Tautan-tautan Akses

IMF Resmi Jadikan Yuan Mata Uang Cadangan Global


Ilustrasi mata uang dunia termasuk yuan, dolar Amerika, euro dan pound.

Ilustrasi mata uang dunia termasuk yuan, dolar Amerika, euro dan pound.

Kelompok mata uang cadangan atau SDR itu akan terdiri dari hampir 11 persen mata uang China dan hampir 42 persen mata uang dolar.

Mata uang China secara resmi bergabung dengan dolar Amerika, euro, yen dan pound sterling sebagai mata uang cadangan global, Sabtu (1/10).

Dana Moneter Internasional (IMF) akan memasukkan yuan, yang juga dikenal dengan nama renminbi, dalam kelompok mata uang yang menjadi mata uang cadangan yang digunakan IMF untuk membantu menangani masalah-masalah ekonomi.

Para analis mengatakan, China berusaha masuk dalam kelompok Special Drawing Rights (SDR) sebagai pengakuan mengenai perannya yang besar dan berkembang dalam ekonomi global, dan keputusan untuk menyertakan yuan diumumkan hampir setahun yang lalu.

Mata uang cadangan seharusnya bebas ditukarkan. Para ahli yang dikutip dalam keterangan pers mengenai keuangan mengatakan China diduga mencampuri pasar mata uang untuk mengatur nilai tukar uangnya.

Menteri Keuangan Amerika Jack Lew mengatakan China telah membuat perubahan besar dalam perdagangan mata uangnya dalam beberapa tahun terakhir, tetapi reformasi ekonomi masih menghadapi "jalan panjang untuk ditempuh ."

Kelompok mata uang cadangan itu akan terdiri dari hampir 11 persen mata uang China dan hampir 42 persen mata uang dolar. [sp/isa]

XS
SM
MD
LG