Tautan-tautan Akses

Yunani Gunakan Fasilitas Bekas Olimpiade untuk Migran


Anak-anak pengungsi membawa mainan dan tas di Lapangan Victoria di Athena, Yunani (1/10).

Anak-anak pengungsi membawa mainan dan tas di Lapangan Victoria di Athena, Yunani (1/10).

Pemerintah Yunani telah membuka fasilitas bekas Olimpiade untuk menampung lebih dari 400 migran yang selama ini berkemah di Lapangan Victoria di Athena.

Hari Kamis polisi mengawal bus-bus yang membawa para migran, kebanyakan dari Suriah dan Afghanistan, menuju Galatsi Olympic Hall. Gedung itu dulu digunakan sebagai tempat kompetisi tenis meja dan senam dalam Olimpiade 2004.

Para pejabat kota telah berusaha meredakan kekhawatiran warga tentang jumlah migran yang berkemah di tempat terbuka di Athena pusat itu. Yunani berada di garis depan krisis migran Eropa dan telah kewalahan dengan banjir orang-orang yang menyeberangi Laut Tengah dari Timur Tengah dan Afrika untuk mencari kehidupan yang lebih baik di Uni Eropa.

Di depan Sidang Majelis Umum PBB hari Rabu, Sekretaris Jenderal Ban Ki-moon menghimbau negara-negara di dunia agar menghadapi krisis pengungsi Eropa dengan “kreatifitas, belas kasih, dan keberanian.”

Ia menekankan kerjasama di antara semua pihak yang berjuang untuk mengatasi krisis itu dengan upaya yang fokus untuk menyelamatkan nyawa. Jika tidak, ujar Ban “pemenangnya adalah penyelundup, pedagang manusia dan majikan yang jahat. Mereka yang kalah adalah tunawisma, orang yang lapar, orang yang rentan, orang yang tidak berdaya, dan anak-anak.” [lt]

XS
SM
MD
LG