Tautan-tautan Akses

Yunani, UE Mungkin Capai Kompromi soal Dana Talangan


Menkeu Yunani Yanis Varoufakis (kanan) bersalaman dengan Menkeu Belanda Jeroen Dijsselbloem dalam pembicaraan Menkeu Uni Eropa di Brussels, Belgia Selasa (17/2).

Menkeu Yunani Yanis Varoufakis (kanan) bersalaman dengan Menkeu Belanda Jeroen Dijsselbloem dalam pembicaraan Menkeu Uni Eropa di Brussels, Belgia Selasa (17/2).

Pemerintah Yunani dan Uni Eropa melunak dalam pembicaraan Selasa (17/2), dan diperkirakan akan berkompromi dalam program dana talangan bagi Athena.

Yunani dan Uni Eropa diperkirakan akan berkompromi dalam program dana talangan Athena, meskipun pembicaraan sulit dan muncul ultimatum hari Senin di Brussels.

Pada hari Selasa (17/2), kedua belah pihak melunak, mengatakan mereka bersedia untuk melanjutkan pembicaraan.

Pasar ingin melihat kompromi, demikian kata Nikos Kafkas, analis ekonomi Merit Securities di Athena.

Menteri Keuangan Belanda Jeroen Dijsselbloem, yang juga ketua para menteri keuangan zona euro, mengatakan Yunani punya waktu sampai Jumat untuk meminta perpanjangan dana talangan, namun menyatakan siap bekerja sama dengan pemerintah Yunani untuk mencapai kesepakatan.

Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis, yang berada di Brussels untuk pertemuan rutin menteri keuangan zona euro, menyuarakan keyakinan bahwa kesepakatan berbeda mungkin dicapai dalam beberapa hari.

Kesepakatan dana talangan lebih dari $ 273 miliar yang diterima Yunani dari negara-negara zona euro dan Dana Moneter Internasional akan berakhir 28 Februari.

Jika kompromi atau solusi sementara tidak tercapai, Yunani bisa dipaksa keluar dari zona euro.

XS
SM
MD
LG