Tautan-tautan Akses

Yunani Selidiki Kemungkinan Pelanggaran UU Anti Rasisme


Seorang relawan Inggris, Helen Brannigan, mengajar anak-anak migran di Pulau Chios, Yunani (foto: dok).
Seorang relawan Inggris, Helen Brannigan, mengajar anak-anak migran di Pulau Chios, Yunani (foto: dok).

Perkumpulan orang tua siswa di Oraiokastro, di pinggiran Thessaloniki, menolak keras rencana pelajaran bagi anak-anak migran di sekolah dasar di bagian utara negara itu.

Pihak berwenang Yunani akan menyelidiki apakah tentangan keras sebuah perkumpulan orang tua murid terhadap pelajaran yang sudah disiapkan bagi anak-anak pengungsi di sekolah dasar di bagian utara negara itu melanggar UU anti-rasisme.

Seorang jaksa Thessaloniki hari Rabu (14/9) telah diperintahkan untuk mengkaji tuduhan-tuduhan bahwa para pengurus organisasi itu menyampaikan komentar bernada rasis dalam pertemuan dewan setempat tentang isu itu.

Perkumpulan orang tua siswa di Oraiokastro – di pinggiran Thessaloniki – telah mengancam untuk menduduki sekolah jika pemerintah tetap melanjutkan rencana pelajaran itu. Juru bicara perkumpulan itu menyampaikan kekhawatiran bahwa anak-anak dari kamp pengungsi di dekat sekolah itu akan menularkan penyakit, seperti TBC, kepada anak-anak mereka.

Pejabat-pejabat pemerintah mengecam keras reaksi itu.

Sekitar 60 ribu pengungsi dan migran lain terjebak di Yunani. Pemerintah ingin mengintegrasikan anak-anak pengungsi dan migran ke dalam sistem pendidikan Yunani. [em]

Recommended

XS
SM
MD
LG