Rabu, 04 Mei 2016 Waktu: 18:40

    Berita / Iptek / Sains

    Setahun di Pesawat Antariksa Internasional, Tinggi Badan Astronot Bertambah

    Astronot Amerika Scott Kelly dan kosmonot Rusia Mikhail Kornienko saat berada di stasiun antariksa Internasional (ISS), 29 April 2015 (Foto: dok).

    04.03.2016
    Astronot sering menjadi lebih tinggi di antariksa karena sendi tulang belakang manusia sedikit berimpit akibat gravitasi di Bumi. Selengkapnya

    Analisis Gempa Bumi Mentawai Menurut Pakar

    Gempa bumi yang terjadi di Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (2/3) kemarin cukup membuat masyarakat panik. Dengan kekuatan 7,8 Skala Richter (SR), sumber gempa di bawah laut, sehingga berpotensi tsunami. Namun peringatan tersebut dicabut karena pusatnya jauh daratan dan kedalamannya yang kecil.

    Pentagon Tantang Peretas Terobos Situs Webnya

    Markas besar militer Amerika, Pentagon, hari Rabu mengundang peretas, warga AS yang lolos pemeriksaan kelakuan baik, untuk menyerang situs webnya sebagai tes bagi keamanan dunia mayanya. Proyek percontohan ‘Hack Pentagon’ itu adalah yang pertama oleh pemerintah federal.

    Perseteruan Apple dan FBI Berlanjut di Sidang Dengar Kongres AS

    Perusahaan teknologi Apple dan FBI saling berhadapan dalam sidang dengar Kongres hari Selasa (1/3) terkait perintah dari pemerintah kepada Apple untuk membantu membuka sandi iPhone yang digunakan oleh dua teroris yang membunuh 14 orang dalam serangan di San Bernardino – California pada 2 Desember 2015 lalu. Apple mengatakan permintaan itu akan menjadi preseden berbahaya.

    DPR AS Skeptis Upaya Paksa Apple Aktifkan Akses iPhone

    Departemen Kehakiman Amerika dan raksasa teknologi Apple membawa kebuntuan perselisihan mereka soal iPhone yang dikunci ke Kongres. Dalam dengar pendapat, anggota Kongres menyatakan skeptis terhadap argumen Direktur FBI James Comey untuk memaksa Apple membuat piranti lunak untuk mengakses ponsel.

    Setelah Hampir Setahun di Orbit, Astronot Dijadwalkan Pulang

    Astronot Amerika Scott Kelly dan Kosmonot Rusia Mikhail Komienko akan kembali ke bumi setelah 340 hari di orbit. Misi ke dua astronot dirancang untuk mengukur dampak tinggal lama dalam lingkungan bergayaberat mikro bagi tubuh dan pikiran manusia.

    CEO Fords Lirik Kendaraan Autonomi, Ekonomi Berbagi

    CEO Ford mengatakan perusahaan itu akan berinvestasi lebih besar dalam teknologi baru. Ford ingin menganggapnya sebagai sebuah transisi dari sekedar perusahaan perangkat keras menjadi perusahaan perangkat lunak dan sekaligus layanan mobilitas.

    Apple Minta Pengadilan Cabut Perintah Bongkar iPhone

    Raksasa komputer, Apple, menolak permintaan pemerintah untuk membuat piranti lunak yang memungkinkan aparat penegak hukum meretas iPhone 5C. Metode enkripsi perusahaan seperti Apple menyulitkan penyelidikan tersangka kriminal yang memanfaatkan teknologi.

    TEPCO: Laporan Kebocoran Fukushima Ditunda

    Operator PLTN Fukushima mengakui terlambat dua bulan untuk mengumumkan kebocoran pada teras tiga reaktor. TEPCO menyatakan akan segera melaporkan persentase kerusakan kepada pemerintah sesuai dengan persyaratan dalam undang-undang Jepang.

    Spesies Bunga Baru Ditemukan dalam Fosil Getah Pohon

    Dua bunga yang terperangkap di dalam fosil getah pohon selama 15 juta tahun, ternyata merupakan spesies "yang belum pernah diketahui sebelumnya."

    Program Pencegahan dan Penanggulangan Ancaman Pandemi Diluncurkan di Afrika Timur

    Seiring dengan terus bertambahnya populasi dunia dan permintaan pangan, ancaman-ancaman penyakit lain juga semakin meningkat. Nairobi meluncurkan program baru untuk membantu mencegah dan menanggulangi penyakit-penyakit ini.

    Para Ilmuwan Mungkin Temukan Planet ke-9

    Dua astronom AS yakin telah menemukan sebuah planet raksasa yang letaknya terlalu jauh untuk bisa dijangkau oleh gravitasi matahari.

    Tembakau, Bahan Bakar Masa Depan?

    Tanaman tembakau bisa membuat planet bumi lebih sehat.

    Penyembuhan Distrofi Otot Mungin Ditemukan

    Para periset telah menemukan apa yang merupakan penyembuhan permanen bagi distrofi otot Duchenne, kondisi genetika yang melumpuhkan dan pada akhirnya fatal yang melanda anak laki-laki. Pengobatan baru itu pada dasarnya memperbaiki protein yang bermutasi.

    Apakah Whisky Akan Menjadi Bahan Bakar Masa Depan?

    Kita sadar bahwa kita sebaiknya tidak minum alkohol ketika menyetir kendaraan. Tetapi produk sampingan minuman keras whisky kemungkinan akan menjadi bahan penting masa depan sebagai sumber bahan bakar terbarukan untuk mejalankan mobil yang kita setir.

    Emosi dan Kreativitas Terkait Erat

    Musik mampu membangkitkan segala macam emosi dalam hati pendengar, dan dalam benak komposer.

    Permainan Video Tiga Dimensi Mungkin Baik bagi Anak-Anak

    Meskipun video games kerap dikecam luas oleh banyak ilmuwan sosial, orang tua dan guru sebagai permainan yang tidak bernilai atau hanya sedikit bernilai, beberapa pakar psikologi dan ilmu kognitif mulai mendebat pandangan itu.

    Bagian Roket Rusia Timbulkan Bola Api di Angkasa

    Roket Rusia yang terbakar sewaktu memasuki atmosfir bumi Selasa malam (22/12) menimbulkan kegemparan di media sosial dan memicu spekulasi tentang apa yang menyebabkan kilatan cahaya yang meluncur di atas angkasa Amerika di bagian Barat.

    Peneliti Mencoba Melindungi Kesehatan Umum dengan Mempelajari Perubahan Iklim

    Badan Kesehatan Dunia telah lama memantau perubahan iklim. Para peneliti universitas di seluruh Amerika mempelajarinya dan yang ditemukan para peneliti itu mungkin dapat menolong orang melindungi kesehatan mereka selagi cuaca berubah.

    Tidur dengan Efisien, Manusia Perlu Jam Tidur Lebih Sedikit

    Rata-rata manusia membutuhkan jam tidur lebih sedikit (sekitar 7 jam sehari) dibanding dengan 14 jam sehari bagi jenis hewan kerabat terdekat manusia.

    Ikuti Kami