Tautan-tautan Akses

Yunani dan Kreditor Eropa Belum Capai Persetujuan


Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras berbicara dalam sebuah konferensi pers KTT Uni Eropa di Brussels (22/6). (AP/Geert Vanden Wijngaert)

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras berbicara dalam sebuah konferensi pers KTT Uni Eropa di Brussels (22/6). (AP/Geert Vanden Wijngaert)

Pembicaraan gagal karena masing-masing pihak mengajukan usul yang tidak dapat diterima oleh pihak lainnya.

Pembicaraan penting antara Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras dan para pejabat Eropa telah berakhir Kamis pagi (25/6) di Brussels tanpa persetujuan bagi Athena untuk dapat memperoleh kucuran dana talangan Uni Eropa yang sangat dibutuhkan.

Pembicaraan antara Tsipras dan para menteri zona euro dengan cepat hari Rabu karena masing-masing pihak mengajukan usul yang tidak dapat diterima oleh pihak lainnya.

Perdana Menteri Tsipras sebelumnya telah berencana untuk mengadakan pertemuan sampai larut malam dengan para kreditor Yunani, tetapi pembicaraan tersebut juga berakhir lebih cepat daripada diperkirakan semula dan kedua pihak tidak mengeluarkan komentar.

Para menteri zona euro berencana untuk berkumpul lagi nanti hari ini sebelum pertemuan puncak Uni Eropa.

Yunani harus membayar angsuran utang hampir US$2 milyar kepada Dana Moneter Internasional (IMF) sebelum Selasa depan. Untuk melakukannya, Yunani membutuhkan kucuran dana talangan dari Uni Eropa sebesar $8 milyar.

Walaupun Yunani sudah setuju mereformasi tata pensiunnya dan menaikkan pajak penjualan tertentu, Yunani masih menuntut hutangnya direstrukturisasi oleh Uni Eropa.

Pemerintahan kiri Tsipras telah mengatakan Yunani sudah cukup menderita akibat pemotongan anggaran dan kenaikan pajak yang telah menurunkan taraf hidup mereka.

Kegagalan membayar utang dapat memaksa Yunani keluar dari zona euro dan mengguncang pasar Eropa.

XS
SM
MD
LG