Tautan-tautan Akses

Zurich Gantikan Tokyo Sebagai Kota Termahal di Dunia


Salah satu sudut kota Zurich, kota termahal di dunia (Foto: dok).

Salah satu sudut kota Zurich, kota termahal di dunia (Foto: dok).

Survey Economist Intelligence Unit dalam laporan biaya hidup terbaru menunjukkan Zurich, kota terbesar di Swiss, berada pada tingkat teratas untuk pertama kalinya dalam dua puluh tahun.

Survey baru menunjukkan Zurich sebagai kota termahal di dunia. Zurich berada pada ranking keempat tahun lalu, tetapi Economist Intelligence Unit dalam laporan biaya hidup terbarunya, Rabu (15/2) mengatakan, kota terbesar di Swiss itu telah melampaui Tokyo dan berada pada tingkat teratas untuk pertama kalinya dalam dua puluh tahun.

Laporan itu mengatakan kuatnya mata uang frank-Swiss tahun lalu telah membuat barang-barang konsumen di Zurich jauh lebih mahal dibanding di tempat-tempat lain.

Studi itu melacak harga barang dan layanan di kota-kota besar lainnya di seluruh dunia, termasuk harga makanan, transportasi, peralatan, sekolah swasta dan upah pekerja rumah tangga.

Dengan menggunakan biaya hidup di New York sebagai ukuran dasar, laporan itu mendapati bahwa biaya hidup di Zurich 70 persen lebih tinggi, sementara biaya hidup di Tokyo 66 persen lebih tinggi. New York turun sebelas tingkat ke ranking ke-47 bersama kota Chicago. Keduanya berada di bawah kota Los Angeles.

Survei itu mengatakan Jenewa, kota lainnya di Swiss dan Osaka di Jepang berada pada peringkat ketiga sebagai kota termahal untuk ditinggali. Melengkapi daftar 10 kota termahal di dunia dari 131 kota yang disurvei, adalah Oslo, Paris, Sidney, Melbourne, Singapura dan Frankfurt.

Laporan itu mengatakan kota-kota termurah untuk hidup adalah Karachi, Mumbai, Teheran, New Delhi, Jeddah dan Panama City.

XS
SM
MD
LG