Tautan-tautan Akses

Yunani dan Turki Sepakati Kerjasama Bilateral


Kedua negara menandatangani kesepakatan kerjasama ekonomi, keamanan dan energi saat kunjungan PM Erdogan ke Athena.

Turki dan Yunani menandatangani kesepakatan kerjasama ekonomi, keamanan dan energi sewaktu kunjungan bersejarah Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan ke Yunani.

Erdogan tiba hari Jumat di Athena, memimpin delegasi menteri dan pengusaha yang menandatangani 21 kesepakatan dengan counterpart mereka di Yunani. Kunjungan ini meningkatkan harapan kedua pihak semakin erat untuk melupakan hubungan tegang selama bertahun-tahun.

Dalam konferensi pers bersama, Perdana Menteri Yunani George Papandreou menggambarkan pertemuan itu sebagai langkah “terobosan dan berani”.

Kunjungan Erdogan terjadi pada saat kemelut di Yunani, dimana rakyat mulai memprotes berbagai langkah penghematan besar-besaran yang diperlukan untuk mendapat pinjaman internasional agar negara bisa keluar dari keadaan yang hampir bangkrut.

Sesaat sebelum kedatangannya, sebuah bom meledak di sebuah gedung pengadilan di kota Thessaloniki di Yunani utara, beberapa jam setelah bom lainnya meledak di luar penjara dengan penjagaan ketat yang terbesar di dekat Athena.

XS
SM
MD
LG