Tautan-tautan Akses

Yunani, Kreditor Internasional Kembali Bahas Utang


Menteri Keuangan Yunani, Yanis Varoufakis memberikan keterangan pers (foto: dok).

Menteri Keuangan Yunani, Yanis Varoufakis memberikan keterangan pers (foto: dok).

Pemerintah Yunani menginginkan para kreditor internasionalnya memberi pinjaman sementara untuk beberapa bulan.

Yunani dan kreditor internasionalnya hari Jumat (13/2) bertemu untuk melakukan pembahasan teknis mengenai permintaan Yunani untuk memangkas utangnya yang berjumlah sangat besar serta melonggarkan langkah-langkah penghematan yang diberlakukan para kreditor terhadap Yunani.

Menteri Keuangan Belanda Jeroen Dijsselbloem sebelumnya mengatakan pertemuan itu dirancang untuk mencari persamaan antara tujuan Yunani untuk mengakhiri apa yang dianggap Yunani sebagai penghematan yang melumpuhkan dan pendirian kokoh Eropa menentang perubahan syarat-syarat pinjaman senilai lebih dari 300 miliar dolar bagi Yunani.

Ketika menghadiri KTT Uni Eropanya yang pertama di Brussel hari Kamis, Perdana Menteri baru Yunani yang beraliran kiri, Alexis Tsipras mencapai kesepakatan bagi pejabat-pejabat Yunani untuk bertemu dengan wakil-wakil zona euro, Bank Sentral Eropa dan IMF.

Kanselir Jerman Angela Merkel, penganjur utama kebijakan penghematan memuji kemungkinan terobosan dalam hubungan pemerintah baru Yunani yang diwarnai perselisihan dengan para kreditornya. Merkel mengatakan “Eropa selalu siap untuk mencari kompromi”.

Yunani ingin para kreditornya memberi pinjaman sementara untuk beberapa bulan. Yunani mengatakan perlu waktu untuk merundingkan perubahan-perubahan rencana penghematan yang dipaksakan kepada negara itu yang membuat gaji dan pensiun dipangkas, pajak dinaikkan dan ribuan pegawai negeri diberhentikan.

XS
SM
MD
LG