Tautan-tautan Akses

Yunani Perkirakan Resesi Ekonomi Berakhir 2014


PM Yunani Antonis Samaras (foto: dok). Pemerintah Yunani optimis akan keluar dari resesi ekonomi tahun depan.

PM Yunani Antonis Samaras (foto: dok). Pemerintah Yunani optimis akan keluar dari resesi ekonomi tahun depan.

Pemerintah Yunani memperkirakan resesi enam tahun yang melanda Yunani akan berakhir tahun depan dengan sedikit kemajuan ekonomi.

Yunani hari Senin (7/10) memperkirakan ekonomi negara itu turun 4 persen lagi tahun ini, tetapi akan tumbuh 0,6 persen pada tahun 2014. Secara keseluruhan, ekonomi negara itu telah menyusut kira-kira seperempat sejak krisis global dimulai tahun 2008.

Sejak itu, Yunani telah dipaksa meminta dua dana talangan internasional sebesar lebih dari $ 325 milyar untuk menghindari kegagalan pembayaran utang. Lebih dari seperempat (sekitar 26 persen) angkatan kerja Yunani menganggur.

Anggota parlemen Yunani sebelumnya keberatan menyetujui langkah-langkah penghematan yang diminta oleh pemberi pinjaman bagi negara itu. Kini, wakil menteri keuangan Yunani, Christos Staikouras, mengatakan nasib ekonomi negaranya mulai membaik.

Ekonomi Yunani diperhitungkan kira-kira hanya dua persen dari ekonomi zona euro ke-17 negara. Tapi kekhawatiran gagal bayar utang dalam tiga tahun terakhir sering mengakibatkan krisis berlarut-larut dalam negosiasi dengan para pemimpin Uni Eropa, sebelum akhirnya mereka sepakat untuk memberi dana talangan yang lebih banyak bagi Yunani.
XS
SM
MD
LG