Tautan-tautan Akses

Yunani, Jerman Gagal Capai Kesepakatan soal Utang Athena


Menkeu Jerman Wolfgang Schaeuble (kiri) dan Menkeu Yunani Yanis Varoufakis saat memberikan konferensi pers di Berlin, Kamis (5/2).

Menkeu Jerman Wolfgang Schaeuble (kiri) dan Menkeu Yunani Yanis Varoufakis saat memberikan konferensi pers di Berlin, Kamis (5/2).

Menkeu Jerman Wolfgang Schaeuble dan Menkeu Yunani Yanis Varoufakis tidak mencapai kesepakatan soal utang Yunani dalam pembicaraan di Berlin, Kamis (5/2).

Menteri keuangan Jerman dan menteri keuangan Yunani bertemu di Berlin, Kamis (5/2), namun tidak mencapai kemajuan dalam usaha mengatasi tuntutan pemerintah baru Athena yang berhaluan kiri untuk merestrukturisasi paket dana talangan besar negara itu.

Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble mengatakan, ia dan Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis telah sepakat untuk tidak sepakat mengenai tuntutan Yunani untuk mengakhiri langkah penghematan yang keras yang diterapkan oleh Berlin dan para kreditor internasional dengan imbalan pinjaman hampir 300 miliar dolar selama beberapa tahun terakhir.

Varoufakis membantah pernyataan Schaeuble itu, dengan mengatakan kepada wartawan bahwa ia dan Schaeuble bahkan tidak sepakat untuk tidak sepakat.

Varoufakis mengatakan, mereka tidak membahas perubahan jadwal pembayaran utang Yunani atau kemungkinan menghapus sejumlah utang. Katanya, mereka malah membahas usulan Athena untuk menciptakan program pinjaman sementara (bridge loan) yang akan berlaku hingga Mei.

Yunani ingin pendanaan terbatas itu agar banknya tetap mampu memenuhi kewajiban finansialnya dan memberi pemerintah baru PM Alexis Tsipras waktu untuk merundingkan perubahan-perubahan dana talangan dengan para kreditor internasionalnya.

XS
SM
MD
LG