Rabu, 01 April 2015 Waktu: 10:09

Berita / Ekonomi

Bank Indonesia Tak Mampu Lawan Pasar Keuangan Global

Seorang pegawai Bank Indonesia menghitung uang rupiah di kantor pusat di Jakarta. (Foto: Dok)

31.03.2015
Sebagai 'emerging markets', Indonesia tidak memiliki kemampuan untuk membuat kebijakan yang melawan apa yang terjadi di pasar keuangan global. Selengkapnya

Menkeu AS Desak China Transparan soal Nilai Tukar

Menkeu AS Jack Lew mengatakan AS dan China harus bekerja untuk mencapai hubungan ekonomi yang saling menguntungkan.

Audio Pemerintah Hitung Cermat Sebelum Naikkan Harga BBM

Protes kembali muncul setelah pemerintah menaikkan harga BBM jenis premium dan solar. Namun menurut Kementerian ESDM, pemerintah sudah menghitung cermat sebelum menaikkan atau menurunkan harga BBM.

Analis: Politik Pengaruhi Pelemahan Rupiah

Pelemahan nilai tukar rupiah yang saat ini berada pada kisaran Rp 13.100 per dolar Amerika, juga disebabkan kondisi politik di dalam negeri, menurut ekonom Tony Prasetiantono.

Toyota Siap Galakkan Lagi Produksi

Toyota, pabrik mobil terbesar di dunia, mengatakan akan mengakhiri krisis recall mobilnya dan bersiap-siap menggalakkan kembali pertumbuhan produksinya.

Jepang Akan Berinvestasi $5,6 Milyar di Indonesia

Komitmen tersebut adalah untuk industri otomotif, tekstil, baja, perikanan dan listrik, yang akan direalisasikan tahun ini.

Bank Pemerintah Gantungkan Harapan pada Proyek Infrastruktur

Sebagai bagian dari dampak rupiah yang melemah, bank-bank BUMN di Indonesia kini mengandalkan proyek-proyek infrastruktur untuk menggairahkan kembali kredit perbankan.

Moody’s Kembali Turunkan Peringkat Kredit Ukraina

Prospek negatif Moody's menunjukkan bahwa utang Ukraina dan tingkat utang luar negerinya akan tetap tinggi meski pembicaraan restrukturisasi utang dan reformasi ekonomi sedang berlangsung.

ADB: Prospek Ekonomi Asia Positif dalam 2 Tahun ke Depan

Bank Pembangunan Asia (ADB) Selasa (24/3) mengatakan prospek ekonomi negara-negara berkembang di Asia tampak bagus menjelang tahun 2016, meski ADB juga melihat adanya risiko ke depan.

Rupiah Melorot, Produsen Otomotif Jepang Ekspansi ke Indonesia

Menyusutnya nilai rupiah terhadap mata uang asing, membuat produsen otomotif Jepang tertarik untuk membangun pabrik di Indonesia, walaupun penjualan kendaraan impor di Indonesia saat ini sedang lesu.

Perselisihan Upah di Kaesong Ancam Kerjasama Dua Korea

Perselisihan upah yang berlangsung di kawasan industri bersama Kaesong di Korea Utara dapat mengakhiri sisa-sisa terakhir kebijakan Sinar Matahari terkait keterlibatan Korea Selatan dengan Korea Utara.

Jakarta Bersaing dengan Beijing untuk Jadi Kantor Pusat AIIB

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan Indonesia beraspirasi menjadikan Jakarta tempat kantor pusat Bank Investasi Infrastruktur Asia, lembaga regional baru yang fokus pada infrastruktur.

China Berusaha Redakan Kecemasan AS Terkait Bank Regional Baru

Menteri Keuangan China mengatakan AIIB justru akan memperkuat dan secara lebih agresif memajukan ekonomi dunia.

Yahoo Tutup Kantor Terakhir di China

Yahoo menutup kantor terakhirnya di China daratan, yang merupakan langkah terbaru raksasa Internet AS yang sedang untuk mengurangi biaya operasionalnya.

Rhode Island Ajukan 'Pajak Taylor Swift'

Gubernur Rhode Island mengajukan RUU yang akan memberlakukan pajak bagi rumah liburan yang mewah, pajak yang dikenal sebagai 'pajak Taylor Swift.'

Perundingan soal Upah di Kaesong Belum Capai Kemajuan

Beberapa pengusaha Korea Selatan belum mencapai kemajuan dalam perundingan soal upah buruh di komplek industri Kaesong di Korea Utara.

AS Laporkan Indonesia ke WTO soal Hambatan Impor

Amerika Serikat mengajukan kasus atas Indonesia ke WTO dengan tuduhan Indonesia melanggar peraturan perdagangan dunia dengan menghalangi impor buah-buahan, sayur-sayuran dan daging.

Bank Sentral AS Bahas Tingkat Suku Bunga

Para pejabat tinggi bank sentral Amerika hari Selasa (17/3) membahas seberapa segera dan seberapa banyak tingkat suku bunga acuan akan dinaikkan.

Perancis, Jerman, Italia Bergabung dengan Bank Pembangunan Internasional

Perancis, Jerman dan Italia setuju untuk mengikuti jejak Inggris bergabung dengan bank pembangunan internasional yang dipimpin oleh China, sebuah kesepakatan yang mengecewakan bagi AS.

Tingkatkan Pariwisata, Pemerintah Berlakukan Bebas Visa 30 Negara Lagi

Pemerintah kembali akan memberlakukan bebas visa lagi terhadap 30 negara, sebagai upaya meningkatkan penerimaan negara melalui sektor pariwisata, demikian disampaikan oelh Menteri Pariwisata Arief Yahya.

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook