Tautan-tautan Akses

Yunani Mulai Buka Sekolah untuk Anak-anak Migran


Anak-anak belajar di sekolah darurat di kamp pengungsi dan migran di Idomeni, Yunani utara, Mei 2016. (AP/Gregorio Borgia)

Anak-anak belajar di sekolah darurat di kamp pengungsi dan migran di Idomeni, Yunani utara, Mei 2016. (AP/Gregorio Borgia)

Menteri Pendidikan Yunani Nikos Filis mengatakan menyediakan pendidikan bagi anak-anak migran merupakan kewajiban hukum dan moral pemerintah.

Anak-anak pengungsi yang terdampar di Yunani mulai sekolah minggu depan.

Menteri Pendidikan Yunani Nikos Filis mengatakan Rabu (5/10), sekitar 1.500 anak-anak akan belajar di 20 sekolah negeri di enam kamp pengungsi mulai Senin.

“Menyediakan sarana sekolah untuk anak-anak pengungsi merupakan kewajiban internasional Yunani,” kata Filis dalam sebuah konferensi pers.

Setelah dua sekolah di Yunani utara bulan lalu menentang proyek proyek ini, pejabat mengatakan hanya anak-anak pengungsi yang sudah divaksinasi yang boleh ikut.

Tetapi Filis menjelaskan bahwa keberatan itu sangat ringan sifatnya.

“Selama mereka berada di negara ini, anak-anak pengungsi akan bermain dengan anak-anak Yunani,” katanya. "Terlepas dari asal-usul mereka, kami berkewajiban untuk memperhatikan dan memberikan mereka pendidikan. Ini merupakan kewajiban hukum maupun moral.”

Lebih dari 60 ribu pengungsi berada di Yunani setelah beberapa negara Eropa di utara menutup perbatasan mereka tahun ini. [jm]

XS
SM
MD
LG