Selasa, 21 April 2015 Waktu: 09:55

Berita / Iptek / Sains

Astronot AS 'Spacewalk' untuk Ketiga Kalinya

Astronot Terry Virts menyelesaikan instalasi antena di Port 3 Truss, 1 Maret 2015. (Credit: NASA TV)

02.03.2015
Dua astronot Amerika keluar dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS) untuk melakukan spacewalk atau kegiatan di luar pesawat antariksa yang ke-tiga dalam waktu sepekan lebih. Selengkapnya

Inggris Negara Pertama yang Izinkan Bayi Tabung dari DNA 3 Orang

Teknik yang dikenal sebagai fertilisasi in-vitro yang kontroversial ini dapat mencegah para ibu menurunkan penyakit-penyakit yang tidak dapat disembuhkan.

HIV Agresif Ditemukan di Kuba

Rata-rata, tanpa perawatan, infeksi HIV perlu lima sampai 10 tahun untuk menjadi AIDS, namun kasus di Kuba menunjukkan hanya perlu waktu tiga tahun.

Peneliti Kembangkan Insulin 'Pintar' untuk Kendalikan Diabetes

Substansi baru ini akan bermanfaat bagi pasien-pasien diabetes yang harus sering memeriksa tingkat gula darah dan menyuntik sendiri.

Uji Coba Pesawat Antariksa Eropa Berhasil

Sebuah pesawat angkasa ekspremintal berhasil kembali ke bumi, Rabu (11/2) setelah tes penerbangan 100 menit. Badan Antariksa Eropa (ESA) berharap pesawat itu akan membuka jalan bagi sistem transportasi antariksa yang bisa digunakan kembali pertama bagi Eropa.

Satelit AS Siap Diluncurkan untuk Monitor Udara Angkasa

Satelit AS baru siap diluncurkan ke angkasa pada hari Selasa (10/2) untuk memonitor cuaca angkasa dan mengawasi bila ada badai matahari yang mengancam.

Pemerintah akan Bangun 100 Science Techo-Park dalam 5 Tahun

Menko Kemaritiman Indonesia mengatakan pemerintah Indonesia akan membangun 100 science techno-park di 100 desa di seluruh Indonesia dalam jangka 5 tahun kedepan.

Meningkatkan Kesejahteraan Nelayan Melalui Teknologi

Pemerintah akan mendorong pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan. Salah satunya dengan membangun pembangkit listrik skala kecil di desa-desa pesisir.

Robot Ilmuwan Bantu Buat Obat Baru

Universitas Manchester bermitra bersama robot untuk menemukan senyawa yang bisa mungkin bisa mengobati penyakit malaria dan penyakit tropis lainnya.

Inggris Akan Izinkan Bayi Tabung dari DNA 3 Orang

Teknik ini dikenal sebagai fertilisasi in-vitro 'tiga orangtua' karena bayi-bayi yang dilahirkan akan mendapatkan DNA mereka dari seorang ibu, seorang ayah dan dari donor perempuan.

Studi: Vaksin Ebola Tak Seampuh yang Diharapkan

Studi itu menemukan bahwa respon-respon imunitas yang lebih rendah beberapa kali lipat pada manusia dibandingkan dengan yang terlihat dalam penelitian-penelitian terhadap monyet.

5 Misi Antariksa Baru NASA Amati Bumi

Instrumen-instrumen yang naik ke orbit dalam setahun terakhir fokus pada sistem-sistem pendukung kehidupan yang vital di Bumi dan respon mereka terhadap suhu planet yang memanas.

Ahli Astronomi Temukan Bintang Tertua yang Pernah Diketahui

Bintang itu mengorbiti lima planet, dengan ukuran yang dapat dibandingkan dengan Merkurius dan Venus, namun para ilmuwan mengatakan bintang itu terlalu dekat mataharinya untuk dapat ditinggali.

Genom Ikan Paus Kepala Busur Berisi Rahasia Umur Panjang

Para ahli sedang menyelidiki mengapa ikan paus jenis ini dapat hidup sampai 200 tahun dan terlindung dari penyakit terkait kanker seperti kanker.

Wahana Antariksa Inggris Yang Lama Hilang Ditemukan di Mars

Badan Antariksa Eropa mengatakan roket wahana antariksa buatan Inggris yang menghilang di Mars lebih dari satu dekade lalu telah ditemukan.

Meningkatkan Minat Anak Perempuan pada Sains Lewat Mainan

Dilaporkan hanya ada 25 persen perempuan yang mempelajari sains. Salah satu cara untuk menumbuhkan ketertarikan anak perempuan pada sains adalah lewat mainan.

Fusi Nuklir Diharap Bisa Sediakan Energi Murah Masa Depan

Ilmuwan di Amerika dan Eropa sedang bereksperimen dengan dua jenis reaktor fusi nuklir yang diharapkan bisa menyediakan energi yang murah dan berlimpah dan akhirnya melepaskan ketergantungan dunia pada bahan bakar fosil.

Ilmuwan Kanada Berhasil Uji Coba Partikel Penghasil Listrik

CQD (colloidal quantum dots) dapat menghasilkan sel surya yang ringan dan fleksibel yang dapat dililitkan ke benda-benda besar, termasuk yang permukaannya tidak teratur.

Ilmuwan Jepang Mundur dari Penelitian karena Manipulasi

Ilmuwan perempuan Jepang, Haruko Obokata (31 tahun), mengundurkan diri dari tempatnya bekerja, setelah diduga melakukan manipulasi dalam penelitian sel induk, meski ia belum mengakuinya.

Penjelajah NASA Temukan Senyawa Organik, Gas Metana di Mars

Studi-studi tambahan diperlukan untuk menentukan apakah senyawa-senyawa organik dan/atau gas metana yang diproduksi dalam kehidupan sebelumnya atau sekarang di Mars.

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook