Jumat, 29 Mei 2015 Waktu: 05:01

Berita / Iptek / Lingkungan Hidup

Studi: Plankton, Sumber Oksigen di Bumi

Danau Ontario di Amerika Utara, tempat tumbuhnya plankton-plankton musim panas, dilihat dari Stasiun Antariksa Internasional di NASA.

27.05.2015
Para ahli mengatakan plankton berkontribusi banyak pada kesejahteraan Bumi, sama pentingnya dengan hutan tropis dalam hal kontribusi global. Selengkapnya

Petugas Kerja Keras Bersihkan Tumpahan Minyak di California

Pihak berwenang mengatakan pembersihan itu bisa memakan waktu berbulan-bulan. Saat ini tumpahan itu dicegah agar tidak merembes ke wilayah yang semakin luas.

California Nyatakan Situasi Darurat Akibat Tumpahan Minyak di Pantai Refugio

Gubernur Jerry Brown mengumumkan pernyataan tersebut Rabu malam (20/5), sehari setelah tumpahan minyak itu ditemukan hari Selasa di Pantai Refugio, dekat kota Santa Barbara di California selatan.

Obama: Perubahan Iklim Timbulkan Masalah bagi Ketahanan Nasional AS

Gedung Putih mengatakan Presiden Obama akan mengatakan pada lulusan Akademi Penjaga Pantai AS bahwa perubahan iklim akan berdampak terhadap bagaimana militer melindungi Amerika.

USAID Adakan Kompetisi Inovasi Mengatasi Perdagangan Satwa Liar

USAID menawarkan hadiah senilai 500.000 dolar

G20: Makanan yang Dibuang Masalah Global Besar

Diperkirakan 1,3 miliar ton makanan, atau sekitar 30 persen produksi global, hilang atau dibuang setiap tahun, menurut Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) tahun lalu.

Tornado Lintasi Texas Utara, Sedikitnya Satu Tewas

Sedikitnya satu orang tewas dan beberapa lainnya belum diketahui nasibnya setelah beberapa tornado menghantam daerah pertanian dan peternakan yang jarang penduduk di Texas Utara hari Sabtu (9/5).

Konsentrasi Karbon dalam Atmosfer Capai Rekor

Untuk pertama kalinya sejak pemerintah Amerika mulai melacak karbon dioksida dalam atmosfer di seluruh dunia, rata-rata bulanan global telah melampaui 400 bagian per juta (bpj).

Walikota Solo Serahkan 2 Satwa Langka Miliknya ke BKSDA

Dua satwa langka yang dilindungi tersebut ditangkap dan dibawa ke luar lokasi rumah dinas Walikota menuju Taman Satwa Taru Jurug Solo oleh petugas BKSDA.

Bayi Bintang Laut, Harapan di Tengah Kepunahan Massal di Pasifik

Di satu lokasi di Santa Cruz, California, ada lebih banyak bayi bintang laut terhitung dalam satu tahun belakangan ini, dari pada jumlah kombinasi 15 tahun sebelumnya.

India Mulai Penghitungan Singa Asiatik yang Terancam Punah

Sensus terakhir yang dilakukan tahun 2010 mendapati ada 411 singa, naik dari 359 singa pada tahun 2005.

Studi: Berat Badan Bayi Baru Lahir Lebih Tinggi Saat Tingkat Polusi Udara Rendah

Hasil penelitian menunjukkan bayi lahir dengan berat lebih besar ketika tingkat polusi rendah. Data yang digunakan diambil dari data kelahiran sebelum dan sesudah, serta ketika Olimpiade 2008 berlangsung di Beijing.

Kepanasan? Salahkan Perubahan Iklim (dan Diri Sendiri)

Umat manusia bertanggung jawab menyebabkan meningkatnya temperatur bumi dengan perannya memproduksi gas rumah kaca, demikian menurut studi yang diterbitkan di jurnal Nature Climate Change.

Kuda Nil Dianggap Penyelamat Kehidupan di Sungai

Penelitian baru mengatakan kuda nil sangat penting untuk kesehatan sungai dan danau Afrika, karena kuda nil menghasilkan banyak bahan utama untuk kehidupan di air. Tapi peneliti memperingatkan bahwa populasi kuda nil menurun dan hal tersebut bisa merusak ekosistem.

Pelestarian Paus Bungkuk Sukses, Tidak Lagi Termasuk Hewan Langka

Upaya perlindungan dan restorasi telah mendorong peningkatan populasi paus bungkuk di banyak daerah, sehingga sebagian besar populasi tidak lagi langka.

Kaum Muda Gelar Aksi Bersih Sampah di Takengon, Aceh

Puluhan aktivis dari sejumlah organisasi hari Minggu (19/4) menggelar aksi bersih guna mengurangi sampah yang mencemari kawasan sekitar danau laut tawar, Kota Takengon.

PBB: Limbah Elektronik Tahun 2014 Memecahkan Rekor

Laporan PBB menunjukkan jumlah limbah elektronik tahun 2014 lalu memecahkan rekor.

Pawai & Konser Meriahkan "Hari Bumi" di AS

“Hari Bumi” yang diperingati dengan pawai dan konser sehari penuh di Monumen Nasional, Washington DC hari Sabtu (18/4) menarik ratusan ribu orang.

Obama: Perubahan Iklim Tak Dapat Disangkal

Dunia berharap Amerika mengambil peran pemimpin dalam menangani perubahan iklim secara cerdas, kata Obama.

Badan Cuaca PBB Coret 'Isis' dari Nama Badai

Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) telah mencabut nama Isis dari daftar nama-nama badai berikutnya di Lautan Pasifik.

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook