Tautan-tautan Akses

Yunani dan Badan Kreditur Temui Jalan Buntu Perundingan Utang Yunani


Bendera nasional Yunani di Athena (Foto: dok.)

Bendera nasional Yunani di Athena (Foto: dok.)

Pejabat-pejabat Yunani dan badan-badan kreditur kembali menemui jalan buntu dalam perundingan akhir pekan ini dalam upaya membahas tenggat pembayaran guna menghindari tidak dipenuhinya pembayaran tunggakan utang Yunani dan dikeluarkannya Yunani dari zona Euro itu.

“Isu utamanya adalah menyelesaikan situasi ini sehingga Yunani tetap menjadi anggota zona Euro,” ujar Wakil Presiden Komisi Eropa Jyrki Katainen kepada media Finlandia, sebagaimana dilaporkan Bloomberg. “Ironisnya selama enam bulan ini kondisi di Yunani justru memburuk, terutama akibat perpolitikan di sana,” tambahnya.

Kebuntuan antara koalisi anti-penghematan Yunani dan para kreditur terkait syarat-syarat pemberian bantuan darurat kepada negara itu telah memicu pembekuan likuiditas, yang mendorong resesi ekonomi Yunani hingga dua digit.

Tenggat dukungan zona Euro atas Yunani tinggal empat bulan lagi, dan para pejabat kementerian keuangan telah menyatakan bahwa tidak cukup waktu tersedia agar pencairan dana talangan berikutnya disetujui oleh parlemen negara-negara zona Euro, kecuali mereka setidaknya mencapai perjanjian teknis pada awal Juni ini. (EM)

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG