Selasa, 03 Mei 2016 Waktu: 23:17

    Berita / Dunia / Timur Tengah

    Ketegangan Mulai Mereda di Baghdad

    Kepulan asap hitam terlihat dari lokasi serangan bom mobil di distrik Saydiya, selatan Baghdad (2/5).

    03.05.2016
    Puluhan ribu peziarah berkumpul di sebuah masjid di utara Baghdad, Selasa (3/5) dalam festival keagamaan Syiah untuk memperingati Imam Moussa al-Khadhim dari abad ke-8. Selengkapnya

    Iran Bayar Mahal dalam Pertahankan Rezim di Suriah

    Iran kehilangan lebih banyak tentara di negara yang diamuk perang itu dalam enam bulan terakhir dibandingkan dua tahun sebelumnya.

    Diplomat-diplomat Internasional Hidupkan Kembali Gencatan Senjata di Suriah

    Menlu AS John Kerry bertemu para diplomat internasional di Jenewa, untuk mengakhiri perang di Suriah. Rusia didesak untuk mempengaruhi Presiden Assad untuk menghentikan kekerasan. Militer Suriah akan menghentikan sementara serangan di sekitar Damaskus dan provinsi Latakia, tetapi tidak di Aleppo.

    Ulama Syiah Berperan Besar dalam Politik Irak

    Sadr pertama kali menjadi sorotan luas internasional ketika mengecam keras invasi tahun 2003 yang menumbangkan Saddam.

    Parlemen Irak Ambruk, Anggota Parlemen Lari dari Baghdad

    Bagdad hari Minggu diambang kekacauan politik. Kota itu dalam keadaan darurat, demonstran menduduki daerah-daerah yang sebelumnya merupakan zona internasional yang aman, anggota-anggota parlemen melarikan diri dan militer dalam siaga tinggi.

    Karyawan Perusahaan Binladin Group Saudi Bakar 7 Bus Perusahaan

    Tujuh bus perusahaan Bin Ladin Group dibakar sebagai akibat dari protes karyawan perusahaan atas kabar bakal dirumahkannya sejumlah besar karyawan. Pemadam kebakaran telah memadamkan api tersebut tanpa menimbulkan korban cedera.

    Menlu AS Berangkat ke Jenewa Hari Ini untuk Membicarakan Suriah

    Departemen Luar Negeri AS menyatakan bahwa Menlu John Kerry akan membicarakan usaha pengehentian pertempuran di Suriah. Juru bicara Deplu AS menyatakan prioritas utama adalah pengakhiran kekerasan di Aleppo dan gencatan senjata yang bertahan lama di seluruh Suriah.

    Serangan Udara di Aleppo Tewaskan 5 Orang

    Lebih dari 80 LSM internasional dan Suriah menandatangani pernyataan yang mendesak Obama dan Putin merespon seruan PBB dan mencoba menghentikan pertumpahan darah.

    Banyak Migran Hilang di Lepas Pantai Libya

    Organisasi Internasional untuk Migrasi mengatakan 84 orang masih hilang beberapa jam setelah sebuah kapal kargo Italia menyelamatkan 26 orang dari perahu naas itu.

    Demonstran Serbu Parlemen Irak, Dirikan Tenda di Zona Hijau

    Komando Operasi Baghdad menyatakan “keadaan darurat” di ibukota tidak lama setelah penyerbuan itu terjadi.

    Kaum Reformis dan Moderat Unggul dalam Pemilu Babak Kedua Iran

    Ini akan menandai pergeseran dramatis dalam politik Iran, dimana kaum fundamentalis lebih sedikit jumlahnya daripada rekan mereka kaum moderat untuk pertama kalinya sejak 2004.

    Pembom Bunuh Diri di Irak, 17 Tewas

    Para pejabat kepolisian dekat tempat kejadian mengatakan serangan bom itu diarahkan terhadap peziarah yang sedang berjalan menuju tempat suci Kadhimiyah, Baghdad.

    Pangeran Saudi Janjikan Perubahan Sosial di Negaranya

    Bagi dinasti Al Saud, yang selalu bersekutu dengan para ulama berkuasa dari sekte Sunni Wahabi, reformasi itu berisiko mendapat perlawanan dari kelompok konservatif.

    Menlu AS Kutuk Serangan Udara Atas Rumah Sakit Anak di Suriah

    Sedikitnya 20 anak-anak dan dokter tewas, termasuk dokter anak terakhir yang bekerja di wilayah Aleppo yang dikuasai pemberontak.

    Serangan Udara Hancurkan Rumah Sakit di Aleppo

    Ketua Satuan Tugas Kemanusiaan PBB di Suriah, Jan Egeland, berbicara di Jenewa, Kamis (28/4), mendukung de Mistura mendesak Rusia dan Amerika untuk membantu mengakhiri kekerasan.

    Al-Jazeera Dilarang Meliput di Irak

    Irak menyebut Al-Jazeera “terus melanggar” peraturan tahun 2014 yang dikeluarkan untuk mengatur peliputan media mengenai “perang melawan teror.”

    Ledakan Bom Hancurkan Rumah Sakit di Aleppo, Suriah, 14 Tewas

    Pemberontak telah membombardir kawasan-kawasan permukiman yang dikuasai pemerintah dengan roket dan tembakan artileri, sementara jet-jet tempur Suriah melancarkan serangan udara.

    Serangan Bom di Yaman Target Kepala Keamanan 

    Para petugas keamanan menembaki penyerang sebelum mobilnya meledak. Menurut berbagai laporan, penyerang mengenakan baju seperti perempuan dan telah melewati beberapa pos pemeriksaan keamanan.

    Utusan PBB Serukan Revitalisasi Gencatan Senjata di Suriah

    Utusan PBB Staffan de Mistura Kamis (28/4) menyerukan agar gencatan senjata direvitalisasi di Suriah, sebelum menetapkan tanggal pembicaraan baru.

    Ikuti Kami