Tautan-tautan Akses

Yunani Setujui Upaya Penghematan Baru dan Kenaikan Pajak


Demonstrasi anti-penghematan pemerintah di Athena, Yunani (22/5). (AP/Yorgos Karahalis)

Demonstrasi anti-penghematan pemerintah di Athena, Yunani (22/5). (AP/Yorgos Karahalis)

Sementara parlemen menyetujui upaya baru itu hari Minggu, ribuan demonstran berunjuk rasa di Athena menentang UU itu.

Para anggota parlemen Yunani hari Minggu (22/5) menyetujui upaya penghematan baru dan kenaikan pajak yang dituntut para kreditur Eropa demi memperoleh dana talangan baru yang sangat diperlukan.

Undang-undang itu, yang juga mengatur mekanisme untuk menghemat pengeluaran apabila anggaran mendatang membengkak, muncul dua hari menjelang pertemuan penting para menteri keuangan zona euro.

Pertemuan itu bertujuan untuk meninjau apakah Athena memenuhi persyaratan yang ditetapkan tahun lalu untuk menerima dana talangan. Penilaian yang positif penting bagi para kreditur Eropa untuk melonggarkan persyaratan bagi pinjaman dana talangan sebesar US$225 miliar yang diberikan kepada negara itu sejak 2010.

Sementara parlemen menyetujui upaya baru itu hari Minggu, ribuan demonstran berunjuk rasa di Athena menentang UU itu. Protes-protes yang didukung buruh sering terjadi.

Para demonstran berkeras reformasi itu merugikan para pekerja, sementara para pejabat sayap kiri yang berkuasa berupaya memuaskan tuntutan reformasi Uni Eropa dan mencegah apa yang diprediksi para pengamat sebagai bencana keruntuhan finansial. [vm]

XS
SM
MD
LG