Tautan-tautan Akses

Zuckerberg Sumbang $120 Juta untuk Sekolah Negeri di San Fransisco


CEO Facebook Mark Zuckerberg (Foto: dok).

CEO Facebook Mark Zuckerberg (Foto: dok).

Sejumlah $5 juta pertama dari $120 juta akan diberikan kepada sekolah di kawasan Ravenswood and Redwood City, San Francisco untuk membantu proses transisi siswa dari tingkat 8 ke tingkat 9.

CEO Facebook Mark Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan, memberikan sumbangan $120 juta kepada sekolah negeri di kawasan teluk San Francisco. Sumbangan yang dibahas pasangan ini Selasa dalam wawancara ekslusif dengan Associated Press, akan diberikan dalam periode lima tahun ke depan.

Sumbangan ini merupakan alokasi terbesar dari $1.1 milyar nilai saham Facebook yang tahun lalu dijanjikan pasangan ini untuk lembaga non profit Silicon Valley Community Foundation.

"Pendidikan sangat mahal dan sumbangan ini hanya sedikit dari jumlah besar yang dibutuhkan,'' kata Chan, seorang dokter anak, dalam wawancara di Menlo Park, California, kantor pusat Facebook. "Apa yang kami coba lakukan adalah menjembatani perubahan dengan menjajaki dan mendukung promosi pengembangan model dan terobosan baru.''

$5 juta pertama dari $120 juta akan diberikan kepada sekolah di kawasan Ravenswood and Redwood City, San Francisco dan akan berpusat pada pelatihan dasar, teknologi ruang kelas dan membantu proses transisi siswa dari tingkat 8 ke tingkat 9. Pasangan ini dan yayasannya yang disebut “Startup: Education”, menentukan prioritas keperluan, berdasarkan diskusi-diskusi dengan staf administrasi sekolah dan tokoh setempat.

Chan yang berusia 29, dan Zuckerberg, 30, menjalankan kegiatan filantropi sebagai tema utama kehidupan rumah tangga mereka. Keduanya memberikan sumbangan dengan rekor tertinggi pada 2013. Sumbangan $1.1 milyar ini mengalahkan sumbangan sebesar $500 juta yang diberikan pasangan ini tahun sebelumnya kepada Yayasan Silicon Valley, yang membantu para donor mengalokasi bantuan mereka.

Tahun lalu, Zuckerberg tercatat sebagai orang terkaya nomer 21 berdasarkan daftar yang dikeluarkan majalah Forbes tentang orang terkaya di dunia, dibawah Jeff Bezos dari Amazon dan diatas sejumlah milyarder ternama lainnya seperti investor Carl Icahn dan filantropis George Soros. Ia memiliki saham Facebook bernilai lebih dari $27 milyar.

Pada 2013, disaat rata-rata gaji tahunan CEO Amerika melampaui batas $10 juta ditengah membesarnya jurang perbedaan pendapatan, Zuckerberg mengambil gaji simbolik tahunannya yaitu sebesar $1.
XS
SM
MD
LG