Tautan-tautan Akses

Yunani Mungkin Tuntut Perbankan AS atas Krisis Keuangan


Parlemen Yunani sedang menyelidiki keterlibatan Goldman Sachs dalam menyembunyikan utang negara tersebut.

Perdana menteri Yunani George Papandreou tidak mengesampingkan kemungkinan akan menuntut bank-bank besar Amerika yang katanya bertanggung-jawab atas krisis keuangan yang melanda Yunani.

Kata Papandreou kepada jaringan televisi CNN hari Minggu, tindakan itu bisa diambil setelah parlemen mengadakan penyelidikan atas pertumbuhan utang Yunani yang sangat cepat.

Anggota parlemen sedang menyelidiki apakah bank investasi Amerika Goldman Sachs telah membantu para pejabat Yunani menyembunyikan utang-utang negeri itu lewat penggunaan berbagai instrumen atau surat-surat keuangan yang kompleks.

Kanselir Jerman Angela Merkel telah berulang kali menyerukan kepada pemerintah Uni Eropa untuk bertindak atas spekulator yang telah mendorong naiknya tingkat suku bunga.

Krisis keuangan Yunani dan ancamannya terhadap negara Eropa yang menggunakan mata uang Euro telah memaksa Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional untuk memberikan dana talangan sebesar 145 milyar dollar kepada Yunani. Anggota Uni Eropa dan IMF juga telah menghimpun dana hampir satu trilyun dollar untuk menstabilkan nilai mata uang Euro.

XS
SM
MD
LG