Tautan-tautan Akses

Zuma Hadapi Tantangan untuk Pimpin Kongres Nasional Afrika


Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma menghadiri Konferensi Nasional Afrika ke-53 di Bloemfontein. (Foto: AP)

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma menghadiri Konferensi Nasional Afrika ke-53 di Bloemfontein. (Foto: AP)

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mendapat tantangan untuk memimpin Kongres Nasional Afrika (ANC) dari Wakil Presiden Kgalema Motlanthe.

Para delegasi Kongres Nasional Afrika (ANC) yang berkuasa akan memilih enam pejabat tertinggi partai itu, termasuk siapa yang akan memimpin mereka menjelang pemilihan presiden 2014.

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mendapat tantangan dari Wakil Presiden Kgalema Motlanthe dalam pemilihan Senin (17/12) sebagai ketua ANC.

Zuma diperkirakan akan terpilih lagi untuk memimpin partai itu. Motlanthe, yang mundur dari persaingan menjadi wakil ketua partai itu, tampaknya akan digantikan oleh pengusaha kaya Cyril Ramaphosa.

Hasil pemilihan diperkirakan keluar Senin malam atau Selasa pagi.

Pemilihan berlangsung sementara polisi Afrika Selatan mengumumkan penangkapan empat ekstremis sayap kanan, yang dicurigai merencanakan serangan terhadap konferensi partai berkuasa itu.

Jurubicara ANC Keith Khoza mengatakan partai itu masih menunggu laporan lengkap mengenai penangkapan tersebut, dan menyebut komplotan itu “masalah yang membuat gusar.”
XS
SM
MD
LG