / Sains

Inventor Sumber Cahaya Hemat Energi Raih Hadiah Nobel Fisika 2014

Dari kiri: Per Delsing, Staffan Nordmark, Anne L´Huillier dan Olle Inganas mengumumkan pemenang Nbel Fisika 2014 - Isamu Akasaki, Hiroshi Amano dan Shuji Nakamura - di Royal Swedish Academy of Science, Stockholm (7/10).

07.10.2014
Isamu Akasaki, Hiroshi Amano dan Shuji Nakamura mendapat anugerah Nobel Fisika atas karya mereka pada tahun 1990-an dalam menciptakan cahaya terang hemat energi dari semi-konduktor (LED). Selengkapnya

Penemuan Sistem Navigasi Otak Rebut 3 Hadiah Nobel

Ilmuwan Inggris-Amerika, John O'Keefe dan dua ilmuwan Norwegia, May-Britt Moser dan Edvard Moser, merebut Hadiah Nobel di bidang ilmu kedokteran, untuk penemuan sistem navigasi otak.

Astronot Amerika dan Rusia Tiba di Stasiun Antariksa

Pesawat antariksa Soyuz Rusia diluncurkan dari sarana Baikonur di Kazakhstan Kamis malam (25/9), membawa ke orbit Alexander Samokutyaev dan Elena Serova dari Rusia dan astronot Amerika Barry Wilmore.

Penggunaan Bakteri Wolbachia untuk Berantas Dengue di Yogyakarta Berhasil Baik

Proyek penelitian yang bertujuan mengurangi serangan virus demam berdarah dengan metode memasukkan bakteri wolbachia menunjukkan hasil menggembirakan.

Galeri Foto Misi India ke Mars Capai Orbit

India berhasil menempatkan sebuah satelit ke orbit sekitar Mars, membuat negara ini menjadi bagian dari klub elit penjelajah antariksa, yang sejauh ini baru mencakup Amerika Serikat, Rusia dan Eropa.

Roket Kargo SpaceX Berangkat ke Stasiun Angkasa Internasional

Sebuah kapal kargo komersial SpaceX berhasil meluncur dari Cape Canaveral, Florida, dengan membawa perbekalan dan eksperimen untuk Stasiun Antariksa Internasional (ISS) termasuk printer 3-D pertama untuk digunakan oleh para astronot.

Misteri Kenapa Simpanse Saling Bunuh Diantara Mereka

Sebuah studi internasional terbaru, yang dilakukan terhadap komunitas simpanse di seluruh Afrika, mengindikasikan bahwa pembunuhan terjadi secara alami di antara jenis primata ini.

Tes Darah Dapat Diagnosa Depresi

Depresi adalah salah satu kelainan jiwa yang paling umum, dan WHO memperkirakan setiap tahun ada 350 juta orang yang menderita depresi setiap tahun.

NASA Gagal Temukan Asteroid Berbahaya Dekat Bumi

NASA telah ditugaskan Kongres untuk menemukan 90 persen obyek dekat Bumi yang secara potensial berbahaya dan sejauh ini hanya menemukan 10 persen.

2 Badai Matahari Menuju Bumi

Para pakar meramalkan sebagian komunikasi radio dan peralatan untuk mengetahui lokasi di Bumi atau GPS dapat terganggu.

Galeri Foto Proyek Penggunaan Kembali Satelit NASA Lama

Sekelompok mahasiswa, pengusaha dan mantan ilmuwan NASA menggalang dana publik untuk menggunakan kembali satelit NASA yang telah lama diabaikan untuk mempelajari cuaca di matahari dan dampak perubahan iklim dan badai matahari yang berbahaya.

Astronot AS dan 2 Kosmonot Rusia Kembali di Bumi

Oleg Artemiev, Alexander Skvortsov dan Steven Swanson, terjun dengan parasut dan mendarat dengan selamat di padang rumput Kazakhstan Kamis pagi (11/9).

7 Periset AS Raih Hadiah 1,3 Juta Dolar

Tujuh periset AS meraih hadiah 1,3 juta dolar atas upaya mereka mengembangkan pengobatan untuk penyakit pada retina mata.

Ilmuwan Sarankan Perempuan Periksa Mutasi Gen Penyebab Kanker

Dr. Mary-Claire King mengatakan setiap perempuan berusia lebih dari 30 tahun perlu dites untuk melihat mutasi genetis penyebab kanker.

Ilmuwan Singkap Fosil Titanosaurus Raksasa

Titanosaurus raksasa adalah salah satu makhluk paling besar yang pernah hidup di bumi dan hidup sekitar 77 juta tahun lalu.

Studi: Percaya pada Kerja Keras Pengaruhi Kinerja Seseorang

Peserta dalam kelompok studi menampilkan respons otak yang lebih efisien jika diberi tahu bahwa kerja keras lebih penting daripada unsur keturunan.

Aliran Listrik Dapat Tingkatkan Memori Penderita Kelainan Kognitif

Para responden yang diteliti mendapati memori mereka membaik setelah TMS, dan tes MRI menunjukkan bahwa syaraf-syaraf memori mereka menjadi lebih sinkron.

Murid yang Magang di NASA Jelajahi Karir Bidang Antariksa

Siswa magang mendapatkan antusiasme dan perspektif yang baru mengenai tempat di mana banyak siswa ingin dipekerjakan, sebagai generasi berikut ilmuwan NASA.

NASA Siapkan Pesawat Antariksa untuk Jarak Jauh

Sistem peluncuran antariksa atau SLS itu dirancang untuk membawa astronot ke luar orbit bumi menuju sebuah asteroid dan kelak ke Mars sebelum 2030-an.

Pesawat NASA Temukan Partikel yang Mungkin dari Luar Tata Surya Kita

Para ilmuwan mengatakan 7 partikel kecil yang dikumpul oleh pesawat antariksa NASA pengejar komet “Stardust” tampaknya berasal dari luar tata-surya kita.

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook