Tautan-tautan Akses

Zona Euro Setujui Lagi Dana Talangan Besar untuk Yunani


Burung camar terlihat terbang di angkasa, saat bulan purnama menyinari bumi dari balik marmer kuil kuno Poseidon di Cape Sounion, sebelah tenggara Athena, 20 Juni 2016 (Foto: dok).

Burung camar terlihat terbang di angkasa, saat bulan purnama menyinari bumi dari balik marmer kuil kuno Poseidon di Cape Sounion, sebelah tenggara Athena, 20 Juni 2016 (Foto: dok).

Yunani dianggap berhasil melakukan langkah-langkah penting terkait dengan reformasi pensiun, pengawasan perbankan dan berbagai sektor lain, dan negara itu telah mengambil langkah-langkah lebih lanjut yang membuat berfungsinya dana investasi dan privatisasi.

Para pejabat negara-negara zona euro hari Selasa menyetujui dana talangan 2,8 miliar euro untuk Yunani, yang merupakan dana talangan serupa ketiga yang diberikan kepada Yunani sejak negara itu terjerumus ke dalam krisis ekonomi enam tahun yang lalu.

“Keputusan hari ini untuk mengucurkan 2,8 miliar euro untuk Yunani adalah tanda bahwa rakyat Yunani terus membuat kemajuan dalam mereformasi negara mereka,” kata Klaus Regling, direktur Mekanisme Stabilitas Eropa (ESM) dalam sebuah pernyataan.

Pencairan terbaru dana itu akan terdiri dari alokasi 1,1 miliar euro yang akan digunakan untuk pembayaran hutang berdasarkan keberhasilan Yunani untuk pelaksanaan 15 langkah keuangan, dan lain 1,7 miliar euro lagi untuk membantu pembayaran kembali berbagai utang yang belum dibayar.

Regling mengatakan Yunani berhasil melakukan langkah-langkah penting yang terkait dengan reformasi pensiun, pengawasan perbankan dan berbagai sektor lain, dan negara itu telah mengambil langkah-langkah lebih lanjut yang membuat berfungsinya dana investasi dan privatisasi.

“Jika pemerintah terus melaksanakan reformasi yang disepakati dalam program ESM, pertumbuhan ekonomi Yunani bisa beakselerasi tahun depan dan pemerintah mungkin dapat mulai menerbitkan obligasi lagi,” katanya.

Ketika dana terbaru itu dicairkan, Yunani akan menerima hampir 32 miliar euro dari 86 miliar dana talangan resmi yang disetujui bulan Juli 2015. [lt]

XS
SM
MD
LG