Tautan-tautan Akses

Yunani Larang Armada Kapal Bantuan Berangkat ke Gaza


Para aktivis pro-Palestina membawa poster 'Free Gaza' di atas kapal bantuan "Audacity of Hope" di pelabuhan Athena, Yunani (30/6).

Para aktivis pro-Palestina membawa poster 'Free Gaza' di atas kapal bantuan "Audacity of Hope" di pelabuhan Athena, Yunani (30/6).

Penyelenggara berharap berlayar ke Gaza dalam beberapa hari mendatang dengan membawa bantuan kemanusiaan bagi warga Palestina.

Yunani hari Jumat melarang kapal bantuan meninggalkan pantainya. Kapal-kapal itu hendak bergabung dengan armada yang berencana mendobrak blokade laut Israel terhadap Jalur Gaza.

Penyelenggara berharap berlayar ke Gaza dalam beberapa hari mendatang dengan setidaknya sembilan kapal sarat dengan bantuan kemanusiaan bagi warga Palestina. Israel bertekad mencegah armada kapal itu mencapai Gaza.

Sebagian besar kapal itu berlabuh di Yunani, di mana beberapa diantaranya menghadapi masalah administrasi. Sekitar 300 orang berencana ikut dalam konvoi itu, termasuk wartawan, politisi, penulis, dan tokoh-tokoh agama.

Laporan-laporan media menyebutkan satu kapal yang membawa puluhan aktivis Amerika telah meninggalkan Yunani menuju Gaza hari Jumat tetapi dicegat oleh penjaga pantai Yunani.

Penyelenggara armada kapal itu pekan ini menuduh Israel menyabot dua kapal dengan merusak mesinnya.

XS
SM
MD
LG