Tautan-tautan Akses

Yunani Selesaikan Kesepakatan Pertukaran Utang


Menteri Keuangan Yunani, Evangelos Venizelos (kiri) berhasil menyepakati pengurangan utang dengan investor swasta di Athena (28/1).
Menteri Keuangan Yunani, Evangelos Venizelos (kiri) berhasil menyepakati pengurangan utang dengan investor swasta di Athena (28/1).

Yunani dan sejumlah investor swasta mengatakan mereka telah mencapai perjanjian untuk mengurangi utang negara itu secara signifikan dan menyelamatkannya dari kebangkrutan.

Tim negosiasi dari Institut Keuangan Internasional – Charles Dallara dan Jean Lemierre – bertemu dengan Perdana Menteri Yunani Lucas Papademos dan Menteri Keuangan Evangelos Venizelos selama tiga hari berturut-turut di Athena.

Venizelos hari Sabtu mengatakan kepada para wartawan bahwa kesepakatan untuk memberi dana talangan baru kepada Yunani – akan diselesaikan pada pekan depan.

Yunani harus mengamankan paket pinjaman baru bernilai 169 milyar dollar dalam dua pekan ke depan guna menghindari gagal bayar atas sejumlah kewajiban keuangannya yang jatuh tempo pada bulan Maret.

Kesepakatan sementara antara Yunani dengan 32 institusi keuangan besar akan memotong setengah jumlah utang Yunani. Perundingan pekan ini akan memusatkan perhatian pada suku bunga yang harus dibayar Yunani atas pinjaman-pinjaman baru itu.

XS
SM
MD
LG