Tautan-tautan Akses

Yunani Upayakan Perundingan Kembali Utang Eropa


Menkeu Yunani Yanis Varoufakis (kiri) dan Menkeu Perancis, Michel Sapin sebelum pertemuan di Paris, Minggu (1/2).

Menkeu Yunani Yanis Varoufakis (kiri) dan Menkeu Perancis, Michel Sapin sebelum pertemuan di Paris, Minggu (1/2).

Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis membahas utang-utang Yunani dengan para kreditur internasional di Paris, hari Minggu (1/2).

Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis hari Minggu (1/2) sedang mengadakan pertemuan di Paris di tengah ketegangan di antara para kreditur internasional, sementara pemimpin baru negara itu yang beraliran kiri mengupayakan dukungan Eropa untuk merundingkan kembali utang yang sangat besar.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras dan pemerintah barunya telah menimbulkan kemarahan pejabat-pejabat Jerman dan Eropa lain karena berupaya menghapus pemangkasan anggaran. Hal ini meningkatkan kekhawatiran bahwa Yunani menolak melunasi kembali utang kepada negara-negara yang telah memberinya dana talangan untuk menyelamatkan mata uang bersama Euro.

Tsipras berupaya meredakan kekhawatiran itu akhir pekan ini setelah melangsungkan pembahasan hangat selama beberapa hari. Jerman secara terang-terangan menolak usul agar pinjaman Yunani sebelumnya dihapuskan.

Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis mengadakan serangkaian kunjungan ke negara-negara Eropa, diawali dengan lawatan ke Paris hari Minggu (1/2) sehari lebih cepat dari yang dijadwalkan semula. Ia bertemu Menteri Ekonomi Perancis Emmanuel Macron dan Menteri Keuangan Michel Sapin, dan kemudian melanjutkan perjalanan ke London dan Roma.

XS
SM
MD
LG