Tautan-tautan Akses

Yunani Upayakan Persetujuan Eropa Terkait Ketentuan Program Talangan


Pemimpin Partai Sosialis Yunani, PASOK, Evangelos Venizelos (20/6).

Pemimpin Partai Sosialis Yunani, PASOK, Evangelos Venizelos (20/6).

Pemerintah baru Yunani bergerak cepat untuk mendapatkan persetujuan Eropa terkait syarat-syarat program talangan.

Para pejabat keuangan zona Euro membicarakan cara-cara mengurangi krisis keuangan di Yunani dan Spanyol dalam pertemuan di Luxembourg hari Kamis (21/6).

Athena meminta keringanan persyaratan paket dana talangan sebesar 168 miliar dolar yang telah diperoleh Yunani tahun ini, dengan janji akan mengambil langkah penghematan yang ketat untuk mengurangi hutangnya. Dana talangan Yunani yang kedua dalam dua tahun, telah gagal mengurangi krisis ekonominya, dan akan menjadi ancaman yang merongrong mata uang bersama Eropa serta menimbulkan krisis di pasar internasional.

Para menteri tersebut mengatakan perubahan mungkin dilakukan, tetapi keputusan akan diambil setelah kreditor internasional yang terdiri dari Dana Moneter Internasional, Uni Eropa dan Bank Sentral Eropa, meninjau kembali pembukuan Athena.

Moody’s Investors Service telah menurunkan peringkat kelayakan kredit 15 bank terbesar di dunia Kamis malam (21/6), termasuk Barklays, Deutsche Bank dan HSBC di Eropa. Selain itu, Bank of America, JPMorgan Chase dan Goldman Sachs juga telah diturunkan.

Moody’s mengatakan prospek jangka panjang tingkat laba dan pertumbuhan bank-bank tersebut sedang menciut dan lebih suram lagi bagi bank-bank yang banyak melakukan kegiatan di pasar keuangan karena pasar tersebut telah menjadi rawan.

Indeks utama saham di Amerika jatuh dua persen atau lebih hari Kamis setelah beberapa berita ekonomi yang buruk.

Spanyol akan menerima dana talangan sebesar 125 miliar dolar dari Uni Eropa untuk memperkuat bank-bank besarnya, yang terpukul oleh kredit macet. Pemerintah Spanyol diperkirakan akan mengajukan permohonan resmi akan bantuan keuangan awal pekan depan.

Pimpinan Dana Moneter Internasional, Christine Lagarde, memperingatkan bahwa Euro sedang menderita stress yang gawat dan menghendaki tindakan kuat untuk memperkuat perserikatan moneter Eropa.

Hari Rabu Venizelos mengatakan, Yunani akan mengupayakan perubahan ketentuan-ketentuan untuk memungkinkan Yunani yang memasuki tahun kelima resesi, mendorong pertumbuhan positif dan menurunkan angka pengangguran.
XS
SM
MD
LG