Tautan-tautan Akses

Zambia Berkabung dalam Pemakaman Presiden Sata


Upacara pemakaman Presiden Zambia Michael Sata di Lusaka, Selasa (11/11).

Upacara pemakaman Presiden Zambia Michael Sata di Lusaka, Selasa (11/11).

Puluhan ribu warga Zambia yang berkabung memenuhi Stadion Pahlawan di Lusaka untuk menghadiri upacara pemakaman Presiden Michael Sata, Selasa (11/11).

Sekitar 50 ribu orang yang berkabung memenuhi Stadion Pahlawan di Zambia untuk menghadiri upacara pemakaman Presiden Michael Sata, yang meninggal dua pekan lalu di London, Inggris, setelah lama menderita sakit.

Beberapa pemimpin Afrika termasuk di antara mereka yang hadir memenuhi stadion itu, termasuk kepala-kepala negara Zimbabwe, Kenya, Madagaskar, dan Namibia.

Sata meninggal 28 Oktober ketika dirawat di rumah sakit di London. Selama beberapa bulan, para pejabat di negara itu membantah bahwa Sata sedang sakit, meskipun ia melakukan sejumlah lawatan pengobatan ke luar negeri.

Sata memimpin Zambia sejak memenangkan pemilu pada 2011 yang mengakhiri 20 tahun kekuasaan partai Gerakan Demokrasi Multipartai.

Wakil presiden – yang kini menjabat sebagai presiden sementara – Zambia, Guy Scott, mengatakan, pemilu presiden akan dilangsungkan dalam waktu 90 hari.

XS
SM
MD
LG