Tautan-tautan Akses

Yunani dan Krediturnya Sepakati Pembahasan Teknis


Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras dalam konferensi pers setelah KTT pemimpin Uni Eropa di Brussels (12/2).

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras dalam konferensi pers setelah KTT pemimpin Uni Eropa di Brussels (12/2).

Analis mengatakan para kreditur Jerman dapat memperpanjang jangka waktu pinjaman Yunani dan menurunkan suku bunga, tetapi tidak memotong jumlah utang, yang dikehendaki Athena.

Yunani dan para kreditur internasionalnya sepakat Kamis (12/2) untuk meluncurkan pembicaraan teknis mengenai permintaan negara yang berutang banyak itu untuk pemotongan utangnya dan melonggarkan langkah penghematan yang dikenakan kreditur terhadap Athena.

Saat menghadiri pertemuan KTT Uni Eropanya yang pertama di Brussels, Perdana Menteri baru berhaluan kir, Alexis Tsipras, mencapai persetujuan bagi para pejabat Yunani untuk bertemu dengan para wakil zona euro, Bank Sentral Eropa dan Dana Moneter Internasional.

Menteri Keuangan Belanda Jeroen Dijsselbloem mengatakan pertemuan Jumat dirancang untuk menemukan persamaan pandangan antara sasaran Yunani untuk mengakhiri apa yang dipandangnya sebagai penghematan yang melumpuhkan dan sikap teguh Eropa yang menentang perubahan persyaratan hutang Athena yang berjumlah lebih dari US$300 milyar itu.

Kanselir Jerman Angela Merkel, penganjur utama penghematan, menghargai kemungkinan terobosan dalam hubungan yang kurang baik pemerintah Yunani dengan para krediturnya.

“Eropa selalu cenderung mencari kompromi,” katanya.

Analis ekonomi internasional Andreas Hauskrecht dari Universitas Indiana mengatakan kepada VOA, “Saya kira Jerman, di luar dugaan saya, lebih bersedia melakukan kompromi daripada yang saya kira semula.”

Ia mengatakan bahwa para kreditur Jerman dapat memperpanjang jangka waktu pinjaman Yunani dan menurunkan suku bunga, tetapi tidak memotong jumlah utang, yang dikehendaki Athena.

Konflik pemerintah baru Yunani dengan seluruh Eropa menonjol hari Rabu ketika para menteri keuangan Uni Eropa tidak dapat sepakat dengan Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoukis mengenai pernyataan bersama setelah 7 jam perundingan darurat.

XS
SM
MD
LG