Tautan-tautan Akses

Yunani Lantik Perdana Menteri Sementara


Yunani melantik Perdana Menteri Sementara Panagiotis Pikrammenos (kanan) di Istana Presiden, Athena (16/5).

Yunani melantik Perdana Menteri Sementara Panagiotis Pikrammenos (kanan) di Istana Presiden, Athena (16/5).

Yunani telah melantik Panagiotis Pikrammenos, seorang hakim senior, sebagai perdana menteri sementara baru, Rabu (16/5).

Hakim Panagiotis Pikrammenos diangkat hari Rabu setelah partai-partai politik besar gagal membentuk pemerintah koalisi setelah beberapa usaha untuk mencapai kesepakatan.

Pikrammenos, 67 tahun, akan ditugaskan untuk menyelenggarakan pemilu ulang Yunani, yang dijadwalkan akan diselenggarakan tanggal 17 Juni mendatang.

Para analis mengatakan pemilu baru itu, seperti yang diadakan sebelumnya bulan ini, juga kemungkinan akan menghasilkan parlemen yang tidak mempunyai partai mayoritas untuk membentuk pemerintah. Tetapi, satu koalisi kiri radikal yang dipimpin oleh Alexis Tsipras, pemimpin partai Syriza yang menentang keras langkah penghematan, telah memperoleh dukungan yang cukup untuk memegang pengaruh besar.

Kebuntuan politik di Yunani telah menimbulkan keprihatinan yang meningkat di antara menteri-menteri keuangan zona Euro bahwa Athena tidak akan menepati janji penghematan yang diberikannya ketika memperoleh dana talangan yang kedua negara itu dalam dua tahun terakhir.

Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso mengatakan bahwa mengubah janji pemerintah Yunani sebelumnya untuk melaksanakan rencana penghematan merupakan hal yang tidak mungkin dilakukan. Tetapi, ia mengatakan Yunani mempunyai pilihan untuk keluar dari zona Euro yang beranggotakan 17 negara itu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG