Tautan-tautan Akses

Yunani Hadapi Tenggat Waktu Penyusunan Reformasi Keuangan


Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras berbicara dengan media setelah pertemuan dengan para pemimpin zona euro di gedung Dewan Uni Eropa di Brussels, 13 Juli 2015.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras berbicara dengan media setelah pertemuan dengan para pemimpin zona euro di gedung Dewan Uni Eropa di Brussels, 13 Juli 2015.

Pemerintah Yunani berjuang untuk mendapatkan dukungan mitra koalisinya guna menjalankan reformasi keuangan yang harus disetujui oleh parlemen sebelum mendapat dana talangan dari kreditor internasional.

Partai Syriza pimpinan Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras dan sekutu koalisinya, mengadakan pertemuan terpisah untuk menyelesaikan langkah itu Selasa (14/7). Perundingan itu termasuk kenaikan pajak, reformasi jaminan pensiun dan pengetatan pengawasan keuangan pemerintah, langkah-langkah yang ditolak dalam referendum beberapa hari lalu.

Para pemimpin Eropa mengumumkan sebuah perundingan sementara hari Senin, untuk memberi Yunani dana talangan baru senilai hampir 95 milyar dolar dan menjamin negara itu tetap dalam kelompok 19 negara anggota zona Euro.

Rancangan reformasi itu diharapkan bisa diajukan ke parlemen hari Selasa dan dan disetujui Rabu malam.

Pemerintah menguasai 162 kursi dalam Parlemen Yunani yang beranggotakan 300 orang. Usulan reformasi keuangan itu tampaknya akan lolos karena sebagian besar partai oposisi mendukungnya. Tetapi sekitar 30 wakil Syriza sendiri telah menyatakan keberatan mereka secara terbuka.

Ada spekulasi bahwa Perdana Menteri Tsipras kemungkinan mengubah susunan kabinetnya, untuk mengganti orang-orang yang membelot dari posisi kunci.

XS
SM
MD
LG