Jumat, 19 Desember 2014 Waktu: 14:14

Berita / Gaya Hidup / Kesehatan

Kamboja Selidiki Tingginya Infeksi HIV di Desa Terpencil

Seorang pasien yang dinyatakan positif HIV dirawat di rumah sakit Phnom Penh, Kamboja (foto: dok).

17.12.2014
Setidaknya 82 orang telah dinyatakan positif mengidap HIV di desa Rokar, propinsi Battambang, yang terpencil di Kamboja. Selengkapnya

UNICEF: Keterlibatan Masyarakat Penting dalam Atasi Ebola

Kepercayaan masyarakat, menurut UNICEF, menjadi kunci untuk memenangkan perang melawan penyakit Ebola yang mematikan itu.

Pelatihan Penanggulangan Ebola di Eropa

Kelompok internasional Medecins Sans Frontieres (MSF) atau lebih dikenal dengan nama “Doctors Without Borders” telah dipuji karena tanggapannya yang cepat dan besar-besaran terhadap wabah Ebola di Afrika Barat.

Tes Darah Sederhana Mungkin Dapat Deteksi Dini Kanker Payudara

Para peneliti Oxford University menemukan bahwa tumor payudara menyerap bentuk ringan dari seng, sehingga unsur logam itu dapat dideteksi dalam darah manusia yang mengidap stadium awal kanker.

Studi: Mutasi Lemahkan Virus HIV

Seorang pakar yang memimpin studi HIV di Universitas Oxford mengatakan, virus HIV sering bermutasi yang justru menyebabkan berkurangnya kemampuan virus untuk menginfeksi sel-sel secara efisien dan untuk menyebabkan AIDS.

Masyarakat Aplikasikan Teknologi Baru Pemberantasan DBD

Upaya pemberantasan nyamuk Aedes aegypti dengan bakteri Wolbachia, kini semakin diterima masyarakat. Apalagi, potensi serangan demam berdarah dengue (DBD) meningkat seiring datangnya musim hujan di Indonesia.

Norovirus Jangkiti 200 Penumpang Kapal Pesiar di Selandia Baru

Norovirus menyebabkan peradangan saluran pencernaan dan dapat mengakibatkan nyeri perut, mual, diare dan muntah-muntah.

Tingkat Infeksi HIV Tinggi pada Perempuan Afrika Selatan

Para ahli mengatakan perempuan berusia di bawah 25 tahun mendapatkan virus dari pria-pria berusia lebih tua.

15 Pasien Jadi Buta Pasca Operasi Katarak di India

Setiap tahun, ribuan orang, terutama dari daerah-daerah pedesaan yang tidak memiliki fasilitas kesehatan yang memadai, menjalani operasi katarak di kamp-kamp medis yang diadakan oleh departemen kesehatan dan organisasi-organisasi sosial.

HRW: India Perlakukan Perempuan Sakit Jiwa Lebih Buruk dari Binatang

Sistem kesehatan India memang amat memprihatinkan, penderita sakit jiwa terutama sangat rentan karena hanya sedikit saja penyuluhan tentang kesehatan jiwa diberikan, bahkan mereka dikucilkan dan dicemooh.

Afrika Selatan Dorong Sunat Pria Untuk Bantu Kurangi Infeksi HIV

Afrika Selatan memiliki angka infeksi HIV baru tertinggi di dunia dan 15 sampai 20 persen populasi dewasa positif HIV.

Varian Baru Flu Burung Terdeteksi di Eropa

Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) mengatakan varian baru penyakit flu burung yang dikenal sebagai H5N8 mengancam unggas-unggas di peternakan Eropa.

Sekjen PBB Serukan Pemberantasan AIDS sebelum 2030

Sekjen PBB Ban Ki-moon memuji kemajuan yang dicapai dunia dalam melawan AIDS, tetapi memperingatkan “kemajuan itu masih rapuh.”

Sekjen PBB: Perang Melawan AIDS Maju Tapi Rapuh

PBB mengatakan 19 juta orang dari 35 juta orang yang hidup dengan HIV di dunia tidak mengetahui bahwa mereka terinfeksi HIV.

Aktivis: Pandemi AIDS Telah Capai Titik Balik

Namun sebuah kelompok advokasi terkemuka mengingatkan bahwa pencapaian tonggak ini tidak berarti akhir AIDS sudah dekat.

Presiden Perancis Kunjungi Guinea untuk Bahas Ebola

Presiden Perancis Francois Hollande mengunjungi negara Guinea yang dilanda Ebola.

Saudi: Jumlah Kematian Akibat Virus MERS Capai 348

Hal itu menjadikan jumlah kasus terkukuhkan di Arab Saudi sejak virus itu diidentifikasi pertama kali pada 2012 mencapai 810.

Perawatan Baru di Australia dapat Selamatkan Tentara Terluka

Pada 10 tahun terakhir, sekitar 5.000 tentara sekutu tewas di medan perang dan 87 persen terjadi dalam 30 menit pertama sebelum mereka bahkan dapat pergi ke pusat pengobatan.

Galeri Foto Bahaya Pencahayaan Berlebihan

Pencahayaan berlebihan ternyata tidak aman, buruk untuk kesehatan -- mengganggu pola tidur, mempengaruhi hormon dan terkait dengan beberapa kanker -- dan mengganggu ekosistem, menghambat siklus pertumbuhan tanaman dan berperan dalam perubahan iklim.

Studi: Obesitas Dapat Picu Kanker

Indeks massa tubuh yang lebih tinggi – perbandingan atau rasio lemak tubuh seseorang dengan tinggi badan – meningkatkan risiko kanker seperti usus besar, ginjal, pankreas dan payudara.

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook