Jumat, 06 Maret 2015 Waktu: 05:30

Berita / Iptek / Lingkungan Hidup

Grup Sirkus AS Hilangkan Atraksi Gajah

Atraksi gajah pada pertunjukan grup sirkus 'Ringling Brothers Barnum & Bailey' (foto: dok).

05.03.2015
Grup sirkus AS 'The Ringling Brothers dan Barnum & Bailey Circus' Kamis (5/3) mengatakan bahwa mulai tahun 2018 tak akan menampilkan pertunjukan gajah. Selengkapnya

Kenya Hancurkan 15 Ton Gading Sitaan

Pemerintah Kenya membakar 15 ton gading gajah ilegal yang berhasil disita, dalam peringatan Hari Satwa Liar Sedunia Selasa (3/3).

Studi: Perubahan Iklim Berperan dalam Bencana di Suriah, California

Baik di California dan Suriah, tahun-tahun mendatang sepertinya akan lebih panas dan lebih kering, menimbulkan pertanyaan mengenai stabilitas masyarakat.

Uni Eropa Setuju Batasi Penggunaan Tas Plastik

Uni Eropa telah menyetujui peraturan baru yang membatasi dengan ketat penggunaan tas plastik tipis yang berbahaya bagi lingkungan hidup.

China Larang Impor Gading Selama Setahun

China adalah konsumen gading ilegal terbesar di dunia, dengan permintaan yang sangat tinggi sehingga mengakibatkan pembantaian ribuan gajah liar Afrika setiap tahun.

Ilmuwan: Sampah di Pasifik Berubah jadi Lumpur Bahan Kimia

Perputaran air di laut dengan cepat mengubah sebagian besar plastik menjadi lumpur bahan kimia, yang bahkan lebih berbahaya pada kehidupan laut karena organisme plankton kecil mengkonsumsi partikel-partikel tersebut.

Polusi Udara Singapura Picu Dilema Kebijakan Luar Negeri

Polusi dari kebakaran di negara-negara tetangga menimbulkan pertanyaan: Apa hak yang dimiliki sebuah negara ketika negara-negara lain membuat keputusan yang membahayakannya?

Brazil Tangkap Gembong Perusak Hutan Amazon

Tersangka gembong perusak Amazon, Ezequiel Antonio Castanha ditangkap hari Sabtu (21/2) di negara bagian Para, Brazil.

Obama Veto RUU Pembangunan Pipa Minyak Kontroversial

Presiden Amerika Barack Obama telah mem-veto RUU pembangunan saluran pipa minyak Keystone XL yang kontroversial.

Singa Laut Terdampar di California Akibat Perairan Pasifik Menghangat

Gelombang singa laut yang terdampar di pantai California tahun ini dikaitkan dengan pola cuaca yang membingungkan yang telah membuat suhu Samudera Pasifik menghangat. Para ilmuwan melaporkan hal ini berdampak terhadap habitat dan populasi ikan yang menjadi makanan mereka.

Draft Kesepakatan Perubahan Iklim Bertambah Panjang

Para perunding yang menyusun kesepakatan tentang perubahan iklim menggandakan teks kesepakatan dari yang sebelumnya disusun. Beberapa perwakilan khawatir teks yang diperbanyak bisa membuat rumit upaya mencegah pemanasan global.

Penelitian: Jutaan Ton Sampah Plastik Cemari Lautan

Sebuah studi memperkirakan bahwa populasi China yang padat menyebabkan terbuangnya 1,3 sampai 3,5 juta metrik ton plastik ke laut per tahun, sebagian besar karena manajemen sampah yang salah.

Studi: 8,8 Juta Ton Sampah Plastik Dibuang ke Laut Setiap Tahun

China dan Indonesia adalah dua negara yang paling banyak membuang sampah ke laut, diikuti Filipina, Vietnam dan Sri Lanka.

Perubahan Iklim Kemungkinan Menyebabkan Jutaan Orang Mengungsi

Perubahan iklim tidak hanya berdampak bagi beruang kutub tapi juga bagi hidup umat manusia karena bisa menyebabkan jutaan orang terpaksa mengungsi dari tempat tinggalnya.

Hawaii Waspada Hadapi Tsunami Ekstrem

Kepulauan Hawaii di Amerika Serikat yang pernah dilanda tsunami ekstrem 500 tahun lalu, rentan akan bencana tsunami dan senantiasai waspada menghadapi gelombang pasang.

Afrika Selatan: Pembantaian Badak Capai Rekor pada 2014

Pembunuhan terus berlangsung tanpa henti, naik dari 1.004 badak yang dibunuh pada 2013 menjadi 1.215 ekor pada 2014.

Abaikan Ancaman Obama, Senat AS Sahkan UU Jalur Pipa Keystone

Para penentang mengatakan jumlah pekerjaan tetap yang diciptakan kecil dan mereka yakin proyek itu akan menimbulkan bencana lingkungan.

5 Misi Antariksa Baru NASA Amati Bumi

Instrumen-instrumen yang naik ke orbit dalam setahun terakhir fokus pada sistem-sistem pendukung kehidupan yang vital di Bumi dan respon mereka terhadap suhu planet yang memanas.

Obama Desak Perlindungan terhadap Kawasan Artik

Presiden AS Barack Obama menyerukan perlindungan bagi hampir lima juta hektar kawasan di Artik, tidak menjadikannya sebagai lokasi eksplorasi minyak.

NASA: 2014 Tahun Terpanas Sejak 1880

Tim ilmuwan NASA mengatakan, suhu rata-rata tahun 2014 adalah 14,68 derajat Celsius, atau 1,22 derajat di atas rata-rata suhu pada abad ke-20.

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook