Sabtu, 06 Februari 2016 Waktu: 16:07

    Berita / Iptek / Sains

    Astronot Inggris Berharap Jadi Inspirasi Penjelajahan ke Mars

    Astronot Inggris Tim Peake poses berpose sebelum konferensi pers di Science Museum di London, 6 November 2015.

    07.11.2015
    Tim Peake, 43, akan menuju Stasiun Antariksa Internasional bulan depan, dan menjadi warga Inggris pertama yang menjelajah luar angkasa sejak tahun 1991. Selengkapnya

    Berlian Mungkin Ditemukan pada Lebih Banyak Jenis Batuan

    Mungkin ada lebih banyak berlian di dalam perut bumi, tapi para peneliti mengatakan ukurannya kemungkinan sangat kecil.

    Video Mikroskop Resolusi Super Tinggi Percanggih Kerja Ilmuwan

    Mikroskop beresolusi tinggi ini bisa melihat benda berukuran 100.000 kali lebih kecil dari garis tengah sehelai rambut manusia.

    Benteng Yunani Kuno 'Acra' Ditemukan Dekat Yerusalem

    Dibangun lebih dari 2.000 tahun lalu, Acra dulunya digunakan untuk mengendalikan kota dan memonitor kegiatan di kuil Yahudi, menurut para arkeolog yang memimpin ekspedisi penggalian tersebut.

    Rekor Keong Terkecil Dunia Pecah

    Rekor keong terkecil di dunia sebelumnya hanya dipegang selama satu bulan, setelah ditemukannya keong terkecil baru di kawasan Pulau Kalimantan bagian dari wilayah Malaysia.

    Asteroid Besar Akan Melintas Dekat Bumi Saat Halloween

    Asteroid tersebut, diperkirakan berdiameter sekitar 400 meter, akan meluncur dekat Bumi pada kecepatan 35 kilometer per detik sekitar pukul 1 siang GMT.

    92 Persen Planet Seperti Bumi 'Belum Lahir'

    Meski produksi bintang telah melambat, ada cukup helium dan hidrogen tersisa untuk menjamin pembentukan bintang-bintang dan planet "dalam waktu yang sangat panjang."

    Obama Jamu Astronom Remaja Amatir

    Obama dan para murid dan guru dari seluruh AS mengamati bintang-bintang, memegang artefak-artefak antariksa asli, dan bertemu dengan para ilmuwan, astronot, dan pakar antariksa terkemuka.

    Gedung Putih Gelar Malam Astronomi

    Lebih dari 80 taman nasional, observatorium, sekolah, museum dan klub astronomi telah terinspirasi oleh Malam Astronomi untuk mengorganisir acara mereka sendiri.

    Video Foto-foto Ungkap Data Baru tentang Planet Yupiter

    Foto-foto berikut adalah bagian dari koleksi foto tahunan NASA yang mereka harapkan bisa membantu ilmuwan mempelajari perubahan planet-planet.

    Studi: Manusia-manusia Pertama Tinggalkan Afrika ke Asia, Bukan Eropa

    Gigi-gigi yang ditemukan di provinsi Hunan menunjukan manusia-manusia pertama itu tiba di China selatan 30.000 hingga 70.000 tahun lebih awal daripada di bagian timur Laut Tengah atau Eropa.

    Ilmuwan Identifikasi Protein yang Mungkin Berperan dalam Alzheimer

    Percobaan-percobaan dengan melenyapkan protein GPR3 pada tikus yang memiliki penyakit itu menunjukkan perbaikan kondisi hewan tersebut.

    NASA Ingin Kongres Amerika Cabut Larangan Bermitra Dengan China

    China adalah satu-satunya negara selain Amerika dan Rusia yang telah mampu mengirim manusia ke antariksa.

    Video 'Jelajahi Otak Manusia' dalam Tayangan Baru PBS

    Pakar ilmu saraf ternama, David Eagleman akan menunjukkan bagaimana otak kita menciptakan apa yang kita rasakan sebagai realita dan apa yang kita konstruksikan dalam sirkuit otak kita yang tidak pernah selesai.

    Penelitian Baru Peringatkan Hancurnya Rantai Makanan Laut Global

    Penelitian baru memperingatkan bahwa kondisi perikanan dan ekosistem laut di dunia menghadapi ancaman yang lebih parah dari yang diperkirakan sebelumnya.

    Hamburger Mungkin akan Jadi Menu bagi Kosmonot Rusia

    Makanan cepat saji ala Amerika akan menjadi menu pilihan di samping makanan lokal seperti borscht, keju cottage, dan kaviar.

    Video Peneliti Kembangkan Alat Cegah Mual dalam Perjalanan

    "Kami menemukan bahwa mereka bertahan lebih lama sebelum merasakan mual dan mereka juga pulih lebih cepat," kata salah satu ilmuwan itu Qadeer Arshad.

    Video Apakah Alat Pelurus Rambut Menyebabkan Kerusakan?

    Ilmuwan dari Purdue University berupaya menemukan tingkat panas yang benar-benar dapat merusak rambut manusia secara permanen.

    Ilmuwan Jepang dan Kanada Raih Nobel Fisika

    Hadiah Nobel Fisika tahun 2015 dianugerahkan kepada ilmuwan Jepang, Takaaki Kajita dan ilmuwan Kanada, Arthur MacDonald atas penemuan "osilasi neutrino" mereka.

    China Raih Nobel Pertama untuk Kedokteran

    Seorang peneliti yang tidak terkenal yang membantu mengisolasi obat anti-malaria yang terinspirasi oleh obat kuno akhirnya telah memenangkan kehormatan itu bagi China.

    Ikuti Kami