Tautan-tautan Akses

Zimbabwe Gelar Pemilihan Presiden dan Parlemen Hari Ini


Seorang perempuan memasukkan surat suaranya ke dalam kotak suara di salah satu TPS di Mbare, Harare, Zimbabwe (31/7).

Seorang perempuan memasukkan surat suaranya ke dalam kotak suara di salah satu TPS di Mbare, Harare, Zimbabwe (31/7).

Rakyat Zimbabwe akan memberi suara dalam pemilihan presiden dan parlemen hari Rabu, 31 Juli 2013.

Ada lima calon presiden, dan perhatian terpusat pada Perdana Menteri Morgan Tsvangirai yang melakukan usaha yang ke-3 kalinya untuk menggulingkan Presiden sejak lama, Robert Mugabe.

Mugabe telah berkuasa di Zimbabwe sejak kemerdekaan tahun 1980, dan berjanji hari Selasa untuk menghormati hasil pemilihan.

Ia juga membantah keterlibatan dalam kecurangan pemilu pada hari yang sama Tsvangirai menuduhnya berusaha mencuri pemilihan tersebut.

Kedua tokoh itu telah memimpin Zimbabwe melalui pemerintahan dengan berbagi kekuasaan yang rapuh, yang mereka bentuk setelah pemilu terakhir tahun 2008. Pemilu itu berakhir dengan Tsvangirai menyengketakan hasilnya, dan satu babak kerusuhan yang mengakibatkan 200 orang pendukungnya tewas.

Amerika Serikat telah mengutarakan keprihatinan akan tingkah laku yang berpihak oleh lembaga-lembaga keamanan negara, serta masalah teknis dan logistik yang dapat membuat pemilu hari Rabu tidak transparan dan tidak layak dipercaya.

Para peninjau Barat telah dilarang menyaksikan pemilu itu. Sekitar 7.000 pemantau dalam negeri dan ratusan lainnya dari negara lain di Afrika akan meninjau proses pemilu tersebut.
XS
SM
MD
LG