Tautan-tautan Akses

Zuckerberg Akan Sumbangkan 99% Sahamnya di Facebook


Priscilla Chan dan suaminya Mark Zuckerberg dalam sebuah acara di Mountain View, California. (Foto: Dok)

Priscilla Chan dan suaminya Mark Zuckerberg dalam sebuah acara di Mountain View, California. (Foto: Dok)

Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan, mengatakan mereka berencana memberikan 99 persen saham mereka di Facebook sepanjang hidup mereka untuk inisiatif amal baru.

CEO Facebook Mark Zuckerberg dan istrinya mengatakan hari Selasa (1/12) bahwa mereka akan menyumbangkan 99 persen saham mereka di Facebook, saat ini bernilai sekitar US$45 miliar, untuk kegiatan amal baru, dalam sebuah surat yang ditujukan pada putri mereka yang lahir minggu lalu.

Rencana itu serupa dengan langkah orang-orang super kaya seperti Warren Buffett dan Bill dan Melinda Gates, yang membuat yayasan untuk memberikan sejumlah kekayaan mereka untuk amal.

Dalam halaman Facebooknya, Zuckerberg mengunggah foto dirinya bersama istrinya Priscilla Chan dan putri mereka Max, berikut tulisan berjudul "Surat untuk putri kami."

Dalam surat sepanjang 2.220 kata itu, Zuckerberg dan Chan menyentuh beberapa isu termasuk kesehatan, pendidikan, akses Internet dan pembelajaran, sebelum mengumumkan Chan Zuckerberg Initiative, yang bertujuan "memajukan potensi manusia dan mendorong kesetaraan."

Zuckerberg, 31, dan Chan, mengatakan mereka berencana memberikan 99 persen saham mereka di Facebook sepanjang hidup mereka untuk memajukan inisiatif tersebut, yang dibentuk sebagai perusahaan terbatas yang dikontrol oleh keduanya. Program ini akan dimulai dengan fokus pada pembelajaran yang disesuaikan, penyembuhan penyakit, konektivitas Internet dan pembangunan komunitas.

Max Chan Zuckerberg lahir awal minggu lalu, meski Facebook tidak menyebut tanggal lahirnya. Bulan lalu, Zuckerberg mengumumkan ia akan mengambil cuti selama dua bulan setelah kelahiran anaknya.

Chan dan Zuckerberg sejauh ini telah menyumbangkan $1,6 juta untuk kegiatan amal mereka. Mereka memberikan beberapa donasi tahun ini, termasuk ke sekolah-sekolah negeri, inisiatif-inisiatif untuk memperbaiki akses Internet nirkabel, dan untuk Rumah Sakit Umum San Francisco, tempat Chan bekerja sebagai dokter anak.

Ketika Zuckerberg berusia 26, ia menandatangani perjanjian yang disebut Giving Pledge, dimana orang-orang dan keluarga-keluarga terkaya di dunia berkomitmen untuk memberikan lebih dari setengah kekayaan mereka untuk amal selama hidup mereka atau dalam surat wasiat mereka.

Zuckerberg mengatakan ia masih berencana menjadi CEO Facebook untuk waktu yang lama, dan Facebook mengatakan Zuckerberg diperkirakan akan menjadi pemegang saham utama perusahaan itu di masa yang akan datang. Ia telah berkomitmen untuk memberikan sampai $1 miliar saham Facebook setiap tahun dalam tiga tahun mendatang, menurut perusahaan tersebut.

Zuckerberg dan Chan mengatakan mereka akan membuka rincian rencana ini setelah kembali dari cuti kelahiran anak. [hd]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG