Tautan-tautan Akses

Yordania Usulkan Pencabutan Embargo Senjata Terhadap Libya


Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry berbicara di pertemuan Dewan Keamanan PBB mengenai situasi di Libya (18/2). (AP/Mary Altaffer)

Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry berbicara di pertemuan Dewan Keamanan PBB mengenai situasi di Libya (18/2). (AP/Mary Altaffer)

Menteri Luar Negeri Libya menyebut keadaan di negaranya “bencana,” dan bahwa dunia mempunyai tanggung jawab untuk memelihara perdamaian dan kestabilan.

Yordania mengedarkan rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB, Rabu malam (18/2) yang hendak mencabut embargo senjata terhadap pemerintah Libya, berusaha menghentikan arus senjata ke militan dan mendorong pemerintah Libya yang diakui internasional kembali ke ibukota Tripoli.

Dewan Keamanan mengadakan pertemuan sebelumnya untuk pembicaraan darurat mengenai keadaan di Libiy, dimana milisi dan dua pemerintah yang paralel telah menimbulkan keadaan yang tetap tidak stabil di negara itu setelah tergulingnya Moammar Gadhafi pada 2011.

Sidang itu diadakan beberapa hari setelah militan Negara Islam (ISIS) mengeluarkan video yang menunjukkan pemenggalan kepala 21 orang Kristen Koptik Mesir yang diculik di Libya.

Menteri Luar Negeri Libya Mohammed al-Dairi menyebut keadaan di Libya “bencana,” dan memberitahu Dewan bahwa dunia mempunyai tanggung jawab untuk memelihara perdamaian dan kestabilan.

Menteri Luar Negeri itu menekankan Libya tidak meminta intervensi militer internasional.

XS
SM
MD
LG