Tautan-tautan Akses

Zimbabwe akan Lantik Presiden Robert Mugabe Hari Kamis


Presiden Zimbabwe Robert Mugabe saat berpidato di Harare, 12 Agustus 2013 (Foto: dok).

Presiden Zimbabwe Robert Mugabe saat berpidato di Harare, 12 Agustus 2013 (Foto: dok).

Presiden Zimbabwe Robert Mugabe dijadwalkan akan dilantik hari Kamis, untuk memperpanjang lima tahun lagi masa kekuasaannya yang sudah mencapai 33 tahun.

Upacara pelantikan Presiden Robert Mugabe, pemimpin Zimbabwe berusia 89 tahun itu telah ditunda karena gugatan hukum oleh Morgan Tsvangirai – saingannya dari Partai MDC.

MDC mengatakan pemilu tanggal 31 Juli di Zimbabwe telah dicurangi. Namun Mahkamah Konstitusi hari Selasa menolak gugatan kelompok oposisi tersebut.

Perdana Menteri Morgan Tsvangirai yang akan habis masa jabatannya mengatakan, ia tidak berencana menghadiri pelantikan hari Kamis. Juru bicara Tsvangirai – Luke Tamborinyoka – mengatakan pemilu telah “dicurangi” dan perdana menteri tidak bisa menghadiri acara yang diselenggarakan oleh “para pelaku kecurangan”.

Robert Mugabe telah memerintah Zimbabwe sejak negara itu meraih kemerdekaan tahun 1980.

Partai ZANU-PF pimpinannya dan Partai MDC, sebelumnya adalah partai-partai utama dalam pemerintah koalisi yang dibentuk atas tekanan Masyarakat Pembangunan Afrika Selatan “SADC”, setelah sengketa dan aksi kekerasan pasca pemilu tahun 2008.
XS
SM
MD
LG